kapan puasa dzulhijjah 2023

Kapan Puasa Dzulhijjah 2023: Jadwal dan Niat Puasa Dzulhijjah

Vantage.id – Pemerintah telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1444 Hijriyah pada 20 Juni 2023. Salah satu amalan bulan Dzulhijjah yang dianjurkan adalah berpuasa. Kapan puasa Dzulhijjah 2023 dimulai? Simak jadwal dan niat puasa Dzulhijjah di artikel ini.

Kemenag atau Kementerian Agama telah melangsungkan sidang isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah/2023. Kemenag menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah pada tanggal 20 Juni 2023. Dan 10 Dzulhijjah atau Idul Adha 1444 Hijriyah jatuh pada tanggal 29 Juni 2023.

Untuk diketahui, Dzulhijjah merupakan bulan dari kalender Hijriyah dan salah satu dari empat bulan mulia. Terdapat keutamaan bulan Dzulhijjah dan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Kemuliaan bulan Dzulhijjah ini terbukti dengan adanya anjuran Nabi Muhammad SAW kepada umat muslim, untuk melakukan ibadah tertentu.

Ibadah di bulan akhir tahun Hijriyah ini memiliki keistimewaan untuk umat Islam yang menunaikannya. Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa ibadah di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah lebih mulia dari Jihad fi Sabilillah.

Dan salah satu amalan bulan Dzulhijjah sesuai sunnah di 10 hari pertama yang dianjurkan adalah puasa. Lantas, sebenarnya kapan puasa Dzulhijjah 2023 dimulai? Jika melihat penetapan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 20 Juni 2023, kapan jadwal puasa Dzulhijjah bisa dilakukan?

Kapan Puasa Dzulhijjah 2023 Dimulai?

kapan puasa dzulhijjah 2023

Sebagaimana telah ditetapkan oleh pemerintah bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 20 Juni 2023. Maka puasa Dzulhijjah dapat dimulai dari tanggal 20 Juni sampai 26 Juni 2023 atau di sembilan hari awal bulan Dzulhijjah.

Berikut di bawah ini adalah rincian puasa sebelum Hari Raya Idul Adha 2023:

  • 20 Juni hingga 26 Juni 2023: Puasa Dzulhijjah
  • 27 Juni 2023: Puasa Tarwiyah
  • 28 Juni 2023: Puasa Arafah.

Penetapan Hari Raya Idul Adha 2023/1444 Hijriyah dari pemerintah ini berbeda dengan umat Muhammadiyah. Muhammadiyah lebih cepat sehari melaksanakan Idul Adha 2023 yakni pada tanggal 28 Juni 2023. Sehingga, pelaksanaan puasa Dzulhijjah lebih cepat sehari yakni di tanggal 19 Juni 2023.

Puasa Dzulhijjah versi Muhammadiyah dimulai dari tanggal 19 Juni hingga 25 Juni 2023. Dan dilanjutkan dengan puasa Tarwiyah pada tanggal 26 Juni 2023 dan puasa Arafah di tanggal 27 Juni 2023.

Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah

Bagi yang ingin melaksanankan puasa Dzulhijjah, berikut adalah bacaan doa niat puasa Dzulhijjah Arab, latin, dan artinya di bawah ini:

Niat Puasa Dzulhijjah Hari 1-7

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an adaa’i syahri Dzilhijjah sunnatan lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: Saya niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah hari ini karena Allah Ta’ala.

Niat Puasa Dzulhijjah Hari 8

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaai sunnati yaumit Tarwiyyati lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: Aku niat puasa sunnah Tarwiyah besok hari karena Allah.

Niat Puasa Dzulhijjah Hari 9

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa i sunnati Arofah Lillaahi Ta’aalaa”.

Artinya: Aku niat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah.

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Puasa Dzulhijjah

amalan bulan dzulhijjah

Terdapat banyak keutamaan dalam puasa Dzulhijjah. Dalam sembilan hari puasa Dzulhijjah, maka setiap harinya umat muslim yang menjalankannya akan memperoleh keutamaan yang beragam. Pasalnya, setiap hari di awal bulan Dzulhijjah menjelang Idul Adha terjadi suatu peristiwa besar yang menjadi momen sejarah dalam pergerakan umat Silam.

Berikut di bawah ini adalah keutamaan puasa Dzulhijjah:

  • Tanggal 1 Dzulhijjah: Hari di mana Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS di Arafah. Keutamaan puasa di hari pertama Dzulhijjah akan mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT.
  • Tanggal 2 Dzulhijjah: Hari di mana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkan dirinya dari perut ikan nun. Keutamaan puasa hari kedua Dzulhijjah sama dengan beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat.
  • Tanggal 3 Dzulhijjah: Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria AS. Keutamaan puasa hari ketiga Dzulhijjah yakni dikabulkan doanya oleh Allah SWT.
  • Tanggal 4 Dzulhijjah: Hari kelahiran Nabi Isa AS. Keutamaan puasa hari keempat Dzulhijjah yakni akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang-orang mulia di hari kiamat kelak.
  • Tanggal 5 Dzulhijjah: Nabi Musa AS lahir dan dimuliakan munajatnya. Keutamaan puasa hari kelima Dzulhijjah akan terlepas dari siksa kubur dan sifat munafik.
  • Tanggal 6 Dzulhijjah: Allah SWT membukan pintu kebaikan semua nabi. Keutamaan puasa hari keenam Dzulhijjah adalah Allah akan memandang dengan penuh kasih sayang dan rahmat.
  • Tanggal 7 Dzulhijjah: Pintu neraka jahannam dikunci dan tak akan dibuka sebelum berakhir di 10 Dzulhijjah. Keutamaan puasa ketujuh Dzulhijjah yakni akan dihindarkan dari 30 pintu kesukaran dan kemelaratan dan dibukakan 30 pintu kemudahan.

Itulah ulasan mengenai kapan puasa Dzulhijjah 2023 dimulai? Bacaan doa niat puasa Dzulhijjah dan keutamaan puasa Dzulhijjah. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: