doa minta keturunan

Doa Minta Keturunan Anak Sholeh Sholehah (Arab, Latin, Arti)

Vantage.id – Pelajari dan amalkan doa minta keturunan agar bisa segera hamil. Berikut deretan doanya, yang sudah lengkap dengan arab, latin, dan arti dalam bahasa Indonesia.

Dalam suatu pernikahan, keturunan biasanya begitu diidamkan oleh banyak orang. Hal ini karena anak merupakan anugerah dari Allah SWT.

Sayangnya tidak semua orang berhasil dengan cepat mendapatkan keturunan. Ada yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya. Padahal mereka sudah berusaha dan rutin pergi ke dokter spesialis untuk mengecek kondisi kesehatan mereka. Tak kunjung mendapatkan keturunan ini pun tentu akan membuat pasangan suami istri sedih.

Namun selain sudah berusaha, kamu juga perlu melibatkan Allah SWT dalam memperoleh keturunan. Hal ini karena keturunan merupakan salah satu bentuk rezeki yang datangnya dari Allah SWT.

Dengan mengamalkan doa, kamu bisa semakin dekat dengan Sang Pencipta dan keinginanmu untuk mendapatkan anak juga semakin cepat dikabulkan. Akan tetapi, kamu bisa mengamalkan doa khusus yang meminta untuk diberikan keturunan. Kira-kira apa saja doa minta keturunan? Berikut ini daftar lengkapnya.

Doa Minta Keturunan

doa minta keturunan 2

Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan untuk minta keturunan yang tertera di dalam Al Quran dan hadist. Dengan mengamalkannya, kamu pun bisa mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah. Berikut penjelasan selengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Membaca Q.S Al Furqan Ayat 74

Dalam Al Quran, tepatnya di Surah Al Furqan, terdapat doa minta keturunan yang bisa diamalkan oleh pasangan suami istri yang sudah lama menikah ataupun sudah begitu mendambakan anak hadir di dalam keluarga mereka. Doa tersebut bisa dipanjatkan setiap hari selepas menunaikan ibadah salat fardu maupun sunnah. Berikut isi doanya.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin: Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun, waj’alna lil muttaqina imama.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Sebenarnya doa ini bermula saat berada di zaman jahiliyah, masyarakat Arab kala itu sedang dalam masa kelam. Mereka kebingungan dengan mana yang mana yang berat dan yang salah.

Rasulullah SAW pun kemudian datang dengan membawa wahyu dari Allah SWT. Walaupun begitu, doa ini juga bisa digunakan untuk meminta keturunan.

Bacaan Doa Nabi Zakaria (Q.S Al Imran Ayat 38)

Masih ingat dengan kisah Nabi Zakaria yang tidak kunjung mendapatkan keturunan? Dikisahkan dalam Al Quran, Nabi Zakaria AS tidak bisa mendapatkan anak karena istrinya dinyatakan mandul. Bertahun-tahun beliau memanjatkan doa agar bisa diberikan keajaiban. Bahkan di usianya yang 77 tahun, doanya tak pernah putus.

Ajaibnya, Nabi Zakaria kemudian mendapatkan kabar bahwa beliau akan mendapatkan keturunan. Padahal istrinya diketahui tidak bisa memberikannya dan usia Nabi Zakaria juga sudah tua. Bahkan namanya pun sudah diberikan langsung oleh Allah SWT, yakni Yahya. Adapun doa minta keturunan yang sering diamalkan oleh Nabi Zakaria adalah sebagai berikut:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Latin: Hunalika da’a zakariyya rabbah, qala rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan ṭayyibah, innaka sami’ud-du’a.

Artinya: Di sanalah Zakariya berdoa kepada Tuhannya seraya berkata, ‘Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.’ (Q.S. Ali Imran:38)

Selain potongan ayat tersebut, Nabi Zakaria juga mengamalkan doa lainnya yang tertuang di dalam Q.S Al Anbiya ayat 89, yang bunyinya sebagai berikut:

 وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Latin: Wa zakariyya iz nada rabbahu rabbi la tazarni fardaw wa anta khairul-warisin.

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya, ‘Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.’

Doa Minta Keturunan yang Diajarkan Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim AS juga pernah meminta kepada Allah SWT agar bisa diberikan keturunan. Beliau meminta anak yang sholeh dan sholehah. Sebab dengan kehadiran anak yang berperilaku baik dan taat agama, hal tersebut bisa semakin mendekatkan orangtuanya pada Sang Pencipta.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan keturunan yang baik tabiatnya juga bisa mengamalkan doa minta keturunan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim ini. Berikut isi doa selangkapnya.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Robbi hablii minash shoolihiin.

Artinya: “Ya Rabb anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang sholeh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. 

Bacaan Doa Agar Cepat Hamil di Q.S Maryam Ayat 1-6

Selain itu, doa minta keturunan yang juga bisa diamalkan lainnya adalah potongan ayat di Q.S Maryam, tepatnya pada ayat 1 hingga 6. Keenamnya berbunyi sebagai berikut.

كٓهيعٓصٓ

Latif: kāf hā yā ‘aīn ṣād

Artinya: Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad

ذِكْرُ رَحْمَتِ رَبِّكَ عَبْدَهُۥ زَكَرِيَّآ

Latin: żikru raḥmati rabbika ‘abdahụ zakariyyā

Artinya: (Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria,

إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ نِدَآءً خَفِيًّا

Latin: iż nādā rabbahụ nidā`an khafiyyā

Artinya: Yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut.

قَالَ رَبِّ إِنِّى وَهَنَ ٱلْعَظْمُ مِنِّى وَٱشْتَعَلَ ٱلرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنۢ بِدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيًّا

Latin: qāla rabbi innī wahanal-‘aẓmu minnī wasyta’alar-ra`su syaibaw wa lam akum bidu’ā`ika rabbi syaqiyyā

Artinya: Ia berkata “Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.

وَإِنِّى خِفْتُ ٱلْمَوَٰلِىَ مِن وَرَآءِى وَكَانَتِ ٱمْرَأَتِى عَاقِرًا فَهَبْ لِى مِن لَّدُنكَ وَلِيًّا

Latin wa innī khiftul-mawāliya miw warā`ī wa kānatimra`atī ‘āqiran fa hab lī mil ladungka waliyyā

Artiny: Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera,

يَرِثُنِى وَيَرِثُ مِنْ ءَالِ يَعْقُوبَ ۖ وَٱجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا

yariṡunī wa yariṡu min āli ya’qụba waj’al-hu rabbi raḍiyyā

Artinya: yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai”. (Q.S. Maryam: 1-6)

Mengamalkan Q.S Al Baqarah Ayat 285-286

Kamu juga membaca doa minta keturunan yang berdasarkan Q.S Al Baqarah ayat 285-286. Bacaan doa ini bisa diamalkan selepas menunaikan ibadah wajib ataupun sunnah, dianjurkan pada malam hari.

Adapun potongan ayat tersebut berisikan harapan untuk diberikan kecukupan. Namun, kamu juga bisa membacanya untuk dalam rangka meminta keturunan. Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Masud Al Badri, berbunyi:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR Bukhari dan Muslim).

Sementara untuk bacaan Q.S. Al Baqarah ayat 285-286, isinya sebagai berikut:

Q.S Al Baqarah Ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Latin: āmanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami’nā wa aṭa’nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr

doa minta keturunan 1

Artinya: “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

(Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali,”

Q.S Al-Baqarah Ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Latin: lā yukallifullāhu nafsan illā wus’ahā, lahā mā kasabat wa ‘alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil ‘alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ ‘alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa’fu ‘annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.

(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Amalan Agar Doa Minta Keturunan Cepat Terkabul

Selain membaca doa minta keturunan, kamu juga perlu melakukan beberapa amalan dengan hati yang benar-benar tulus. Ini demi mempercepat keinginan untuk mendapatkan anak. Berikut beberapa di antaranya:

Banyak Membaca Zikir

Jangan lupa perbanyak berzikir selain berdoa. Hal ini karena zikir berarti mengingat Allah SWT dan kegiatan ini dapat membawa banyak manfaat. Misalnya, menambah iman, menambah rezeki, menenangkan hati, dan mendapat berkah.

Allah Azza Wa Jalla memerintahkan hamba-Nya untuk memperbanyak zikir. Jika kita bisa menjaga zikir setiap hari, Allah Ta’ala juga akan mengingat kita dan doa kita akan terkabul dengan mudah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah Allah dengan mengingat (Nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pagi dan malam.” (Q S.Al-Ahzab: 41-42).

Untuk urutan zikir, Rasulullah pernah mengajarkan yang terdiri dari:

  • Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram
  • Tasbih (subhanallah) sebanyak 33x
  • Tahmid (Alhamdulillah) sebanyak 33x,
  • Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 x.
  • Laa ilaaha Illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul Hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-inq qodir.”

Menyelipkan Nama Asmaul Husna saat Berdoa

Salah satu cara berdoa agar diterima Allah SWT adalah dengan membaca Asmaul Husna. Mari kita memuji Allah Ta’ala dan mengakui kebesaran dan kesatuan-Nya. Untuk menunjukkan bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan bahwa segala sesuatu bergantung pada-Nya.

Anjuran membaca Asmaul Husna saat salat terdapat dalam firman Allah SWT dalam Al-Quran yang berarti:

“Katakanlah, berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu berdoa, Dia mempunyai Asmaul husna.” (Al-Isra’: 110)

“Allah memiliki Asmaul husna, hendaknya kamu berdoa dengannya.” (Al-A’raf: 180)

Banyak Bersholawat kepada Rasulullah

Ada banyak manfaat bersholawat pada Rasulullah. Selain sholawat yang artinya pujian dan penghormatan kepada Nabi SAW juga dapat memperlancar doa yang diharapkan.

 Dalam hadist dijelaskan:

“Apabila salah seorang dari kalian berdoa maka hendaklah memulai dengan memuji Allah dan memuja-Nya, lalu hendaknya membaca salawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian setelah itu dia boleh berdoa tentang apa pun yang diinginkannya.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Umar bin Khattab Ra. berkata: “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad SAW.” (HR. Tirmidzi).

Perbanyak Istighfar

Doa minta keturunan juga bisa didampingi dengan memperbanyak istighfar. Sebab dengan beristighfar berarti kamu sedang berusaha mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT. Baca istighfar “Astagfirullah” hingga 71 kali saat rukuk atau setelah salat.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Itulah beberapa doa minta keturunan yang bisa diamalkan jika mengharapkan kehadiran anak. Semoga bisa membantu!

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: