Doa-Setelah-Wudhu

Doa Setelah Wudhu Muhammadiyah & NU Arab Dan Artinya

Doa Setelah Wudhu – Bagi umat muslim yang telah melaksanakan wudhu sangat dianjurkan oleh Rosululah SAW untuk membaca doa setelah wudhu.

Meskipun sunnah namun hal ini sangat tepat jika dibaca, karena sebagian isi dari tersebut yakni memohon keada Allah dijadikan orang yang dapat menjaga kesucian.

Menjaga kesucian lahir masih sangat mudah meskipun butuh kesabaran, akan tetapi jika dibandingkan dengan menjaga kesucian bathin ia lebih sulit karena tidak nampak.

Dengan doa setelah wudhu yang dipanjatkan maka dengan penuh harap Allah SWT selalu menjaga kesucian hambanya baik lahir maupun bathin.

Beberapa Bacaan Doa Setelah Wudhu Yang Dapat Diamalkan

Beberapa Bacaan Doa Setelah Wudhu Yang Dapat Diamalkan

Anjuran membaca doa setelah wudhu menjadikan ummat muslim berbondong-bondong menghafalkannya. Ada yang membacanya dengan cara Muhammadiyah, ada juga yang NU, ada yang bacaannya panjang dan pendek sesuai dengan yang dipilih.

Jangan sampai hal tersebut diatas menjadikan perdebatan yang tidak baik, sehingga timbul perpecahan diantara ummat muslim satu dengan yang lainnya.

Semua doa sesudah wudhu yang dibaca oleh banyaknya kaum muslim meskipun berbeda sudah ada dalil masing-masing sebagai penguat.

Simak dibawah ini beberapa doa setelah wudhu yang dapat diamalkan tergantung dengan pilihannya masing-masing.

Doa Setelah Wudhu Arab Dan Artinya

Doa Setelah Wudhu Arab Dan Artinya

Tidak semua umat islam diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk membaca teks bahsa arab, atau umumnya membaca Al-Qur’an.

Alangkah baiknya bagi umat muslim yang sudah mampu membaca tulisan arab atau Al-Qur’an dengan baik maka harus disyukuri.

Akan tetapi bagi yang belum diberi kemampuan maka sebaiknya bersemangat untuk belajar membacanya melalui guru yang dapat menuntun bacaan dengan baik.

Kembali lagi kepada bacaan doa setelah wudhu penulis menyiapkan teks bacaan arab latin dan artinya agar semua kalangan muslim tidak lagi sulit untuk menghafalnya.

Adapun doa setelah wudhu arab dan artinya dapat dilihat dibawah ini :

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu Alla ilaaha ilallah, wahdahulaa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu warosuuluh, Allahummaj ‘alnii minat tawwaa biina, wajalnii minal mutatoh hiriin.

Artinya :

Saya bersaksi bahwa tidak aada yang dapat disembah kcuali Allah SWT, tidak ada yang dapat dijadikan sekutu untuk-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah seorang hamba yang menjadi utusan Allah SWT. Wahai Tuhanku jadikanlah diriku ini termasuk dari bagian orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah diriku ini termasuk bagian dari orang-orang yang mensucikan diri.

Doa Setelah Wudhu Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi islam terbesar diindonesia yang penganutnya sangat banyak bahkan termasuk penyokong generasi muda yang berilmu dan bertaqwa.

Dalam segi hukum ibadah atau bacaan doa dalam sholat sering kali terdapat perbedaan antara muhammadiyah dengan organisasi lainnya yang ada diindonesia.

Akan tetapi mereka sangat yakin dan percaya akan dalil yang menjadi pegangan dalam organisasinya, sehingga tidak goyah jika ada golongan lain yang merendahkannya.

Salah satu yang menjadi perbedaan adalah bacaan doa setelah wudhu, untuk lebih jelasnya simak bacaan doa setelah wudhu muhammadiyah dibawah ini.

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Asy-hadu alla ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Artinya :

“Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang dapat disembah kecuali Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah seorang hamba yang menjadi utusan Allah.” (HR. Muslim dan Umar)

Bacaan doa setelah wudhu muhammadiyah tersebut diatas menuqil dari sebuah kitab fiqih aswaja karangan Ahmad Hawassy.

Doa Setelah Wudhu Nu

NU juga termasuk salah satu organisasi terbesar diindonesia setelah Muhammadiyah, yang memiliki dasar hukum mulai dari Al-Qur’an, Hadits, Ijma’ dan Qiyas.

Organisasi ini juga sering berbeda pendapat dengan Muhammadiyah, baik dari segi pengamalan dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak saling menjatuhkan karena memiliki dalil masing-masing yang dapat dijadikan sebagai pegangan dalam beragama.

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaahah illallooh, wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh. Alloohummaj’alnii minat tawwaabiina, waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiin.

Artinya :

“Saya bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang maha hidup selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad ialah hamba Allah yang menerima Utusan-Nya. Wahai Allah, jadikanlah diriku orang yang bertaubat kepadamu dan jadikanlah diriku orang yang bersuci dan jadikanlah diriku termasuk bagian dari golongan hamba-hamba Mu yang shalih.”

Dalil Tentang Doa Wudhu

Dalil Tentang Doa Wudhu

Sebagai bukti penguat atau dalil yang dapat dijadikan pegangan ummat islam dalam melaksanakan wudhu. Maka dalam artikel ini penulis merangkum beberapa dalil sehingga doa setelah wudhu dapat diamalkan.

Berikut dibwah ini dalil tentang doa setelah wudhu dapat dilihat dibawah ini :

HR. Tirmidzi; hadits shahih

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya :

“Barang siapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi; hadits shahih).

HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأَ فَيَسْبِغُ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةَ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya :

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya’ kecuali dibukalah delapan pintu surga untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad).

Pentingnya Membaca Doa Setelah Berwudhu

Ada beberapa alasan yang menjadikan doa setelah wudhu sangat penting dibaca, tentunya salah satunya karena merupakan sunnah Rosulullah SAW.

Bahkan diatas sudah lengkap ditulis hadisnya sehingga memiliki dasar kuat untuk dapat diamalkan setelah selelsai wudhu.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut dibawah ini tentang beberapa alasan pentingnya membaca doa setelah wudhu.

Memperoleh Keberkahan

Dengan membaca doa setelah wudhu salah satunya yakni meminta agara ALlah SWT memberikan keberkahan terkait wudhu yang baru saja dilaksanakan. Doa yang dipanjatkan tersebut menjadikan diri seseorang semakin kuat dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah sehingga bisa meningkatkan kualitas ibadah tersebut.

Membersihkan Hati Dan Fikiran

Doa setelah berwudhu bisa menjadi wasilah untuk membantu membersihkan hati dan pikiran dari segala macam gangguan untuk mempersiapkan ibadah lainnya.

Dengan membaca doa tersebut, tentunya mengarahkan fokus pikiran hanya pada Allah SWT dan Rosulnya, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi ketika menjalankan ibadah.

Menjaga Kebersihan Spiritual

Wudhu sendiri merupakan salah satu bentuk upaya untuk membersihkan fisik, akan tetapi disisi lain dengan membaca doa setelah berwudhu. Maka seorang hamba tersebut secara tidak langsung dijaga oleh Allah SWT kebersihan spiritualnya.

Doa setelah wudhu ini juga dapat mengingatkan seorang hamba akan pentingnya membersihkan hati dan pikiran dari dosa-dosa. Selain itu dapat menjaga kesucian hati agar lebih dekat dengan Allah SWT.

Mengingatkan Kewajiban

Doa setelah berwudhu yang kerapkali diamalkan maka akan berpengaruh sebagai media untuk mengingatkan kewajiban-kewajiban setelah berwudhu.

Seperti menghadapkan wajah dan hati hanya kepada Allah SWT, sehingga pada saat melaksanakan ibadah lainnya akan tumbuh niat yang tulus dan ingat Allah SWT.

Memperkuat Hubungan Dengan Allah

Membaca doa setelah berwudhu adalah salah satu bentuk ibadah untuk mengingatkan seorang hamba. Yakni setiap melakukan tindakan dalam hidup seharusnya dikerjakan dengan niat yang ikhlas hanya kepada Allah SWT dan Rosulnya. Sehingga akan timbul rasa bahwa Allah selalu melihat aktifitas hambanya. Dengan demikian, hamba tersebut dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Fadhilah Membaca Doa Setelah Wudhu

Selain mengetahui beberapa hal yang menjadikan pentingnya membaca doa setelah wudhu. Maka selanjutnya pahami juga beberapa fadhilah membaca doa setelah wudhu agar semakin semangat dalam mengamalkan doa tersebut.

Berikut dibawah ini beberapa fadhilah membaca doa setelah wudhu :

Pahala Tambahan

Membaca doa setelah wudhu merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW sesuai dengan hadis yang telah disampaikan diatas. Maka dari itu dengan melaksanakan amalan sunnah membaca doa setelah wudhu. Insya Allah seorang hamba tersebut akan mendapatkan pahala tambahan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Membersihkan Dosa-Dosa

Doa setelah wudhu mengandung permohonan ampunan dan bertaubat kepada Allah SWT. Tentunya dengan membaca doa setelah wudhu seorang hamba tersebut secara tidak langsung memohon agar dosanya diampuni dengan bertaubat kepada Allah SWT. Insya Allah dengan hal Ini akan membantu dalam membersihkan diri dari perbuatan dosa yang telah banyak dilakukan.

Berlindung Dari Gangguan Syaitan

Fadhilah slanjutnya terkait doa setelah wudhu yakni memiliki manfaat sebagai perlindungan dari gangguan syaitan. Bagaimana tidak dalam doa tersebut ada kalimat tauhid yang mengesakan Allah jika dibaca dengan tulus dan ikhlas. Insya Allah akan menjadi wasilah sebagai tameng gangguan dari syaitan pengganggu.

Meningkatkan Kualitas Ibadah

Secara tidak langsung fadhilah membaca doa setelah wudhu ini dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. bagaimana tidak karena dalam doa tersebut seorang hamba sedang berhadapan dengan ALlah SWT dan fokus untuk melaksanakan ibadah yang berhubungan dengan Allah.

Adapun salah satu ibadahnya adalah sholat tentunya seorang hamba tersebut akan selalu ingat kepada Allah ketika sholat bermula dari membaca doa setelah wudhu. Sehingga kualitas ibadah seorang hamba akan semakin meningkat dengan mengingat Allah.

Mendapatkan Keberkahan Dalam Amalan

Fadhilah do’a setelah wudhu selanjutnya adalah memohon agar Allah SWT memberikan keberkahan dalam setiap amalan yang ia lakukan. Karena dalam doa tersebut tersirat permohonan kepada Allah yakni meminta agar dijaga dari kesucian.

Ketika ibadah dilakukan dengan kesucian, maka ia akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT dalam melaksanakannya.

Tata Cara Berwudhu

Setelah mengetahui bacaan doa setelah wudhu dan juga beberapa fadhilah dan alasan untuk mengamalkan doa tersebut. Hal tersebut tentunya mudah untuk dipahami karena penjelasannya sudah lengkap dalam artikel ini.

Kurang sempurna kalau tidak disampaikan tentang tata cara berwudhu agar dalam praktik sehari-hari wudhu yang dilakukan sesuai syariat islam.

Simak berikut dibawah ini :

Niat

Niat dalam melaksanakan wudhu merupakan rukun yang tidak boleh ditinggalkan, untuk pelaksanaan niat boleh dibaca dalam hati boleh juga melalui lisan.

Adapun bacaan niat wudhu adalah seperti ini :

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul Wudhu’a Lirof’il Hadatsil Ashghori Fardol Lillahi Ta’ala…

Artinya:

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu hanya karena Allah Tala.”

Sebisa mungkin dalam praktikny aniat wudhu bukan hanya dibaca meainkan diikut sertakan dalam setiap aktifitas wudhu mulai dari awal hingga akhir yakni hanya kepada Allah SWT.

Membaca Bismillah

Setelah membaca niat kemudian yang dilakukan adalah membaca bismillah sebagaimana anjuran Nabi SAW ketika akan melakukan sesuatu harus dimulai dengan bismillah.

Perlu diketahui membaca bismillah ketika akn berwudhu adalah sunnah akan tetapi sangat dianjurkan untuk dibaca.

Membasuh Tangan Dengan Menyela Jari-Jarinya

Kemudian dilanjutkan dengan membasuh tangan dan menyela-nyela jarinya, hal ini dilakukan karena untuk membersihkan hal yang menjadi penghalang masuknya air ke kulit.

Membasuk kedua tangan hingga jemarinya ini juga sunnah yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan sejenisnya.

Menghirup Air Kedalam Hidung

Selanjutnya yakni menghirup air kedalam hidung ini adalah sunnah akan tetapi dianjurkan untuk dilakukan yakni maksimal tiga kali.

Membasuh Muka

Membasuh muka atau wajah adalah rukun wudhu yang harus dilakukan jika tidak maka wudhunya tidak sah. Ada kesunahan dalam membasuh wajah atau muka yang ni basuhan kedua dan ketiga.

Membasuh Kedua Tangan

Perlu disimak terkait membasuh kedua tangan, diawali dengan tangan kanan yakni dari ujung jemari tangan hingga siku. Sunnahnya dibasuk sebanyak tiga kali dan wajibnya hanya satu kali saja.

Mengusap Sebagian Rambut Kepala

Kemudian setelah membasuh kedua tangan dilanjutkan dengan mengusap sebagian rambut kepala, menurut keterangan dalam kitab “fathul qorib” boleh hanya 3 helai rambut saja.

Sunnahnya mengusap sebanyak tiga kali yakni basuhan yang kedua dan ketiga, sedangkan basuhan yang pertama adalah rukun.

Mengusap Kedua Telinga

Selanjutnya mengusap kedua telingan ini adalah sunnah namun sebaiknya dilakukan, diawali usapan telingan kanan.

Mengusap Punuk

Punuk adalah leher bagian belakang ini juga sunnah untuk diusap sebanyak tiga kali

Membasuh Kedua Kaki

Selanjutnya yakni membasuh kedua kali mulai dari ujung jari kaki hingga kedua mata kaki, ini termasuk rukun, sunnahnya membasuh tiga kali dan diawali kaki kanan.

Membaca Doa Setelah Wudhu

Yang terakhir adalah membaca doa setelah wudhu seperti yang telah disampaikan pada laman atas lengkap berikut artinya.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa setelah wudhu yang penulis rangkum dalam sebuah artikel vantage.id. Semoga dapat bermanfaat Wallahu A’lam…

Baca Juga :


Posted

in

by

Tags: