Danau Toba Tampil di Google Doodle : Fakta Menarik Danau Toba

Vantage.id – Jika membuka laman Google hari ini Kamis, 31 Agustus 2023 maka akan disambut dengan keindahan Danau Toba. Potret Danau Toba yang ada di Sumatera Utara tampil di Google Doodle. Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO di tahun 2020. Ingin tahu tentang pariwisata ini, simak fakta menarik Danau Toba.

Potret Danau Toba yang tampil di Google Doodle hari ini untuk merayakan sebagai danau kawah terbesar dan danau terdalam di dunia. Google menjelaskan bahwa Danau Toba adalah alam akibat adanya letusan gunung berapa yang dahsyat dari Kaldera Toba, yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Danau Toba menawarkan pemandangan yang indah.

Vantage.id akan memberikan penjelasang terkait sejarah Danau Toba singkat di bawah ini.

Sejarah Danau Toba Singkat

danau toba tampil di google doodle

Kaldera Toba diketahui telah Meletus lebih dari 74 ribu tahun yang lalu, letusannya itu menciptakan Danau Toba. Letusan besar yang terjadi menyebabkan ruang magma gunung berapi itu runtuh. Dan akhrinya membentuk sebuah pulau yang dikenal sebagai pulau Samosir. Saat ini, pulau Samosir menjadi tujuan wisata yang terkenal dan menjadi rumah untuk beberapa suku.

Google pun turut menyinggung soal masyarakat adat Batak Toba yang adalah penghuni asli dari danau tersebut. Sejumlah desa tradisional penuh dengan pasar local dan rumah-rumah yang menakjubkan. Hal ini lah yang menarik pengunjung  penasaran untuk melihatnya dari berbagai penjuru. Wisatawan bisa melihat tarian daerah tradisional seperti Tor-tor, dan ada souvenir ukiran kayu asli.

Selain itu, beragamnya aktivitas luar ruangan dan keajaiban alam yang menakjubkan menjadi salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke tempat ini. Wisatawan yang tak takut ketinggian bisa mengunjungi Huta Ginjang untuk mencoba paralayang.

danau toba sumut

Sedangkan, untuk yang menyukai air bisa bersantai di pantai atau berkayak untuk melintasi danau. Ada air terju Sipiso-piso yang memberikan pengalaman luar biasa untuk pengunjung. Hidden gem lainnya yang patut untuk dikunjungi yakni Tuktuk Siadong, yang merupakan pulau kecil yang ada di tengah Danau Toba. Tempatnya menawarkan air jernih, lansekap indah, dan pegunungan mempesona mengelilingi danau.

Kawasan Danau Toba ini telah ditetapkn sebagai salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas sejak 15 Juli 2019.

Fakta Menarik Danau Toba

fakta menarik danau toba

Ada beberapa fakta menarik Danau Toba yang harus diketahui oleh masyarakat Indonesia, berikut di antaranya:

  • Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria yang ada di Afrika.
  • Danau Toba merupakan salah satu dari sepuluh danau terdalam di dunia, di mana kedalamannya mencapai 500 meter.
  • Danau Toba terbentuk melalui tiga letusan besar Gunung Toba, yang terjadi sekitar 800 ribu, 500 ribu, dan 74 ribu tahun yang lalu.
  • Letusan Gunung Toba terakhir mengakibatkan perubahan iklim global yang drastic. Salah satunya menurunkan suhu bumi sampai 5 derajat selsius dan memusnahkan sekitar 60 persen makhluk hidup di Bumi.
  • Ada Pulau Samosis di tengah Danau Toba, yang merupakan pulau vulkanik yang luasnya setara dengan negara Singapura. Pulau ini mempunyai kekayaan sejarah, budaya, dan alam yang menarik untuk dikunjungi.
  • Ada puluhan air terjun yang eksotis dan indah di sekitar Danau Toba. Contohnya Air Terjun Binangalom, Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Simarjarunjung, Air Terjun Sampuran Efrata.
  • Danau Toba memiliki beragam jenis faunda dan flora yang langka dan unik, contohnya ada ikan mujair toba, ikas mas toba, bunga anggrek toba, ikan nila toba, burung elang bondol toba, dan bunga edelweiss toba.

Demikian penjelasan mengenai sejarah Danau Toba singkat dan fakta menarik Danau Toba. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: