meteor jatuh 14 september 2023

Video Meteor Jatuh 14 September 2023 Viral, Lokasi Dilintasi

Vantage.id – Publik dihebohkan dengan video meteor jatuh pada 14 September 2023 yang viral di media sosial. Video tersebut menunjukan sebuah benda langit yang mirip dengan meteor jatuh. Yang membuat publik heboh adalah meteor tersebut diduga jatuh melintasi Pulau Jawa.

Video meteor jatuh 14 September 2024 ini viral pertama kali diunggah akun media sosial @beritakotabandung. Dalam keterangan unggahannya, akun tersebut menduga jika benda yang ada dilangit itu adalah meteor. Fenomena meteor jatuh 14 September 2023 itu terjadi di langit Pulau Jawa pukul 23.00 WIB.

Momen meteor jatuh ini banyak direkam oleh warga sekitar. Bahkan kejadian tersebut juga terekam oleh CCTV di Yogyakarta dan Bandug. Peneliti senior LAPAN BRIN yakni Thomas Djamaluddin menyatakan bahwa objek tersebut adalah meteor terang. Dan Thomas meyakinkan jika video tersebut bukanlah rekaya alias asli.

Namun, Thomas tak bisa memastikan di mana lokasi jatuhnya meteor yang terekam oleh warga. Namun, ia menduga meteor tersebut jatuh di Samudera Hindia. Untuk diketahui, meteor adalah salah satu benda langit atau serpihan komet, asteroid, ataupun pecahan benda langit lainnya yang disebabkan oleh pengaruh gravitasi Bumi.

Vantage.id akan memberikan lokasi mana saja yang dilintasi oleh meteor jatuh 14 September 2023 malam, berikut adalah ulasannya.

Lokasi yang Dilintasi Meteor Jatuh pada 14 September 2023 Malam

lokasi meteor jatuh

Dilansir dari BRIN, meteor atau kerap disebut bintang jatuh merupakan fenomena kenampakan dari lintasan ketika benda antariksa melintas menuju ke atmosfer bumi. Meteor jatuh disebabkan oleh orbit bumi yang beririsan dengan orbit Antariksa lain seperti asteroid atau komet.

Ketika bumi melawati orbit benda langit, maka menghasilkan batuan yang akan jatuh ke atmosfer bumi. Fenomena alam yang menyerupai meteor jatuh ini terjadi sejumlah wiliyah Indonesia. Berikut adalah rinciannya:

1. Garut

Garut menjadi salah satu lokasi yang dilintasi meteor jatuh pada 14 September 2023 malam sekitar pukul 23.30 WIB. Salah satu akun yang mengunggah video jatuhnya meteor itu adalah @garutupdate_. Di dalam unggahan, pemilik akun menyebut jika mendapatkan kiriman rekaman video dari netizen yang melihat langsung fenomena alam tersebut.

Perekam pun mengungkapkan bahwa pada malam itu ia tengah berada di kawasan Pondok Pesanteran Assalam, Samarang. Saat itu dirinya tengah lagi ronda malam dan tiba-tiba melihat cahaya dari arah Selatan ke Utara. Ia pun langsung mengeluarkan ponselnya untuk merekam kejadian itu.

2. Klaten

Benda bercahaya terang yang diduga meteor juga melintasi di langit Klaten. Akun Instagram @infocegatanklaten juga mengunggah video meteor jatuh. Video berdurasi 15 detik itu menampilkan benda terang yang melesat di langit.

Benda misterius yang melintasi langit Klaten itu terlihat melayang melengkung dengan ekor yang cukup panjang dan terang. Tak terlihat ada ceceran atau ledakan dari benda aneh itu. Masyarakat Klaten pun banyak yang melihat kejadian meteor jatuh yang mengarah ke gunung Merapi.

3. Cimahi

video meteor jatuh

Fenomena meteor jatuh juga melintasi langit Kota Cimahi. Warga pun mengabadikan momen itu di ponsel masing-masing. Salah satu warga melihat kejadian meteor jatuh itu pada Jumat, 15 September 2023 dini hari pukul 03.45 WIB. Warga langsung melihat ke langit setelah melihat kilauan cahaya di langit malam yang gelap.

4. Yogyakarta

Benda yang diduga meteor jatuh itu juga melintasi langit Yogyakarta pada 14 September 2023 malam. Hal ini diunggah oleh akun X @merapi_uncover, terlihat cahaya merah kekuningan dengan bentuk memanjang di langit.

Pihak BMKG setempat pun memastikan jika benda tersebut adalah meteor yang kemungkinan besar telah habis terbakar di atmosfer dan tidak sampai jatuh ke permukaan bumi.

Apakah kamu menjadi salah satu dari masyarakat yang melihat fenomena meteor jatuh pada 14 September 2023 malam? Fenomena meteor jatuh ini memang kerap terjadi dan bisa disaksikan dengan mata telanjang. Masyarakat pun berharap fenomena tersebut membawa pertanda baik. Pihak BMKG pun mengatakan bahwa kejadian itu adalah fenomena alam biasa yang akan terjadi.

Demikian informasi mengenai video viral meteor jatuh 14 September 2023 malam dan lokasi yang dilintasinya. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: