apa itu AI

Dampak Negatif Artificial Intelligence (AI): Fakta dan Keunggulan

Vantage.id – Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan yang saat ini digadang gadang akan mengubah kehidupan manusia di masa depan. Artificial Intelligence atau yang biasa disingkat AI ini masuk sebagai masa depan era digital yang kian berkembang pesat. Simak, dampak negatif Artificial Intelligence (AI).

AI dianggap mampu untuk terjun ke dalam kehidupan manusia agar segala sesuatunya menjadi lebih efisien. Karena ternyata, AI sendiri nantinya akan memungkinkan komputer dan mesin untuk mengolah data yang kita masukan lalu mewujudkannya untuk menjadi sebuah keputusan melalui pola data yang ada.

Teknologi ini dinilai sangat cerdas mengingat ini berkaitan dengan data serta komputer. Kemampuannya untuk memproses data secara cepat dan tepat bisa menjadikannya unggul dibandingkan manusia. Padahal, AI sendiri dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, tetapi apakah iya AI bisa menyaingi kecerdasan manusia itu sendiri?

Untuk saat ini AI telah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi seperti siri asisten virtual, Google Assistant serta Cortana. Lalu, AI juga telah masuk dalam dunia otomotif, mobil yang self drive pada mesinnya, itu menggunakan teknologi AI juga, dengan teknologi AI memungkinkan kendaraan berjalan dengan sendirinya.

Maka tidak mengherankan kalau nantinya AI akan merambah ke dalam dunia pendidikan, kesehatan dan lainnya. AI sebagai kecerdasan buatan juga bisa menjadi bala bantuan untuk lebih memajukan berbagai sektor yang ada.

Mengenal Lebih Jauh Artificial Intelligence: Fakta Mengenai Artificial Intelligence

fakta tentang AI

Teknologi kecerdasan buatan yang sedang ramai dibicarakan ini memang memasuki level menakjubkan. Untuk itu mari kita kenali lebih jauh apa itu Artificial Intelligence.

Artificial Intelligence ternyata telah ada dalam beberapa dekade lalu, konsep AI ini pertama kali diperkenalkan oleh John McCarthy pada tahun 1956. Namun, AI telah kian berkembang semakin canggih, perkembangannya termasuk sangat cepat serta selalu muncul inovasi inovasi baru.

AI memiliki beberapa jenis, ada deep learning, natural languge processing, machine learning  serta computer vision. Fokus tiap AI ini berbeda beda tergantung pada aplikasi apa AI tersebut diinovasikan berdasarkan kegunaannya.

Teknologi AI ini benar benar sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam berbagai sektor. Dalam sektor pertanian, AI bisa membantu dalam pengelolaan tanaman, dalam transportasi bisa digunakan sebagai penunjuk arah serta bisa mengurangi konsumsi energi di dalam gedung.

AI benar benar disinyalir bisa mengubah segala pekerjaan yang ada pada masa depan. Bagaimana tidak, beberapa pekerjaan akan digantikan oleh mesin serta program AI. Namun, tetap memerlukan penyesuaian dan perubahan dalam pola kerja serta keterampilan.

Keunggulan AI

keunggulan AI

AI memiliki keunggulan di mana teknologinya bisa memproses data dengan sangat cepat dan akurat. AI bisa membantu kita untuk mencapai keputusan dengan cepat serta efisien dan lebih baik. AI juga bisa mengerjakan segala urusan yang kompleks sekalipun, itulah mengapa AI bisa disebut kecerdasan buatan.

Seperti machine learning pada AI, ini memungkinkan untuk mesin belajar dari data data serta menemukan pola sehingga menemukan unsur dalam data tersebut. Deep learning, cabang yang satu ini lebih kompleks, jadi memungkinkan mesin untuk mempelajari data yang lebih besar serta lebih kompleks.

Computer vision, cabang AI yang satu ini berkaitan dengan mesin yang memproduksi gambar serta video. Cabang AI yang satu ini termasuk yang paling sering digunakan pada kehidupan sehari hari. Mendeteksi wajah, mendeteksi sebuah objek pada gambar, serta kendaraan.

Dampak Negatif dari AI

dampak negatif AI

Sering kali karena kita sudah terlena dengan kehebatan AI, kita jadi melupakan tentang bahayanya AI. Dampak negatif yang dikhawatirkan bisa terjadi nantinya ialah terjadi deteksi anomali yaitu di mana identifikasi data yang tidak sesuai dengan pola yang tidak diinginkan.

Lalu, AI bisa jadi akan menggantikan seluruh posisi pekerjaan yang ada di dunia. Maka dari itu para manusia nantinya akan kehilangan pekerjaan mereka karena AI telah mengerjakan semuanya. Dampak negatif yang satu ini benar benar tidak boleh dianggap enteng.

AI yang tidak diatur dengan baik juga bisa menyebabkan potensi yang dimanfaatkan oleh sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab. Potensi yang bisa terjadi nantinya AI digunakan untuk tujuan jahat, misalnya penyalahgunaan data atau pengembangan senjata otomatis.

Itulah pengenalan singkat mengenai AI. Apakah kamu sudah siap menuju era Artificial Intelligence?

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: