Tim Promosi Liga Prancis 2023 Tidak Ada Play Off? Ini Faktanya

Satu tim sudah dipastikan jadi peserta Liga Prancis 2023/2024. Tim tersebut adalah Le Havre. Kebijakan LFP (PSSI-nya Prancis)  terbaru membuat Ligue 1 musim depan hanya dimainkan oleh 18 tim. Oleh karena itu hanya ada dua tim promosi Liga Prancis 2023 dan tidak ada babak play off promosi/degradasi.

Jika di Ligue 2 ada 2 tim promosi, di Ligue 1 ada 4 tim degradasi. Ke-4 tim degradasi Ligue 1 tersebut adalah Angers, Troyes, Auxerre, dan Ajaccio. Kebijakan 2 tim promosi tentu tidak disenangi oleh tim yang berada di peringkat 3, 4, dan 5 klasemen Ligue 2. Metz dan Bordeaux jadi kandidat promosi ke Ligue 1.

Daftar Isi Artikel

Tidak Ada Play Off Promosi

Tidak Ada Play Off Promosi

Dipastikan tidak ada babak play off yang dimainkan oleh tim dari peringkat 3 – 5 seperti musim lalu. Musim lalu, aturan play off promosi masih diterapkan. 3 tim yang promosi ke Ligue 1 ditentukan oleh peringkat dan hasil final play off. Kebijakan pengurangan jumlah peserta Ligue 1 jadi penyebab tidak ada play off.

Musim depan, Ligue 1 diikuti oleh 18 tim. Akibatnya jumlah tim yang terkena degradasi adalah 4 tim, sementara tim yang promosi hanya 2. Di Ligue 2, tim yang menempati peringkat 3 – 5 adalah Bordeaux/Metz, Bastia, & Caen. Sangat disayangkan, ketiga tim dipastikan main di Ligue 2 musim depan.

Tim Promosi Liga Prancis 2023

Metz atau Bordeaux

Le Havre jadi satu-satunya klub yang sudah pasti promosi liga prancis musim depan. Satu tim promosi lain adalah antara Metz atau Bordeaux. Terjadi insiden invasi penonton dalam pertandingan Bordeaux vs Rodez yang mengakibatkan pertandingan tidak dilanjutkan. Sementara Metz sudah menyelesaikan laga.

1. Le Havre

Tim promosi Liga Prancis 2023 pertama adalah Le Havre. Salah satu tim tertua di Prancis tersebut akhirnya kembali ke kasta tertinggi sepak bola Prancis setelah mengalahkan Dijon di pekan terakhir Ligue 1. Gol dari Josue Casimir di Stadion Oceane tidak hanya memastikan promosi tetapi juga titel juara.

Memasuki pekan ke-38, Le Havre hanya memerlukan hasil seri untuk jadi juara Ligue 2 dan lolos ke Ligue 1 musim depan. Lebih keren, mereka sukses kalahkan lawannya. Terakhir kali Le Havre main di Ligue 1 adalah pada tahun 2009. Diperlukan 14 tahun bagi mereka untuk kembali bisa bermain di Ligue 1.

2. Metz atau Bordeaux

Tim promosi Liga Prancis musim depan yang belum ditentukan adalah Metz atau Bordeaux. Di pekan terakhir kedua tim memiliki poin yang sama sehingga peluang promosinya pun relatif sama. Metz sukses kalahkan Bastia dengan skor 3-2. Poin mereka menjadi 72 dan naik ke peringkat 2 klasemen Ligue 2.

Di waktu yang sama, Bordeaux tidak bisa menyelesaikan pertandingan karena ada insiden suporter mereka menyerang kiper lawan. Pertandingan Bordeaux vs Rodez pun ditangguhkan. Sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai apakah pertandingan tersebut akan dimainkan kembali dan kapan tanggal mainnya.

Yang jelas, dalam pertandingan tersebut Bordeaux sedang tertinggal 0-1 dan memerlukan 3 poin ditambah selisih gol yang lebih baik dari Metz agar bisa naik ke peringkat 2. Jika tidak terjadi, maka Metz dipastikan yang promosi ke Ligue 1. Situasi dan kondisi memang tidak memihak Bordeaux di pekan terakhir liga.

Lebih parah, LFP bisa memberikan hukuman yang ‘mematikan’ atas aksi liar dan memalukan suporter Bordeaux. Tampaknya, dua tim promosi Liga Prancis 2023 kemungkinan dipastikan muncul di pekan ini. Metz dijagokan tetap temani Le Havre sebagai tim Ligue 2 yang sukses promosi musim ini.

Baca Juga: