Tim Promosi Liga Jerman 2023, Menanti Hamburg atau Stuttgart?

Bundesliga dan Bundesliga 2 (kasta kedua Liga Jerman) berakhir Sabtu lalu. Kedua kompetisi menghasilkan tim promosi dan tim degradasi. Tim promosi Liga Jerman 2023 adalah Heidenheim dan Darmstadt. Satu tim promosi lainnya akan ditentukan di babak play off antara Hamburg vs Stuttgart.

Babak play off promosi/degradasi Bundesliga 2023/2024 akan mempertemukan peringkat 3 Bundesliga 2 dengan peringkat 16 Bundesliga. Hamburg vs Stuttgart dijamin menyajikan akhir yang dramatis. Musim depan, Bundesliga akan kedatangan tim debutan, Heidenheim yang berpotensi jadi Luton Town Jerman.

Daftar Isi Artikel

Tim Promosi Liga Jerman 2023

Darmstadt

Liga Jerman 2022 2023 menukar Heidenheim dan Darmstadt dengan Schalke 04 dan Hertha Berlin. Akankah terjadi pertukaran selanjutnya, Hamburg atau Stuttgart? Jawabannya akan ditemukan pekan depan. Menarik mengamati kiprah tim yang relatif tidak dikenal, Heidenheim dan Darmstadt di Bundesliga.

1. Heidenheim

FC Heidenheim resmi mendapatkan tiket promosi ke Bundesliga musim depan di pekan terakhir Bundesliga 2. Heidenheim sukses mengalahkan Regensburg dengan skor 2-3. Partai yang dimainkan di kandang Regensburg, Continental Arena tersebut berlangsung seru, mendebarkan, dan berakhir tidak terduga.

Heidenheim tampil mengesankan dengan membalikkan ketertinggalan 2 gol lawan. Prince Osei Owusu mencetak 2 gol di menit ke-51 dan 56. Benedikt Saller cetak gol bunuh diri, perkecil ketertinggalan Heidenheim. 2 gol pembalik keadaan tim tamu dicetak di menit ke-93 melalui titik putih dan menit ke-99.

Jan Niklas Beste sukses jadi algojo penalti dan Tim Kleindienst kirim Hoffenheim ke Bundesliga musim depan di akhir laga. Heidenheim untuk pertama kalinya akan tampil di kasta tertinggi Liga Jerman. Di Bundesliga 2, Heidenheim sukses puncaki klasemen dengan perolehan 67 poin dan 19 kemenangan.

2. Darmstadt

SV Darmstadt boleh berada di peringkat 2 Bundesliga 2 di bawah Heidenheim. Namun, merekalah tim Bundesliga 2 yang pertama kali promosi ke Bundesliga musim ini. Kepastian promosi Darmstadt terjadi pada pekan ke-22 Bundesliga 2. Darmstadt yang sukses kalahkan Magdeburg dipastikan promosi.

Tampil di kandang sendiri, Merck-Stadion, Darmstadt kalahkan Magdeburg melalui duel ketat. Dalam laga tersebut, Darmstadt sebenarnya didominasi lawan. Hanya diperlukan 1 gol untuk memastikan satu tempat Darmstadt di Bundesliga. Kemenangan 1-0 Darmstadt terjadi berkat gol dari Phillip Tietz di menit ke-36.

Kemenangan tersebut membuat Darmstadt bisa santai di partai terakhir Bundesliga 2. Kendati dibantai Greuther Furth 4-0, mereka santai saja. Darmstadt adalah salah satu tim Bundesliga 2 yang sudah diprediksi main di Bundesliga musim depan. Performa mereka sejak awal musim termasuk yang konsisten.

3. Hamburg atau Stuttgart

Hamburger atau Stuttgart

Klub promosi Liga Jerman adalah antara Hamburger atau Stuttgart. Dengan kata lain, belum ada kepastian klub mana yang akan menemani Heidenheim dan Darmstadt promosi. Hamburger berada di peringkat 3 klasemen Bundesliga 2. Mereka sudah mendapatkan kepastian play off sejak pertengahan Mei.

Setelah itu, mereka harus menunggu tim dari peringkat 16 Bundesliga mana yang akan dihadapi di babak play off. Pekan ke-34 Bundesliga memastikan Hamburg akan menghadapi Stuttgart dalam 2 partai play off yang akan dimainkan Jumat dan Selasa depan. Partai tersebut dijamin akan berlangsung sangat seru.

Jika Hamburg menang di play off, maka mereka akan kembali bermain di Bundesliga setelah terdegradasi di musim 2017/2018. Bertahan 55 tahun di Bundesliga, di musim tersebut Hamburg harus terdegradasi. Kembalinya Hamburg ke Bundesliga menandakan tim klasik tersebut kembali ke ‘habitat’ asalnya.

Dua tim promosi Liga Jerman 2023 sudah ditentukan dan salah satunya adalah tim debutan yang untuk pertama kali bisa main di Bundesliga. Tiket promosi yang tersisa bisa didapatkan Hamburger asalkan mereka bisa mengalahkan Stuttgart di babak play off. Cerita promosi/degradasi Bundesliga pun berlanjut.

Baca Juga: