Ini 3 Tim Promosi Liga Inggris 2023 Dipastikan Bermain di EPL

EFL (The English Football League) atau dikenal juga dengan sebutan Championship Division resmi berakhir Minggu malam. Kejuaran kasta kedua Liga Inggris tersebut ditutup dengan partai final play off EPL antara Sunderland vs Luton Town. Luton Town jadi tim promosi Liga Inggris 2023 terakhir musim ini.

Kalahkan Sunderland melalui adu penalti, Luton sukses mengikuti jejak Burnley dan Sheffield United yang terlebih dahulu dipastikan bermain di EPL musim depan sebelum laga terakhir EFL dimainkan. Dengan demikian, 3 tim yang dipastikan promosi ke EPL musim depan adalah Luton, Burnley, dan Sheffield.

Daftar Isi Artikel

Tim Promosi Liga Inggris 2023

Sheffield United

Luton, Burnley, dan Sheffield akan menggantikan 3 tim degradasi Liga Inggris 2023 musim ini. Mereka adalah Leicester City, Leeds, dan Southampton. Di antara ketiga tim promosi, Luton yang paling menarik karena mereka merupakan tim dari kota kecil yang tidak banyak dikenal, berpotensi jadi pusat perhatian.

1. Burnley

Ingat Burnley musim ini, ingat Vincent Kompany. Mantan bek tangguh Man City asal Belgia tersebut sukses membawa Burnley promosi ke Liga Inggris musim depan. Bukan sebagai pemain tentunya, Kompany adalah pelatih Burnley musim ini. Burnley resmi bermain di EPL musim depan sejak awal April lalu.

Kemenangan tandang atas Middlesbrough dengan skor 1-2 memastikan Burnley main di EPL musim depan. Dalam pertandingan yang dimainkan di Riverside Stadium, Ashley Barnes dan Connor Roberts sukses cetak gol untuk Burnley. Burnley tidak hanya lolos ke kasta tertinggi kompetisi bola di Inggris.

Mereka juga sukses menjadi juara Championship Division. Burnley berada di peringkat pertama dengan perolehan poin 101. Mereka hanya kalah 3 kali. Kesuksesan Burnley di divisi kedua tersebut patut mendapatkan apresiasi. Musim depan, mereka bisa ikut jejak Leeds selesaikan EPL di peringkat 10 besar.

2. Sheffield United

Tim promosi Liga Inggris musim depan selanjutnya adalah Sheffield United. Setelah terdegradasi 2 musim lalu, Sheffield kembali ke EPL. Di klasemen EFL musim ini, mereka menempati peringkat 2 dengan perolehan 91 poin. Bersama Burnley, Sheffield United bisa dikatakan dominan di divisi Championship.

Sheffield mendapatkan kepastian bermain di EPL musim depan 2 pekan setelah Burnley terlebih dahulu lolos ke EPL. Kemenangan atas West Brom membuat mereka memastikan diri jadi peserta EPL 2023/2024. Sander Berge dan A. Ahmehodzic jadi pahlawan kemenangan Sheffield lawan West Brom di Bramall Lane.

Musim ini di EFL, Sheffield menduduki peringkat 2 dengan perolehan 91 poin. Mereka mampu memenangkan 28 laga, meraih 7 hasil imbang dan mendapatkan 11 kekalahan. Tim asal South Yorkshire dengan julukan The Blades tersebut termasuk tim ‘klasik’ dan pendiri Premier League di tahun 1992.

3. Luton Town

Luton Town

Luton Town adalah tim EPL musim depan yang benar-benar tim kecil. Mereka akan jadi tim promosi ketiga ke EPL 2023/2024 setelah Burnley dan Sheffield. Jika kedua tim sebelumnya lolos ke EPL langsung, maka Luton harus berdarah-darah terlebih dahulu. Luton sukses memenangkan pertandingan play off EPL.

Sebelumnya, Luton berada di peringkat 3 EFL. Di babak semifinal, mereka sukses mengandaskan Sunderland dengan skor agregat 3-2. Luton berhasil membalas kekalahan 2-1 di kandang Sunderland dengan kemenangan 2-0 di kandang Luton, Kenilworth Road. Di babak final, mereka bertemu Coventry.

Coventry City harus mengakui keunggulan Luton setelah kalah dalam babak adu penalti. Adu penalti dilakukan setelah pertandingan berakhir imbang 1-1. Luton menang di babak tersebut dengan skor 5-6. Luton belum pernah bermain di Premier League. Mereka jadi peserta Divisi 1 Liga Inggris musim 91/92.

Pada saat itu, EPL yang dikenal saat ini belum eksis. 3 tim promosi Liga Inggris 2023 akan meramaikan EPL musim depan. Hanya Luton yang belum pernah mencicipi kerasnya dan glamornya Liga Inggris. Burnley akan mendapatkan banyak perhatian karena Kompany, sementara Luton karena dari kota kecil.

Baca Juga: