Ini Daftar Tim Degradasi Liga Jerman 2023 yang Dipastikan Maju

Bundesliga Liga Jerman musim 2022/2023 akhirnya berakhir kemarin Sabtu. 2 tim degradasi Liga Jerman 2023 sudah dipastikan, sementara 1 tim lainnya akan ditentukan melalui play off degradasi/promosi. Play off tersebut akan dimainkan dalam dua laga satu minggu setelah pekan ke-34 (terakhir) Bundesliga usai.

Dua tim yang dipastikan main di Bundesliga 2 (divisi 2 Liga Jerman) adalah Hertha Berlin dan Schalke 04. Kedua tim memang sudah tampil buruk sejak awal musim. Degradasinya kedua tim memang sudah diprediksi sebelumnya. Satu tim kandidat degradasi yang akan tampil di babak play off adalah Stuttgart.

Daftar Isi Artikel

Tim Degradasi Liga Jerman 2023

Schalke 04

Ada yang degradasi, maka ada yang promosi. Tim promosi adalah tim yang dipastikan bermain di Bundesliga musim depan. 2 tim yang pasti main di kasta tertinggi Liga Jerman adalah Heidenheim dan Darmstadt. Hamburg jadi calon promosi dan akan bermain melawan Stuttgart pekan ini dan pekan depan.

1. Hertha Berlin

Hertha Berlin adalah tim Bundesliga pertama yang dipastikan terdegradasi ke kasta kedua Liga Jerman. Hertha dipastikan gagal bertahan di Bundesliga 1 pekan sebelum Liga Jerman berakhir. Hasil imbang dari Bochum di pekan ke-33 memastikan tim yang dikabarkan terlilit utang Rp 647 miliar tersebut terdegradasi.

Dalam pertandingan yang dimainkan di kandang Hertha, Stadion Olimpiade Berlin tersebut, Hertha harus menelan pil pahit setelah keunggulan 1-0 berkat gol Lucas Tousart disamakan oleh Keven Schlotterbeck. Yang menyakitkan, gol Schlotterbeck dicetak di menit ke-94. Hertha Berlin pun dipastikan turun kasta.

Hertha akrab dengan cerita degradasi-promosi di Bundesliga. Musim kemarin, Hertha sukses bertahan di Bundesliga dengan memenangkan partai play off. Terakhir kali Hertha bermain di Bundesliga 2 adalah pada musim 2012/2013. Musim ini, Hertha jadi juru kunci klasemen dengan 29 poin dan 7 kemenangan.

2. Schalke 04

Tim degradasi Bundesliga kedua musim ini adalah Schalke 04. Masih segar dalam ingatan bagaimana 2 tahun lalu, Schalke 04 terdegradasi kemudian suporternya mengamuk. Itulah yang paling segar dari tim yang pernah diperkuat Raul Gonzalez dan sempat termasuk tim papan atas Bundesliga di awal 2010-an.

Schalke 04 yang sukses promosi tahun lalu, kini harus kembali ke Bundesliga 2. Kepastian degradasi Schalke 04 terjadi pada pekan terakhir Bundesliga. Pada pekan ke-34, mereka dikalahkan RB Leipzig dengan skor 4-2. Tampil di kandang Leipzig, Red Bull Arena, Schalke 04 harus akui dominasi Leipzig.

Empat gol tim tuan rumah hanya mampu dibalas oleh Marcin Kaminski dan gol bunuh diri Willi Orban. Tanda-tanda Schalke akan terbenam di dasar klasemen sudah terlihat di awal musim. Ketika tahun berganti, ada perubahan dan peningkatan performa. Sayang, poin yang mereka dapat tidak cukup banyak.

3. Stuttgart atau Hamburg

Stuttgart-atau-Hamburg

Satu klub degradasi Bundesliga lainnya belum dipastikan. Dibahas sebelumnya, Bundesliga menerapkan sistem play off untuk menentukan tim terakhir Bundesliga mana yang akan main di kasta kedua. Partai play off degradasi/promosi Liga Jerman musim depan mempertemukan VfB Stuttgart dengan Hamburger.

Stuttgart mengakhiri musim ini di peringkat 16 dengan 33 poin dan 12 kemenangan. Pada partai terakhir Bundesliga, mereka hanya mampu bermain imbang melawan Hoffenheim. Augsburg yang merupakan pesaing mereka di zona degradasi justru kalah. Stuttgart gagal memanfaatkan kesempatan emas.

Tampil di kandang, Mercedes-Benz Arena, Stuttgart tidak mampu membalikan keadaan setelah tertinggal 0-1. Gol Tiago Tomas hanya menjadi gol penyama kedudukan. Stuttgart akan menghadapi Hamburg dalam 2 leg. Leg pertama play off akan dimainkan Jumat pekan ini, sementara leg kedua dimainkan Selasa depan.

2 tim degradasi Liga Jerman sudah dipastikan dan sudah diprediksi sejak jauh hari. Apa yang terjadi pada Hertha Berlin dan Schalke 04 memang menyedihkan, tetapi tidak cukup mengejutkan. Keduanya memang wajar degradasi. Stuttgart akan mendapatkan kesempatan kedua untuk bertahan di Bundesliga.

Baca Juga: