Sudah Ditentukan! Ini Tim Promosi Liga Italia 2023 di Serie A

Frosinone dan Genoa adalah dua tim Serie B yang sudah dipastikan main di Serie A musim depan. Satu tim promosi Liga Italia 2023 lainnya akan ditentukan melalui partai play off. Play off promosi Serie A dilakukan dalam 3 babak, pertama babak preliminary, kedua babak semifinal, dan ketiga babak final.

Peserta play off promosi Serie A adalah Venezia, Reggina, Sudtirol, Cagliari, Parma, dan Bari. Mereka adalah tim di peringkat 8 sampai peringkat 3 klasemen Serie B pekan terakhir. Play off promosi sudah mencapai babak final saat ini. Yang pasti Venezia, Reggina, Sudtirol, dan Parma dipastikan gagal promosi.

Daftar Isi Artikel

Tim Promosi Liga Italia 2023

Genoa

Tim-tim yang telah disebutkan sudah gugur di babak preliminary dan semifinal. Berikut adalah tim yang sudah dipastikan main di Serie A musim depan dan peserta final play off promosi Serie A.

1. Frosinone

Frosinone adalah tim Serie B pertama yang promosi ke Serie A. Mereka jadi pemuncak klasemen sekaligus juara Liga Italia Serie B 2022/2023. Frosinone dinyatakan resmi promosi ke Serie A pada pekan ke-35. Di pekan tersebut, Frosinone sukses mengalahkan Reggina. Skor akhir laga adalah 3-1 untuk Frosinone.

Tim yang ditukangi oleh bek kiri Italia di Piala Dunia 2006, Fabi Grosso mengumpulkan poin yang tidak mungkin dikejar tim lain. Otomatis, Frosinone promosi ke Serie A tiga pekan sebelum Serie B usai. Dalam pertandingan melawan Reggina, gol Frosinone dicetak oleh Borelli, Roberto Insigne, dan Giuseppe Caso.

Penampilan Frosinone di Serie B musim ini memang impresif. Mereka akhiri musim dengan 28 kemenangan. Gross banyak mendapatkan pujian karena kesuksesannya memoles Frosinone. Mereka kembali ke Serie A setelah 4 tahun absen. Musim 2018/2019 adalah musim terakhir Frosinone di Serie A.

2. Genoa

Tim promosi Liga Italia 2023 setelah Frosinone adalah Genoa. Genoa memang tidak asing dengan Serie A pasca pergantian milenium. Genoa akan kembali tampil di Serie A musim depan setelah absen 1 tahun. Musim lalu mereka terdegradasi untuk kemudian selesaikan satu musim di Serie B dan kembali tahun ini.

Tim yang dilatih oleh Alberto Gilardino berhasil promosi ke Serie A setelah menang 2-1 di pekan ke-36 Serie B. Ascoli adalah lawan yang dikalahkan Genoa untuk naik kasta ke Serie A. Dalam pertandingan tersebut, gol Genoa dicetak oleh Mattia Bani dan Milan Badelj. Genoa duduki peringkat klasemen Serie B.

3. Cagliari atau Bari

Cagliari atau Bari

Play off promosi Serie A 2023 sudah memasuki babak final. Di sana, Cagliari dan Bari siap berduel untuk main di Serie A musim depan. Sama seperti partai play off semifinal, play off babak final dilakukan dalam 2 leg. Leg pertama akan dimainkan 8 Juni 2023, sementara leg kedua akan dimainkan 11 Juni 2023.

Cagliari sukses kalahkan Venezia di babak preliminary, kemudian kalahkan Parma di babak semifinal. Mereka sukses buat kiper legendaris Italia Gianluigi Buffon menangis karena Parma gagal melangkah lebih jauh. Di Serie B, Cagliari menduduki peringkat 5, tepat di bawah Parma meskipun poinnya sama.

Bari yang menunggu di semifinal sukses melaju ke final berkat keunggulan jumlah gol tandang. Mereka sebenarnya ditahan imbang sensasi Serie B, FC Sudtirol dengan skor 1-1. Namun, aturan keunggulan jumlah tandang membuat mereka lolos. Bari gugurkan mimpi Sudtirol untuk main di Serie A musim depan.

Hasil akhir dari duel Cagliari vs Bari akan menentukan satu tim promosi Liga Italia 2023 terakhir. Kedua tim sama-sama bukan debutan di Serie A. Cagliari terakhir kali main di Serie A di musim 2021/2022, sementara Bari di musim 2010/2011. Kelolosan Bari (jika lolos) ke Serie A akan dirayakan dengan meriah.

Baca Juga: