Dampak Perkembangan Teknologi AI: Dampak Positif dan Negatif

Vantage.id – Apa itu AI? AI atau singkatan dari Artificial Intelligence adalah sebuah program yang diciptakan manusia untuk membantu manusia dalam pekerjaannya. AI sendiri biasanya mengerjakan sebuah permasalahan kognitif seperti menghitung ataupun mengenal pola-pola tertentu. AI merupakan sebuah bentuk perkembangan teknologi yang benar-benar membantu dunia manusia, namun adakah dampak perkembangan teknologi AI ini? 

AI memang digadang-gadang akan menjadi sebuah produk buatan manusia yang akan membantu hampir keseluruhan kegiatan manusia di kehidupan nyata. Segala pekerjaan kali ini sudah mulai beradaptasi dengan kehadiran AI yang memang tengah dikembangkan.

Kendati demikian, perkembangan AI yang memang cenderung masiv serta pesat ini tentu saja tak luput dari dua dampak yang akan dirasakan oleh kebanyakan individu. Dampak itu berupa dampak yang positif, dimana AI bisa membantu manusia dalam bekerja, atau mungkin sebaliknya, dimana AI akan memberikan output kurang menyenangkan bagi manusia yang menciptakannya.

Berikut, dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi AI yang harus kalian ketahui:

Daftar Isi Artikel

Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi AI

dampak positif perkembangan teknologi AI

Perkembangan AI dinilai memiliki dampak positif bagi umat manusia. Kenapa? Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pekerjaan yang sekarang terasa lebih mudah untuk dilakukan daripada dulu, ketika AI masih dimasa-masa percobaan.

Dunia pendidikan sebagai contoh paling membawa dampak positif di dunia manusia. Banyak sekali program-program untuk memudahkan seseorang mengetahui ilmu lebih luas dengan tata bahasa yang mudah dimengerti. Dengan hanya menanyakan satu kalimat pertanyaan, maka hampir seluruh jawaban dari berbagai sumber siap untuk dijelaskan.

Dunia pendidikan juga tengah melakukan perkembangan lebih lanjut di dunia AI, dimana dengan adanya AI itu sendiri maka memberikan kesempatan bagi tenaga pengajar seperti guru ataupun dosen untuk lebih kreatif dalam memilih topik pelajaran di kelas. Inovatif yang akan didapatkan dari AI juga beragam tergantung kegunaannya.

Selain dalam dunia pendidikan, AI juga membantu manusia dalam beberapa kegiatan kasar seperti pekerjaan didalam pabrik yang memiliki tingkat produksi tinggi. AI menjadi primadona bagi para pemilik toko atau usaha besar karena mereka merasa tak butuh menggaji AI setelah bekerja. Bahkan dengan menggunakan AI dapat mengurangi adanya human error atau kesalahan yang disebabkan oleh manusia.

Kemampuan AI yang selalu siap bekerja sesuai dengan program yang sudah dirancang membuat AI sangat membantu bagi pekerjaan-pekerjaan dengan target tinggi dan dapat dilakukan dengan cepat. Pemikiran didalam program AI dinilai juga lebih baik dibandingkan dengan manusia dimana hal tersebut bisa membuktikan bahwa AI dapat bekerja lebih baik dibandingkan pekerja manusia.

Dampak Negatif Perkembangan AI

dampak negatif perkembangan AI

Kendati demikian, perkembangan AI yang cenderung cepat ini membawa kita kepada beberapa kekhawatiran, khususnya dalam dunia pekerjaan. Banyak manusia yang merasa jika posisi mereka akan digantikan oleh keberadaan AI yang makin merajalela. Akibatnya, lapangan pekerjaan yang seharusnya bisa manampung banyak individu harus berkurang karena digantikan oleh inovasi AI.

AI yang bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu serta bisa melakukan pekerjaan yang monoton menjadi hal yang menonjol pada perkembangan AI. Namun, hal-hal positif ini membawa keresahan bagi setiap pekerja yang tengah berusaha mempertahankan pekerjaannya.

Selain menciptakan kemungkinan pengangguran dimasa yang akan datang, AI juga memungkinkan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Padahal, AI sendiri diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dan bukan sebaliknya.

perkembangan teknologi AI

AI adalah fenomena yang penting bagi sebagian manusia. Dimana dengan adanya perkembangan AI, tidak menutup kemungkinan setiap pekerjaan nanti bisa bekerjasama dengan AI sehingga terasa lebih mudah. Dunia pendidikan merupakan salah satu tempat perkembangan AI yang cukup pesat akhir-akhir ini, bahkan hal tersebut dapat membantu baik tenaga pengajar atau murid-murid untuk lebih berkembang.

Akan tetapi, dampak lain tentu saja akan dirasakan juga. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tingkat pengangguran memungkinkan untuk meningkat dikarenakan pekerjaan yang diambil alih oleh AI.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita, umat manusia yang menyiptakan program AI untuk memberikan kebijakan-kebijakan tertentu dalam penggunaan AI skala besar. Seperti terapkan etika-etika pekerjaan yang hanya membatasi AI diruang lingkup pekerjaan tertentu, karena kita tidak bisa menampik jika tenaga manusia masih dibutuhkan disetiap sektor pekerjaan.

Dengan adanya perkembangan AI yang terkontrol, diharapkan bisa bersama-sama membantu produktivitas manusia dan pekerjaan dalam kegiatan sehari-hari.

Demikian, penjelasan mengenai apa itu teknologi AI, dampak positif dan negatif perkembangan teknologi AI.

Baca Juga: