Jangan Panik, Atasi Tiktok Error Hari Ini dengan x Langkah Berikut!

Cara Mengatasi Tiktok Error Hari Ini dan Faktor Penyebabnya 2023

Saat tiba-tiba Tiktok error hari ini, pasti akan banyak pengguna yang merasa kebingungan. Pasalnya, media yang menjadi hiburannya tidak bisa diakses. Tiktok yang error pernah dialami oleh banyak orang, sehingga Anda tidak perlu merasa panik saat pertama kali mengalaminya.

Anda hanya perlu memahami apa saja yang menyebabkan aplikasi atau platform Tiktok error. Selain itu, pahami juga langkah-langkah untuk mengatasinya sehingga platform berbagai video vertikal tersebut bisa digunakan kembali secara normal.

Faktor Penyebab Tiktok Error Hari Ini

Faktor Penyebab Tiktok Error Hari Ini

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin saja menyebabkan aplikasi Tiktok tidak bisa diakses atau error.

1. Menggunakan Versi Lama

Salah satu penyebab Tiktok error adalah aplikasi yang sudah out of date atau sudah lama tidak diupdate. Sebagian pengguna memang kurang memperhatikan versi aplikasinya dan tidak rutin melakukan update. Jika penyebabnya hanya masalah simple ini, Anda juga bisa mengatasinya dengan mudah.

Caranya adalah dengan mendownload dan menginstall aplikasi Tiktok versi paling baru. Gunakan Play Store untuk mengupdatenya.

2. Jaringan Internet

Masalah internet kerap menyebabkan Tiktok menjadi tidak bisa direfresh atau konten di FYP tidak muncul. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya koneksi internet terputus, kuota internet habis, atau pengguna berada di wilayah yang susah sinyal.

Aplikasi Tiktok sendiri membutuhkan koneksi internet yang stabil dan berkecepatan cukup tinggi. Jika dua syarat itu tidak terpenuhi, aplikasi Tiktok pun akan error.

3. Akun Tiktok Dibanned

Tiktok termasuk aplikasi yang memiliki aturan paling ketat. Jika pengguna melakukan kesalahan atau pelanggaran terhadap kebijakannya, Tiktok tidak segan-segan untuk melakukan banned terhadap akun pengguna.

Jika sudah dibanned oleh Tikok, maka Anda tidak bisa menggunakannya dan aplikasi pun terlihat seperti sedang error.

4. Server Tiktok Down

Terakhir, aplikasi Tiktok juga bisa error karena servernya down. Biasanya hal ini terjadi karena sedang ada proses maintenance atau memang error saja. Jika penyebab error adalah server down, semua pengguna akan terdampak.

Langkah-langkah Mengatasi Tiktok Error

Langkah-langkah Mengatasi Tiktok Error

Sampai di sini, Anda sudah memahami apa saja yang bisa menjadi penyebab Tiktok error hari ini. Untuk mengatasinya, silakan ikuti beberapa langkah yang dijelaskan berikut.

1. Ubah Koneksi Internet

Pertama, yang bisa Anda lakukan adalah mencoba mengganti koneksi internet. Jika sebelumnya menggunakan wifi, silakan pindahkan jaringannya ke mobile network atau data seluler. Pastikan di kartu Anda juga tersedia kuota.

Jika tidak ada wifi, Anda juga bisa mengubah jenis jaringannya saja. Jika sebelumnya menggunakan 3G, silakan pindahkan ke 4G. Agar lebih stabil dan tidak turun ke jaringan 3G, silakan set di 4G atau LTE only. Namun opsi ini hanya tersedia di sebagian smartphone.

Lakukan pengecekan dengan membuka aplikasi lain. Jika aplikasi lain bisa dibuka dan digunakan dengan lancar, berarti error di Tiktok bukan disebabkan oleh masalah jaringan.

2. Periksa Akun Tiktok

Mungkin saja masalahnya ada pada akun Tiktok Anda. Sebaiknya lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa akun Anda sedang error atau tidak. Caranya adalah dengan login menggunakan Tiktok versi web atau gunakan smartphone lain untuk login ke akun Anda.

Jika Anda gagal login, ada kemungkinan aku dibanned karena melakukan pelanggaran. Silakan hubungi customer service Tiktok untuk mendapatkan penjelasan dan penyelesaian masalah.

3. Update Versi Aplikasi

Mengupdate versi Tiktok ke yang lebih baru juga termasuk salah satu cara ampuh untuk mengatasi error. Caranya juga sangat mudah, tinggal buka saja Play Store jika Anda menggunakan Android. Kemudian cari aplikasi Tiktok dan lakukan update seperti biasa.

4. Menunggu Server Tiktok Kembali Normal

Error pada Tiktok yang dialami banyak orang bisa saja disebabkan oleh gangguan pada server. Jika error yang Anda alami pada aplikasi Tiktok juga disebabkan hal ini, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menunggu.

Tunggu hingga server Tiktok berjalan kembali dengan normal. Anda juga dianjurkan untuk melakukan pengecekan berkala guna mengetahui apakah server Tiktok sudah normal atau masih error.

Tidak sedikit orang yang merasa kecewa ketika Tiktok error hari ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Sembari menunggu Tiktok normal kembali, Anda bisa menjalankan aktivitas lain yang lebih produktif.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: