cara jaga battery health iphone

Cara Jaga Battery Health iPhone Tetap Terjaga, Awet, Tidak Turun

Vantage.id – Apa yang membuat battery health iPhone menurun? Menjaga kesehatan battery health iPhone perlu dilakukan agar ponsel dapat digunakan dan bekerja dengan optimal. Simak, cara jaga battery health iPhoneagar tetap terjaga, awet, dan tidak turun.

Setiap baterai di ponsel mempunyai batas kesehatan, tidak terkecuali dengan baterai iPhone. Semakin  lama baterai digunakan, maka kesehatan baterainya juga dapat menurun. Apa itu battery health? Battery health atau BH merupakan durasi pemakaian baterai sebelum perlu diisi daya.

Umur baterai yang telah lama berpengaruh kepada kecil dan besarnya durasi pemakaian baterai sebelum perlu dicas. Contohnya adalah iPhone dapat dipakai selama 4 jam dari persentase baterai penuh sampai kosong. iPhone hanya dapat dipakai selama 2 jam saja dan harus dicas seiring dengan berjalannya waktu.

Meski iPhone terkenal memiliki komponen yang baik, tak menutup kemungkinan jika battery health-nya dapat menurun karena beberapa faktor. Sebenarnya, kenapa kesehatan baterai atau battery health iPhone menurun? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa yang Membuat Battery Health iPhone Menurun?

apa yang membuat battery health iphone menurun

Yang membuat battery health iPhone menurun adalah masa pakai baterai yang sudah lama. Kemampuan kandungan kimi yang terdapat di baterai untuk menyimpan daya akan menurun, seiring dengan lamanya masa pemakaian.

Lalu, kesehatan baterai iPhone dapat menurun juga disebabkan karena kesalahan pengguna dalam memperlakukan ponselnya terutama baterai. Battery health iPhone dengan kondisi buruk akan mempengaruhi kinerja perangkat.

Bahkan jika BH iPhone buruk, bisa membuat iPhone tiba-tiba mati meski masih ada daya. Untuk menghindari hal ini, pengguna harus menjaga battery health iPhone. Menjaganya pun tidak rumit, namun memang harus rajin melakukannya.

Pengguna dapat memulai menjaga battery health iPhone dengan menggunakan charger yang original dari Apple. Charger yang original memiliki output daya yang telah dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kemampuan baterai. Output daya yang tak sesuai dengan kemampuan baterai akan cepat merusakan BH iPhone.

Cara Jaga Battery Health iPhone

cara jaga battery health iphone

1. Pembaruan Perangkat Lunak Secara Rutin

Cara jaga battery health iPhone yang pertama yakni dengan melakukan pembaruan perangkat lunak dengan rutin atau berkala. Pembaruan perangkat lunak ini membawa beberapa fitur yang penting untuk iPhone, salah satunya fitur yang memungkinkan untuk menjaga battery health iPhone.

Misalnya seperti di pembaruan sistem operasi iPhone yang dimulai dari versi iOS 13 dan yang paling terbaru, Apple menghadirkan fitur membuat ponsel berhenti mengisi baterai secara otomatis, jika kondisi daya telah 80 persen, jika perangkat tengah dipakai secara intens.

2. Hindari iPhone dari Suhu Panas

Cara yang kedua adalah menghindari iPhone dari paparan suhu panas yang ekstrem. iPhone dirancang beroperasi dengan baik di kisaran suhu 16 derajat sampai 22 derajat celcius. Jika iPhone dibiarkan terpapar suhu yang panas secara terus menerus, makan battery health iPhone akan cepat turun dengan drastic.

Nah, dengan melakukan pembaruan perangkat lunak seperti penjelasan di atas, iPhone bisa menghentikan pengisian daya di atas 80 persen secara otomatis. Hal ini terjadi ketika ada aktivitas yang menyebabkan temperature perangkat meningkat, yang melampaui batas suhu yang direkomendasikan.

3. Lepas Casing Saat Cas HP

cas menggunakan casing HP

Cara selanjutnya adalah jangan lupa untuk melepas casing ketika tengah melakukan pengisian daya atau cas HP. Pengisian daya baterai dengan menggunakan casing bisa menumpuk suhu panas yang berlebih, di mana bisa mempengaruhi battery health iPhone. Jika menyadari ponsel menjadi panas sata mengisi daya, maka segera lepaskan ponsel dari casing terlebih dahulu.

4. Cas HP 50 Persen Saat Ingin Menyimpan iPhone

Jika ingin menyimpan iPhone untuk tak dipakai dalam waktu cukup lama, maka disarankan untuk tak membiarkan baterai HP dalam kondisi daya kosong. Cas HP sekitar 50 persen, lalu iPhone bisa dimatikan dan disimpan.

iPhone yang disimpan dengan baterai kosong akan mempengaruhi kemampuan baterai dalam menyimpan dan mengisi daya. Bahkan, baterai iPhone bisa tak mampu menyimpan atau pun mengisi daya sama sekali.

5. Cas HP 80 Persen Saat iPhone Tengah Digunakan

Isi daya tak lebih dari 80 persen ketika iPhone tengah digunakan dengan intens. Penggunaan intens seperti bermain media sosial, bermain game, atau merekam video dalam waktu lama bisa membuat suhu iPhone naik. Ditambah dengan mengisi daya dalam waktu lama, tentu bisa membuat suhu iPhone meningkat.

Paparan suhu panas di iPhone dapat membuat battery health iPhone cepat turun drastic. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengisi daya lebih dari 80 persen di saat iPhone tengah digunakan secara intensi.

Itulah penjelasan mengenai cara menjaga battery health iPhone tetap terjaga, awet, dan tidak turun. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: