9 Cara Menghilangkan Noda di Baju agar Kembali Bersih

9 Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih dan Berwarna, Mudah!

Noda yang menempel pada pakaian seringkali membuat jengkel. Pasalnya, terkadang noda-noda tersebut sulit dihilangkan saat dicuci menggunakan detergen biasa. Oleh sebab itu, pengetahuan cara menghilangkan noda di baju ini rasanya penting diketahui banyak orang.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda di baju. Beberapa bahan tersebut mungkin terdengar asing dan belum banyak diketahui. Tidak ada salahnya mencoba demi mendapatkan baju yang kembali bersih.

Cara Menghilangkan Noda di Baju

Tidak hanya ibu rumah tangga, info mengenai cara menghilangkan noda yang menempel di pakaian rasanya perlu diketahui banyak orang. Dengan info tersebut, kini tidak perlu khawatir lagi dengan noda membandel.

1. Menggunakan Cairan Penghilang Noda

Menggunakan Cairan Penghilang Noda

Masih banyak orang yang menggunakan detergen dengan jumlah yang banyak untuk menghilangkan noda membandel yang menempel di baju. Sayangnya, cara ini belum tentu selalu berhasil. Penggunaan detergen yang banyak tidak menjamin noda membandel akan langsung hilang. 

Mungkin saja kulit telapak tangan yang akan mengelupas apabila menggunakan detergen secara berlebihan. Cobalah langsung gunakan cairan khusus penghilang noda. Cara penggunaannya juga mudah. 

Siapkan air bersih, tuang cairan penghilang noda mengikuti petunjuk. Selanjutnya, rendam baju tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, bisa langsung kucek sebentar di bagian baju yang bernoda. Jika noda sudah hilang, bisa langsung cuci baju seperti biasa.

2. Manfaatkan Susu Berlemak

Manfaatkan Susu Berlemak

Menggunakan susu untuk membersihkan noda? Hal ini mungkin masih terdengar asing di telinga banyak orang. Memang susu cokelat, stroberi, atau susu skim dapat meninggalkan noda pada pakaian. Namun, cobalah gunakan susu berlemak. 

Ternyata, susu berlemak ini bagus dijadikan sebagai bahan pembersih noda coklat pada baju. Contohnya, noda es krim, coklat batang, atau kue yang memiliki unsur coklat. Cara membersihkannya simpel. Siapkan dulu sedikit susu berlemak dan sikat gigi dengan bulu lembut. 

Celupkan sikat gigi ke dalam wadah yang berisi susu. Lalu, sikat pada noda yang ada di baju. Tidak perlu keras-keras, cukup sikat secara perlahan sampai nodanya hilang. Lanjutkan dengan mencuci baju secara biasa.

3. Baking Soda

Perlu diketahui bahwa baking soda ini memiliki banyak kegunaan. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning yang menempel di baju berwarna. Caranya mudah, campurkan baking soda dengan deterjen 1:3. 

Lalu, rendam pakaian bernoda ke dalam campuran baking soda dan diamkan selama 30 menit. Ingat, jangan sampai terlalu lama merendam baju karena bisa membuat baju menjadi bau. Sesaat sudah direndam, cuci baju biasa menggunakan tangan atau bisa juga dengan mesin. 

Apabila nodanya membandel, lebih baik baju dicuci dengan tangan sambil dikucek di bagian yang terkena noda. Larutan baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda karat yang terdapat di baju. 

Umumnya, noda karat ini didapatkan ketika naik transportasi publik atau oleh pekerja pabrik. Noda karat termasuk salah satu noda yang susah dibersihkan menggunakan detergen biasa. Oleh karena itu, bisa memanfaatkan larutan baking soda dan detergen.

4. Memakai Alkohol

Noda lipstik menjadi salah satu noda yang sering dijumpai di baju wanita. Untuk menghindarinya, gunakan baju terlebih dahulu baru gunakan lipstik. Tapi, jika noda lipstik sudah terlanjur menempel, maka carilah cara untuk menghilangkannya. 

Untuk noda lipstik yang samar, cara membersihkannya mungkin lebih mudah. Namun jika noda lumayan tebal, maka membersihkannya membutuhkan cara khusus. Cobalah untuk memakai cairan beralkohol misalnya aseton. 

Alkohol menjadi bahan yang cukup efektif dalam mengangkat noda membandel yang menempel di baju putih, misalnya riasan wajah dan spidol. Cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Siapkan tisu atau lap bersih.
  • Tuang alkohol sedikit ke kain lap. Tekan-tekan bagian yang bernoda dengan lembut.
  • Gunakan cotton bud untuk meratakan alkohol dengan gerakan memutar supaya noda bisa terangkat dengan lebih maksimal.
  • Lakukan beberapa kali sampai noda tersebut hilang.
  • Lanjutkan dengan mencuci menggunakan detergen seperti biasa.

5. Menggunakan Cuka

Untuk menghilangkan noda di baju putih, bisa memanfaatkan cuka. Bahan dapur yang satu ini biasanya digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan pembersih alat dapur. 

Selain itu, bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda yang membandel. Ikuti cara menghilangkan noda di baju dengan cuka:

  • Siapkan wadah dan isi air dengan setengah cangkir cuka.
  • Selanjutnya, rendam baju putih yang terkena noda selama satu jam.
  • Kemudian kucek baju dan bilas memakai air detergen.
  • Bilas sampai semua kotoran maupun sisa cuka hilang.

6. Memanfaatkan Pasta Gigi

Pasta gigi menjadi bahan selanjutnya yang bisa dipakai untuk mengangkat noda di pakaian. Tidak hanya bisa membuat gigi bersih, tapi pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat noda yang membandel. Beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Ambil pasta gigi secukupnya dan oleskan pada noda di baju putih.
  • Gosok memakai sikat agar nodanya pudar pelan-pelan sampai terlihat bersih.
  • Bilas dan cuci baju menggunakan detergen. Pastikan untuk membilas sisa pasta gigi sampai benar-benar bersih supaya baju tidak menjadi kasar.

7. Menggunakan Jeruk Nipis

Seringkali saat memakan buah, sari buah tersebut menempel dan menjadi noda. Hal ini biasanya terjadi ketika menikmati buah yang mengandung banyak air, misalnya jeruk, melon, semangka, anggur, stroberi, dan lainnya.

Kini tidak perlu khawatir karena campuran jeruk nipis dan air bisa menghilangkannya. Caranya campur perasan jeruk nipis dengan sedikit air.

Basahi pakaian yang terkena noda dengan air mengalir dan rendam baju tersebut ke dalam campuran air jeruk nipis. Diamkan kira-kira 30 menit dan bilas menggunakan air mengalir.

8. Memakai Selai Kacang

Beberapa orang pernah mengalami kejadian baju bernoda karena tertempel stiker di tempat umum. Noda stiker ini biasanya berwarna kuning atau coklat dan jika membekas akan cukup lama. Cara untuk membersihkan noda jenis ini ternyata bisa menggunakan selai kacang.

Oleskan selai kacang di bagian baju yang bernoda dan diamkan kira-kira 5 menit. Kandungan minyak yang terdapat dalam selai akan diserap oleh kain sehingga stiker tidak akan lengket. Selanjutnya, angkat stiker tersebut pelan-pelan supaya tidak meninggalkan bekas. Terdengar mudah, bukan?

9. Menggunakan Roti Gandum

Mungkin terdengar aneh, bagaimana roti gandum dapat membersihkan noda pada pakaian? Roti gandum dapat membantu membersihkan noda di pakaian asalkan noda tersebut belum menempel terlalu lama. Berikut adalah cara menghilangkan noda di baju menggunakan roti gandum:

  • Potong roti gandum dan gosokkan di bagian baju yang terkena noda. Roti gandum akan menyerap noda tersebut terutama untuk noda yang berupa cairan berwarna pekat.
  • Cuci baju biasa memakai detergen supaya bersih dan bilas.

Cobalah beberapa cara menghilangkan noda di baju yang sudah dijelaskan di atas. Cara tersebut bisa disesuaikan dengan jenis noda yang menempel di baju. Jika menemukan cara yang ampuh, pastinya akan merasa lebih puas karena berhasil membersihkannya sendiri. 

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: