Kenapa Seabank Error Hari Ini? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seabank Error Hari Ini? Simak Penyebab & Cara Mengatasinya

Ketika aplikasi bank digital Seabank mengalami gangguan, seluruh aktivitas pengguna, termasuk transaksi transfer, tarik tunai, dan top up pun akan terganggu. Agar tidak panik ketika hal ini terjadi, sebaiknya pahami sebab dan cara mengatasi Seabank error hari ini.

Tidak hanya Seabank, beberapa bank lain juga sempat mengalami error, misalnya BCA, BNI, Jago, dan masih banyak lagi. Gangguan sebenarnya termasuk ke dalam hal yang wajar asalkan tidak terlalu sering terjadi. Biasanya, pihak bank juga akan memberikan pengumuman resmi terkait dengan hal ini.

Kenapa Seabank Error Hari Ini?

Kenapa Seabank Error Hari Ini?

Error yang terjadi pada aplikasi bank digital Seabank sebenarnya tidak terjadi tanpa ada sebab. Tentu ada beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Di bawah ini adalah rangkuman penyebab aplikasi Seabank error dan tidak bisa digunakan.

1. Maintenance

Aplikasi membutuhkan perawatan rutin agar tetap bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, diperlukan proses maintenance secara berkala. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi mobile banking seperti Seabank.

Agar tidak terjadi error yang berakibat fatal, seluruh proses transaksi di aplikasi Seabank akan dinonaktifkan selama proses maintenance. Oleh karena itu, pengguna akan mendapati aplikasinya error.

Namun jangan khawatir karena pihak bank biasanya akan memberikan pemberitahuan resmi sebelum maintenance dilakukan. Dengan begitu, pengguna bisa berjaga-jaga untuk tidak melakukan transaksi apapun terlebih dahulu.

Maintenance juga lebih sering dilakukan pada dini hari, ketika aktivitas transaksi pengguna sedang jarang terjadi.

2. Jaringan Internet Down

Berikutnya, Seabank yang error juga bisa disebabkan oleh gangguan pada jaringan internet. Seperti yang sudah Anda ketahui, aplikasi Seabank hanya bisa berfungsi dengan normal jika terhubung dengan jaringan internet.

Ketika jaringan internet terputus atau sedang mengalami gangguan, secara otomatis aplikasi Seabank tidak bisa digunakan sama sekali. Gangguan pada jaringan ini bisa terjadi pada wifi maupun provider seluler.

Sama seperti bank, pihak provider juga biasanya akan memberikan pengumuman resmi jika terjadi gangguan atau down seperti ini.

3. Penumpukan File Cache

Selain faktor eksternal seperti yang telah dijelaskan, error yang terjadi pada Seabank juga bisa disebabkan oleh masalah internal. Salah satu yang cukup sering dijumpai adalah error karena file cache menumpuk.

Cache sendiri merupakan file sampah yang sudah tidak digunakan. Jika tidak dibersihkan, file menumpuk ini lama kelamaan akan memenuhi memori, baik ROM maupun RAM. Dampaknya, aplikasi tidak akan berjalan dengan baik ketika digunakan.

4. Masalah pada Hardware

Di samping masalah software seperti cache menumpuk, ternyata masalah pada hardware juga bisa berpengaruh terhadap suatu aplikasi. Sebagai contoh, HP baru saja terbanting dan ada komponen di dalamnya rusak.

Jika hal ini terjadi, maka smartphone tidak akan berjalan dengan baik. Akibatnya, aplikasi Seabank tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

5. Melanggar Kebijakan Seabank

Jika pengguna lain tidak mengalami error tapi aplikasi Seabank Anda error hari ini, mungkin faktor terakhir ini bisa menjadi penyebabnya. Ketika ada pengguna yang melanggar kebijakan atau melakukan transaksi mencurigakan, Seabank akan mengunci akun Anda.

Jika dikunci, maka pengguna Seabank tidak bisa login dan melakukan transaksi apapun. Hal ini dilakukan Seabank untuk mengurangi angka kejahatan yang memanfaatkan platform atau aplikasi bank digital miliknya.

Cara Mengatasi Seabank Error Hari Ini

Cara Mengatasi Seabank Error Hari Ini

Karena sudah mengetahui penyebabnya, sekarang adalah saatnya untuk mencari tahu hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Tunggu Maintenance Berakhir

Jika error disebabkan oleh maintenance, maka yang bisa dilakukan pengguna hanyalah menunggu. Proses maintenance tidak akan berjalan terlalu lama, mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa jam.

2. Restart Smartphone

Selanjutnya, coba restart smartphone karena sistem yang hang juga bisa membuat aplikasi Seabank error. Setelah restart, sistem akan dimulai kembali dari awal. Sekarang cobalah aplikasi Seabank, apakah sudah berjalan dengan baik?

Restart smartphone juga akan membantu Anda keluar dari masalah jaringan. Jika belum berhasil dengan restart HP, cobalah untuk uninstall aplikasi Seabank terlebih dahulu. Kemudian install kembali dan coba lakukan transaksi lagi.

3. Bersihkan Cache

Rutin bersihkan cache di semua aplikasi, termasuk Seabank. Langkah ini dilakukan untuk menghindari error akibat memori atau RAM terlalu penuh.

4. Hubungi Call Center

Kalau masih belum bisa mengatasi Seabank yang error, sebaiknya segera hubungi customer service untuk mengadukan masalah Anda. CS Seabank bisa dijangkau melalui email cs@seabank.co.id. Bisa juga melalui telepon di nomor 1500130.

Jangan panik jika tiba-tiba Seabank error hari ini. Sebaiknya periksa agar Anda menemukan penyebab dan cara mengatasinya dengan tepat.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: