9 Songs: Nonton Konser, Ngeseks, Nonton Konser, Ngeseks

Film ini adalah paduan sempurna dari erotis pornografi, emosional dari drama, riuh atmosfir konser musik dan teknik seni sinematografi mockumentary. Cerita yang disajikan dan unsur seks yang kental masih bisa dirasakan keduanya. Film irit dengan 3 pemeran namun punya latar belakang cerita yang kuat, 9 Songs.

 Film ini menceritakan tentang rutinitas hidup dua sejoli yang dapat disebut kelam dan menyenangkan dalam satu waktu. Narkoba, seks, konser musik hingga drama percintaan keduanya begitu romantis, manis dan realis hingga membuat iri sekaligus sudah pasti bikin ngaceng penontonnya.

Wajar bila The Guardian mengganjarnya 9 Songs sebagai most-sexually-explicit-mainstream-film, hampir 60 persen film ini menampilkan adegan telanjang dan seks yang secara gamblang dipertontonkan. Oh,  adegan seks di 9 Songs juga bukan seks semu seperti di film semi, scene bercinta pada 9 Songs adalah setubuh asli antara Kieran O’Brien dan Margo Stilley yang menokoh Matt dan Lisa. Jika menonton habis film ini, satu-satunya yang ditunggu mungkin adegan-adegan luar ruangan, dialog di mobil dan atmosfir konser serta lansekap antartika yang tentunya tanpa menampilkan pergumulan tubuh Matt dan Lisa. Betapa tidak, beberapa menilai adegan seks pada film ini terlalu berlebihan hingga jadi tayangan membosankan karena terus diulang dan diulang. Gila.

Sedangkan judulnya sendiri berkisah pada pengalaman eksperimetal keduanya kala mendengar masing-masing lagu ini, saat mereka berdua menonton pertunjukan beberapa band secara langsung. Di antaranya ada Whatever Happened to My Rock and Roll dari Black Rebel Motorcycle Club, C’mon, C’mon dari The Von Bondies, Fallen Angel dari Elbow, Movin’ on Up dari Primal Scream, You Were the Last High – The Dandy Warhols, Slow Life dari Super Furry Animals, Jacqueline – Franz Ferdinand, Debbie dari Michael Nyman, dan Love Burns dari Black Rebel Motorcycle Club. Kesembilan lagunya juga jadi soundtrack dalam film ini.

Jadi, keseluruhan isi film ini adalah nonton konser, ngewe, nonton konser ngewe. Sudah.