Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Curug Ngebul

Curug Ngebul Cianjur: Lokasi, Jam Buka, Daya Tarik Wisata

Cianjur adalah daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan objek wisata alam air terjun atau curug. Bahkan daerah ini pernah dijuluki sebagai Negeri Seribu Curug. Salah satu yang paling terkenal dan selalu ramai yaitu Curug Ngebul.

Curug ini memiliki aliran air yang deras dari tebing Gunung Lemo. Volume air yang kencang dan jatuh dari ketinggian curug, mampu menampilkan keindahan alam yang mengagumkan. Bahkan saking derasnya, Anda bisa melihat curug seperti sedang berkabut.

Rute dan Lokasi Curug Ngebul

Rute dan Lokasi Curug Ngebul

Lokasi air terjun ini berada di Kabupaten Cianjur atau tepatnya di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran. Jika diukur, jaraknya mencapai 72 km dari selatan pusat kota. Meskipun cukup jauh, namun wisatawan tetap ramai berkunjung.

Terdapat tiga rute yang bisa diambil ketika ingin berwisata ke Curug Ngebul, yaitu dari Kecamatan Sukanagara, Pagelaran, dan Pasir Kuda. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 3 jam untuk mulai pemberangkatan dari kota.

Rute yang paling sering digunakan oleh wisatawan adalah dari Kecamatan Pagelaran. Perjalanan dimulai menuju arah Cipari, lalu belok ke Desa Bunijaya. Dari desa tersebut, belok lagi ke kanan sampai kawasan Cimeta.

Setelah itu beloklah ke kiri untuk menuju ke Kampung Rawa Soro. Jika sudah sampai di perkampungan warga, perjalanan tidak bisa dilanjutkan menggunakan kendaraan. Para wisatawan harus berjalan untuk sampai ke wisata Curug Ngebul.

Harga Tiket Masuk Curug Ngebul

Harga Tiket Curug Ngebul

Apabila sudah berhasil masuk ke kawasan curug, wisatawan akan menemukan loket untuk pembelian tiket. Untuk satu tiket harganya Rp 7.500 saja, tetapi khusus yang ingin melakukan aktivitas camping perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000.

Harga tersebut termasuk murah karena wisatawan sudah bisa berjalan-jalan dan menikmati pemandangan air terjun dengan bebas. Penambahan biaya untuk camping diberikan untuk jaminan keselamatan dan kenyamanan wisatawan.

Selain itu wisatawan juga wajib membayar parkir yang ditetapkan oleh warga sekitar. Bagi yang membawa kendaraan roda dua perlu mengeluarkan ongkos Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat tarif parkirnya Rp 5.000.

Jam Buka dan Operasional Curug Ngebul

Wisatawan dapat mengunjungi area curug setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu. Datanglah pada pukul 07.00 pagi ketika wisata curug baru dibuka agar tidak penuh dengan pengunjung. Setelah pukul 17.00 curug akan ditutup dan dibuka kembali keesokan harinya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Ngebul adalah di pagi hari karena udaranya masih sejuk dan belum terlalu ramai. Hindari datang terlalu mepet dengan jam tutup karena akses jalan yang gelap dan harus melewati hutan berbahaya.

Akses Curug Ngebul

Hal terpenting yang wajib diperhatikan ketika ingin mengunjungi air terjun Ngebul adalah akses jalannya. Dibandingkan dengan objek wisata lain di Cianjur, curug ini belum memiliki kondisi jalan yang memadai untuk dilewati kendaraan.

Lokasinya yang jauh dari kota dan berada di pedalaman, mengharuskan wisatawan untuk menyusuri hutan. Jalan yang dilewati penuh dengan tanah dan lumpur, sehingga wisatawan harus menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman.

Terutama kalau Anda berkunjung saat musim penghujan karena akses jalannya jadi licin. Tak hanya itu, jalan menuju curug juga dipenuhi baru dan kerikil. Sehingga dapat menyebabkan kendaraan mudah tergelincir.

Maka dari itu, setelah sampai di perkampungan warga, sebaiknya wisatawan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Namun jika tetap ingin menggunakan kendaraan, disarankan untuk pakai motor trail atau mobil off road.

Daya Tarik Curug Ngebul

Tentunya, daya tarik utama dari curug ini adalah pemandangan air terjun yang memiliki pesona tersendiri dan berbeda dengan objek wisata lainnya. Debit air yang deras dan aliran sungai yang tenang mampu mencuri perhatian wisatawan dari luar daerah.

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan berkunjung ke Curug Ngebul dikarenakan air yang jatuh dari ketinggian mampu menciptakan pemandangan yang unik. Seolah-olah seperti ada asap dan embun yang mengelilingi air terjun.

Di sekitar curug juga terdapat pemandangan hutan yang megah dan mempesona. Banyak pepohonan tinggi dan rindang yang mengelilingi air terjun. Udara disana juga sangat bersih dan sejuk karena jauh dari keramaian kota.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Curug Ngebul

Tak hanya pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini juga terdapat beberapa spot untuk melakukan berbagai aktivitas seru. Wisatawan biasanya menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati indahnya panorama curug.

1. Trekking Menuju Curug

Aktivitas seru pertama yang wajib dilakukan adalah trekking menuju curug. Seperti yang telah dijelaskan bahwa akses jalan yang harus dilewati untuk sampai ke curug kurang memadai. Sehingga wisatawan harus menggunakan kendaraan khusus supaya tetap aman.

Perjalanan menuju Curug Ngebul sangat menantang dan menyenangkan karena Anda akan melewati akses jalan yang berlumpur dan berbatu. Meskipun begitu, aktivitas trekking ini biasanya didampingi oleh pihak pengelola jadi dijamin aman.

Jarak yang perlu ditempuh saat trekking menuju lokasi curug adalah sekitar 200 meter. Wisatawan akan menghabiskan waktu selama 10 sampai 20 menit untuk sampai ke curug. Perjalanan trekking akan dimulai dari pintu masuk.

2. Berenang

Tidak terlalu jauh dari Curug Ngebul Cianjur, terdapat kolam penampungan yang sering dimanfaatkan wisatawan untuk berenang. Pasalnya wisatawan dilarang melakukan aktivitas tepat di bawah air terjun karena cukup berbahaya.

Oleh karena itu pihak pengelola sengaja menyediakan fasilitas kolam yang sekaligus dijadikan sebagai saluran irigasi. Di kolam tersebut wisatawan tak hanya bisa berenang namun juga bersantai menggunakan ban atau balon khusus.

Bagi wisatawan yang tidak membawa baju ganti dan ingin tetap kering dapat duduk santai di sekitar kolam sambil menikmati indahnya pemandangan air terjun. Aktivitas ini cocok untuk Anda yang sedang butuh healing dan menenangkan suasana hati.

3. Wall Climbing

Letak Curug Ngebul berada di antara tebing tinggi dan berbatu. Oleh sebab itu banyak pecinta wall climbing yang mendatangi tempat ini untuk melakukan hobinya. Wisatawan diperbolehkan untuk mendaki tebing yang berada di dekat curug.

Namun untuk peralatan dan kebutuhan lainnya harus dibawa secara pribadi karena pihak pengelola tidak menyediakannya. Selain itu keselamatan juga perlu diperhatikan dan menjadi tanggung jawab masing-masing.

4. Berkemah

Di sekitar area curug disediakan spot untuk berkemah atau camping. Tempat ini cukup luas dan dipenuhi dengan rumput hijau dan empuk, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi kemah. Supaya lebih aman dan terjamin, wisatawan biasanya membawa kenda dan peralatan sendiri.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari curug, memungkinkan para wisatawan yang berkemah untuk menikmati pemandangan air terjun sepanjang hari. Bayangkan saja saat bangun tidur Anda sudah disambut dengan gemercik air dan udara yang sejuk.

Curug Ngebul menjadi salah satu objek wisata alam di Cianjur yang wajib dikunjungi. Menyuguhkan pemandangan air terjun yang indah, sehingga dapat membantu meningkatkan suasana hati. Selain itu di curug ini para wisatawan bisa berkemah sambil menikmati pemandangan.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: