Intip 10 Destinasi Wisata Malaysia Terbaru dan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini

10 Wisata Malaysia Terbaru dan Populer, Asyik untuk Liburan!

Apakah Anda memiliki rencana untuk liburan ke Malaysia tahun ini? Sebelumnya simak dulu yuk pembahasan tentang wisata Malaysia terbaru yang wajib Anda tambahkan ke wishlist liburan Anda di tahun ini.

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alam. Tiap tahunnya, negeri Jiran ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman liburan asyik dan menyenangkan.

Itulah mengapa Malaysia selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi tempat-tempat baru di Asia Tenggara.

Rekomendasi Destinasi Wisata Malaysia Terbaru 2023

Bagi Anda yang memiliki rencana liburan ke Malaysia tahun ini, berikut kami berikan sederet rekomendasi tempat wisata terbaik dan terpopuler:

1. Genting Highland

Genting Highland

Salah satu tempat wisata terkenal di kalangan para wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia adalah Genting Highland. Tempat ini menawarkan berbagai macam keindahan, termasuk pusat perbelanjaan dan resort yang menarik perhatian para pengunjung.

Destinasi wisata yang mendapat sebutan sebagai Las Vegasnya Malaysia ini terletak di daerah perbukitan yang cukup tinggi, sehingga suhu udaranya cenderung dingin.

Kendati demikian, tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga Anda, sebab terdapat sejumlah wahana dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini. Seperti merasakan sensasi salju di Snow World atau belajar budidaya dan memetik strawberry di Strawberry Leisure Farm.

Tempat ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam waktu Malaysia dan bertempat di KM13, 69000 Genting Highlands, Pahang, Malaysia.

2. Cape Rachado

Cape Rachado

Destinasi wisata lainnya di Malaysia yang tak kalah seru adalah Cape Rachado Lighthouse. Dimana tempat ini menawarkan menara mercusuar yang terletak langsung di samping pantai dan hutan cagar alam Malaysia.

Selain itu, objek wisata yang terletak di Port Dickson, kawasan Malaka ini juga menyuguhkan keindahan taman hijau yang mengelilingi Mercusuar. Ditambah dengan dominasi warna putih, sehingga tampak unik, indah, dan menakjubkan.

Jika Anda sedang mencari ketenangan untuk me-release stress atau sekedar menghindari padatnya hiruk pikuk perkotaan, maka tempat ini bisa jadi solusi. Cape Rachado memberikan nuansa tenang dan damai, sehingga cocok untuk healing.

Anda pun bisa mengunjungi tempat ini di 71050, Malaka, Malaysia, setiap weekdays ataupun weekend mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore waktu setempat. Tiket masuknya dibanderol mulai dari RM33/orang atau setara dengan Rp15 ribu per orang.

3. Cameron Highlands

Ada yang baru di Malaysia! Ya, Cameron Highlands yang menawarkan pemandangan hijau nan segar serta dilengkapi dengan aktivitas seru dan menyenangkan.

Sebab, di sini Anda tidak hanya akan melihat keindahan panorama alam saja, melainkan juga dapat menyusuri kebun teh dan ladang bunga yang indah. Termasuk mempelajari budaya dan agama melalui museum hingga situs keagamaan.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di sini ialah memetik buah stroberi, melihat proses produksi madu dan mencicipinya. Atau hanya sekedar memanjakan mata dengan keindahan bunga lavender dan rose centre di taman.

Bagi Anda yang sedang mencari ketenangan, maka bisa menyambangi air terjun Robinson yang merupakan tempat healing terbaik untuk menikmati keteduhan gemericik air yang mengalir. Bahkan, panoramanya juga tak kalah mempesona dengan air terjun populer lainnya.

Cameron Highlands yang terletak di ketinggian 1.829 mdpl memang menjadi primadona di kawasan Semenanjung Malaysia. Hal ini karena tak pernah absen menyuguhkan tempat wisata hiburan maupun edukasi yang baru, unik, dan kekinian.

4. The Habitat Penang Hill

Destinasi wisata Malaysia terbaru yang tak boleh Anda lewatkan adalah The Habitat Penang Hill. Di sini Anda akan merasakan sensasi mengeksplorasi hutan hujan tropis yang telah ada sejak 130 juta tahun lalu.

The Habitat Penang Hill juga menawarkan konsep wisata dengan tema back to nature. Sehingga cocok sekali bagi Anda yang menyukai wisata alam maupun menikmati pemandangan hutan tropis dengan lebih dekat.

Kendati demikian, tempat wisata ini juga menyediakan kebun mini untuk mengenalkan lebih jauh tentang flora, seperti Drango Circle, Fragrant Garden, hingga Squirrel Circle.

Jika Anda ingin mengisi liburan panjang dengan menghirup udara segar dan nuansa yang asri, maka bisa mengunjungi tempat ini yang buka setiap hari pukul 9 pagi hingga 7 malam waktu setempat.

5. Bangunan Sultan Abdul Samad

Apakah Anda memiliki minat untuk mengunjungi wisata sejarah? Jika iya, maka Bangunan Sultan Abdul Samad harus masuk ke daftar kunjungan liburan Anda.

Sebab, Bangunan yang telah berdiri sejak 1897 ini tak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, namun juga memiliki sentuhan arsitektur yang mengusung konsep gaya Mughal India.

Selain itu, Bangunan Sultan Abdul Samad juga terbuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya. Bangunan ini menyuguhkan berbagai macam spot foto menarik dan instagramable yang bisa Anda jelajahi di kompleks bangunan ini.

Bahkan, untuk masuk ke tempat ini tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis lho! Silakan mengunjungi Bangunan Sultan Abdul Samad yang berlokasi di Jalan Raja, Kuala Lumpur City Centre, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

6. Batu Caves

Salah satu destinasi wisata Malaysia terbaru yang paling seru dan wajib Anda kunjungi saat berlibur adalah Batu Caves. Tempat ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jiwa petualangan.

Batu Caves merupakan salah satu objek wisata gua alam yang terletak di ketinggian 120 mdpl. Untuk itu, Anda pun perlu menyiapkan fisik dan stamina yang cukup, sebab Anda harus menaiki banyak anak tangga untuk mencapai ke atas.

Namun tenang saja, karena rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan spot foto yang menarik dan aesthetic. Ditambah lagi panorama gua yang rindang penuh dengan pepohonan hijau yang asri nan sejuk.

Bahkan, hampir di setiap titik dan sudut di Batu Caves ini memiliki keunikan dan keindahan yang sangat bagus sekali dijadikan latar belakang foto Anda. Maka saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa menyiapkan pose foto yang hits dan kekinian ya!

Hal yang menarik dari tempat ini adalah terdapatnya patung besar yang juga menjadi ikon. Karena sejatinya Batu Caves merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Maka, penting bagi Anda untuk tetap berpakaian sopan saat ke tempat ini.

7. Langkawi

Destinasi wisata Malaysia terbaru yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Langkawi. Tempat ini menjadi favorit para wisatawan karena memiliki tiga taman Geoforest yang dilindungi. Ditambah keindahan pantai dengan jajaran pohon kelapa yang menawan, seperti Pantai Cenang.

Di pantai ini, Anda akan menemukan akuarium terbesar di Malaysia yang menyuguhkan berbagai macam spesies ikan dengan jumlah mencapai 200 jenis. Mulai dari ikan arapaima, ikan hiu, hingga ikan air tawar terbesar di dunia. Banyak juga jenis ikan lain yang lucu dan menggemaskan.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Sky Bridge yang terletak di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut dengan panjang 125 meter. Untuk menuju ke sini, Anda perlu naik kereta gantung ke puncak tertinggi supaya bisa menikmati pemandangan terbaik di pulau ini.

Tak jauh dari kereta gantung, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Telaga Tujuh dengan kolam renang yang indah dan jernih, serta jalur pendakian hutan yang membentang di antara dua gunung yang berbeda.

8. Petronas Twin Towers

Salah satu destinasi wisata terbaik di Malaysia dan selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Petronas Twin Towers arau Menara Petronas yang dikenal dengan kemegahannya. Bahkan objek wisata satu ini juga tengah dikenal di seluruh dunia secara meluas juga lho!

Apabila Anda tertarik untuk menikmati pemandangan dari atas Menara, maka disarankan  bagi Anda untuk mendatangi tempat ini lebih pagi. Supaya tidak kecewa ketika mendapati antrean yang terlalu panjang.

Bagi Anda penggemar selfie, maka tempat yang dikenal sebagai landmark kota Kuala Lumpur ini adalah tempat yang sempurna untuk mengabadikan momen maupun berswafoto. Sebab, bangunan yang tampak megah ini menarik untuk dijadikan latar foto yang instagramable.

Menara ini pun dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, tempat makan (foodcourt), hingga bioskop yang bisa Anda kunjungi untuk mengusir kebosanan.

9. Menara Kuala Lumpur

Selain Menara Petronas, Anda juga bisa mengunjungi Menara yang tak kalah populer, yakni Menara Kuala Lumpur yang menyuguhkan pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian dengan sudut pandang 360 derajat. Wah, sungguh menarik bukan?

Bahkan, Menara ini akan tampak lebih indah di malam hari dengan menawarkan keindahan kota Kuala Lumpur yang memukau dengan gemerlap cahaya lampu. Anda pun bisa naik ke atas Menara yang memiliki ketinggian sekitar 420 meter ini dengan membayar RM40.

Di sana, Anda akan menemukan sebuah restoran di puncak Menara yang menyediakan berbagai menu kuliner khas yang enak dan lezat sembari menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

10. Lost World of Tambun

Rekomendasi tempat wisata Malaysia terbaru yang juga bisa Anda tambahkan di wishlist liburan Anda saat di Malaysia adalah Lost World of Tambun. Destinasi wisata satu ini sangat ramah keluarga karena memiliki taman hiburan tematik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Apabila Anda menyukai dunia yang berkaitan dengan sejarah atau ragam jenis satwa, maka bisa mengunjungi Lost World Tin Valley dan Lost World Petting Zoo. Sedangkan bagi Anda yang menyukai aneka ragam wahana, maka Lost World Amusement Park bisa menjadi pilihan.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin liburan dengan petualangan seru, menantang, dan memacu adrenalin, maka bisa menjelajahi Lost World Adventure Park dengan nuansa panorama alam yang memukau.

Bahkan, ketika Anda merasa lelah seharian berkeliling atau mencoba berbagai wahana di tempat ini, Anda pun bisa menutup liburan dengan mengunjungi Lost World Hot Spring and Spa by Night untuk melepas lelah.

Kemudian ke The World of Tambun, Anda perlu membayar harga tiket dengan dua kategori, yakni bagi anak-anak di bawah 12 tahun mulai dari RM83, sedangkan untuk pengunjung dewasa mulai dari RM90.

Ada begitu banyak tempat wisata Malaysia terbaru yang bisa Anda masukan ke wishlist liburan Anda tahun ini. Di antara daftar di atas, manakah yang akan Anda kunjungi lebih dahulu?

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: