Alamat, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Lamaru

Pantai Lamaru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Daya Tariknya

Setiap daerah di Indonesia memang memiliki tempat yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Di daerah Kalimantan Timur, terdapat sebuah destinasi wisata yang ramai dikunjungi yaitu Pantai Lamaru. Saat musim liburan tiba, pantai ini ramai pengunjung yang berasal dari berbagai daerah.

Pada zaman dulu, Lamaru Beach memiliki cerita yang berhubungan dengan masa penjajahan Jepang. Oleh karena itu, di kawasan pantai terdapat peninggalan sejarah berupa makam prajurit yang telah gugur dan tugu. Jadi, pengunjung dapat menikmati wisata alam sekaligus wisata sejarah.

Tidak hanya itu, para nasionalis Jepang juga pernah berkunjung ke Pantai Lamaru pada tahun 2013 lalu. Mereka melakukan pembersihan di area tugu, berdoa, dan meletakkan papan nama pada setiap kuburan. Nah, pantai ini juga memiliki daya tarik yang luar biasa terutama pemandangan alamnya.

Alamat dan Rute Pantai Lamaru

Alamat dan Rute Pantai Lamaru

Lamaru Beach berada di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Lamaru, Balikpapan Timur. Pantai ini memiliki lokasi yang cukup strategis, namun akses jalan tidak terlalu mudah dan cukup melelahkan. Hal inilah yang menjadi kendala beberapa wisatawan yang ingin berkunjung.

Jarak Lamaru Beach dari pusat kota Balikpapan adalah sekitar 24 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil agar lebih nyaman dan tenang. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan bergelombang, becek, dan tidak rata.

Meskipun demikian, jalan masih dapat dilalui setiap harinya. Anda dapat memulai perjalanan dari  pusat kota Balikpapan menuju ke Jalan Iswahyudi, Jalan Sudirman, atau Ring Road. Setelah itu, ikuti jalan menuju Semoga atau Senipa dan tiba di sekitar Bandara Sepinggan.

Dari kawasan bandara, jalan lurus melewati kawasan Angkatan udara. Terakhir, belok ke  arah kanan hingga Anda menemukan gerbang selamat datang di kawasan wisata Lamaru Beach. Perkiraan jarak tempuh perjalanan dari Bandara Sepinggan menuju area pantai adalah 15 km.

Daya Tarik Pantai Lamaru

Daya Tarik

Di Kalimantan Timur, jumlah objek wisata pantai terhitung sangat sedikit. Oleh karena itu, keberadaan Lamaru Beach menjadi hal yang menyenangkan bagi masyarakat sekitar. Apalagi, pantai ini menawarkan keindahan yang luar biasa dan mampu membuat pengunjung terkagum-kagum.

1. Pantai Cukup Landai

Jika dibandingkan dengan sebagian besar pantai lain, Pantai Lamaru tergolong cukup landai. Oleh karena itu, air laut yang ada di bibir pantai cukup dangkal. Para pengunjung pun tidak dapat melakukan olahraga air yang menantang di pantai ini seperti menyelam, berselancar, dan snorkeling.

Di sisi lain, kondisi pantai juga membuat pengunjung aman membawa keluarga, terutama anak-anak. Mereka bisa dengan bebas bermain di atas pasir putih yang selalu terjaga kebersihannya. Meskipun demikian, orang tua tetap harus mengawasi sang anak agar tidak jatuh atau celaka.

2. Ombak Tenang

Selain landai, Lamaru Beach juga memiliki ombak yang tenang. Kondisi ini dapat membuat para pengunjung yang membawa serta anak tidak terlalu khawatir. Anak-anak tetap bisa bermain di pesisir pantai dengan leluasa meskipun tetap harus di bawah pengawasan orang tuanya.

Demi keamanan, umumnya orang tua membawa serta tikar yang ditempatkan sedikit jauh dari air. Hal ini bertujuan agar sang anak tidak bermain terlalu jauh apalagi turun ke dalam air. Selain itu, tikar tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang agar tidak tercecer atau hilang.

3. Bibir Pantai Luas

Lamaru memiliki bibir pantai yang luas sehingga memungkinkan untuk dikunjungi banyak wisatawan. Mereka dapat melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga masing-masing tanpa harus saling mengganggu satu sama lain. Jika ingin beristirahat, dapat memanfaatkan fasilitas seperti gazebo.

Pemandangan yang indah di bibir pantai juga membuat para wisatawan tertarik untuk mengabadikannya. Pantai ini memiliki banyak spot foto menarik yang bisa digunakan, seperti pasir putih, wahana, latar belakang pantai, air yang jernih, dan masih banyak lagi.

4. Deretan Pohon Cemara

Jika pantai biasanya identik dengan pohon kelapa, maka Pantai Lamaru berbeda. Kawasan pantai ini justru ditumbuhi banyak pohon cemara yang berjejer rapi. Keberadaan pohon memberikan keindahan tersendiri sekaligus membuat suasana pantai menjadi lebih teduh dan sejuk.

Dengan begitu, para pengunjung akan lebih lama menikmati waktu liburan yang sangat menyenangkan. Saat matahari terasa terik, mereka dapat memanfaatkan pohon cemara untuk berteduh tanpa harus repot meninggalkan pantai.

5. Sunset yang Indah

Salah satu yang ingin dilihat pengunjung saat ke pantai adalah pemandangan matahari tenggelam (sunset). Di Lamaru Beach, Anda akan dimanjakan dengan sunset yang indah yang bisa dilihat secara langsung maupun dari sela-sela pohon cemara.

Bahkan, banyak pengunjung yang sengaja menunggu matahari terbenam lalu mengabadikannya melalui foto maupun video. Keindahannya membuat Anda ingin berlama-lama di sekitar pantai atau berkunjung kembali. Saat malam tiba, pengunjung dapat menikmati wisata kuliner di sekitar pantai.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Meskipun memiliki daya tarik yang luar biasa, Lamaru Beach menawarkan harga tiket yang mahal, yaitu Rp20.000. Tarif tersebut berlaku untuk anak-anak maupun orang dewasa. Besarnya tarif pantai disebabkan karena pengelola bukan berasal dari pemerintah setempat, melainkan swasta.

Meskipun tarif yang diberlakukan tinggi, namun pengunjung akan merasa puas karena fasilitas yang disediakan lengkap. Lamaru Beach dibuka untuk umum dengan jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 18.00. Jadi, pastikan Anda berkunjung pada jam tersebut agar bisa masuk.

Aktivitas Menarik

Saat berkunjung ke Lamuru Beach, Anda tentu harus merencanakan berbagai aktivitas menarik yang akan dilakukan. Hal ini bertujuan agar pengalaman liburan menjadi lebih menyenangkan. Jika bingung, Anda dapat melihat beberapa referensi kegiatan menarik berikut ini.

1. Bersantai

Bagi sebagian orang, berkunjung ke pantai cukup dilakukan dengan bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan. Anda dapat beristirahat sejenak dari kesibukan yang selalu dilakukan setiap harinya. Nikmati angin yang berhembus dengan sepoi-sepoi dan menciptakan udara yang segar.

Pengunjung tidak perlu menyewa pantai karena deretan pohon cemara dapat menjadi tempat teduh yang bagus. Jadi, Anda bisa duduk atau bahkan berbaring jika membawa tikar atau pengalas dari rumah.

2. Bermain Banana Boat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Lamaru Beach memiliki fasilitas dan wahana yang memadai. Salah satunya dengan menyediakan wahana banana boat. Wahana air ini dapat dicoba bersama teman, pasangan, maupun keluarga untuk menambah pengalaman menarik.

3. Bermain Flying Fox

Bagi anak muda yang ingin mencoba wahana yang cukup menantang dapat bermain flying fox. Wahana ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Jangan khawatir, kawasan wahana aman, terjaga, dan terdapat banyak petugas yang berjaga.

4. Berkeliling Dengan Andong

Berkeliling pantai tidak hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Lamaru Beach menyediakan andong yang dapat disewa untuk mengantar pengunjung berkeliling pantai. Andong banyak digunakan oleh pengunjung karena terlihat menarik dan jarang ada di kawasan wisata lain.

Penutup

Pantai Lamaru merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Kalimantan Timur. Memiliki keindahan yang luar biasa dan wahana yang lengkap menjadi daya tarik utama pantai ini. Namun, akses jalan menuju lokasi wisata tergolong cukup sulit karena jalannya yang tidak rata.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: