Berekreasi ke Jaletreng Riverpark, Pemandangannya Mirip Sungai di Korea

Jeletreng Riverpark Wisata Mirip Korea: Daya Tarik, Lokasi & HTM

Kini telah hadir tempat wisata baru yang mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Tempat ini bernama Jaletreng Riverpark yang sedang viral dan sering dijadikan sebagai area rekreasi bersama keluarga.

Walaupun masih terbilang baru, namun kepopulerannya tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Bahkan fasilitas pendukung yang dibangun juga sudah lengkap dan pengunjung dapat menikmati pemandangan alam di tengah kota.

Alamat dan Lokasi Jaletreng Riverpark

Alamat dan Lokasi Jaletreng Riverpark

Objek rekreasi Jaletreng terletak di kawasan Taman Kota 2, BSD atau lebih tepatnya di Jalan Setapak, Setu, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, sehingga dijadikan tempat melepas penat untuk para pekerja di Jabodetabek.

Akses menuju Jaletreng Riverpark juga sangat mudah dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pengunjung dapat menuju lokasi melalui rute Tol Kunciran ke arah Serpong, jika berangkat dari Jakarta.

Selain itu, lokasinya yang berada di taman kota juga dekat dari banyak pusat keramaian. Tempat wisata ini bahkan tidak jauh dari pemukiman warga Tangerang Selatan. Maka tak heran kalau setiap hari libur selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jaletreng Riverpark

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jaletreng Riverpark Sama seperti kebanyakan objek wisata kota lainnya, tempat ini

Sama seperti kebanyakan objek wisata kota lainnya, tempat ini dibuka setiap hari. Bahkan tidak ada batasan jam operasional. Artinya, taman rekreasi bebas dikunjungi selama 24 jam, mulai dari pagi hingga malam hari.

Meskipun begitu, beberapa fasilitas, seperti wahana dan warung makan baru mulai beroperasi dari pukul 06.00 hingga 18.00. Sementara itu untuk harga tiket masuknya adalah Rp 0 atau gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir dan biaya naik wahana saja.

Biaya parkir yang harus dikeluarkan untuk kendaraan roda empat atau mobil yakni sebesar Rp 5000 saja. Sedangkan bagi pengunjung yang membawa sepeda motor akan dibebankan ongkos parkir sebesar Rp 2.000.

Daya Tarik Jaletreng Riverpark

Indahnya pemandangan sungai dan tata ruang publik yang menawan merupakan daya tarik utama dari taman rekreasi ini. Luasnya mencapai 7,2 hektar dengan panorama alam dan udara sejuk di tengah padatnya kota Tangerang.

Menariknya lagi, pembangunan Jaletreng Riverpark terinspirasi dari salah satu sungai terindah di Seoul, Korea Selatan. Di sisi aliran sungai. Membentang promenade dengan panjang lebih dari 100 meter yang mampu menyuguhkan pemandangan menawan.

Tak hanya itu, terdapat juga dinding dengan lukisan mural yang menjadi pusat perhatian dan unik. Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai latar belakang untuk berswafoto. Ditambah dengan lingkungan sekitarnya yang hijau dan asri.

Aktivitas Seru di Jaletreng Riverpark

Tempat wisata ini terdiri dari beberapa area, yaitu sungai, taman, hutan, danau, serta pusat bermain, dan wahana. Di setiap area tersebut pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga dan teman-teman.

1. Berswafoto di Area Promenade

Salah satu daya tarik yang paling terkenal di Jaletreng Riverpark Tangsel adalah area promenade di tepi sungai. Area ini dibangun menggunakan pagar yang estetik dengan warna mencolok, sehingga sangat estetik.

Biasanya pengunjung menggunakan area promenade sebagai latar belakang berswfoto karena pemandangannya yang unik. Bahkan objek ini menjadi yang paling ramai dan mendapatkan banyak pujian di media sosial.

2. Menikmati Pemandangan Sungai

Tidak dapat dipungkiri bahwa objek utama di taman rekreasi Jaletreng adalah sungai sepanjang 100 meter yang dikelilingi oleh promenade dan pepohonan rindang. Pengunjung biasanya akan berjalan-jalan atau sekedar nongkrong sambil menikmati pemandangan aliran sungai.

Tata ruang pada tempat ini juga sangat rapi yang menarik karena mirip dengan objek wisata di luar negeri. Para pengunjung sering dibuat takjub dengan keindahan Jaletreng Riverpark yang memiliki pemandangan berbeda dari tempat wisata kota lainnya.

3. Jogging dan Berolahraga

Selain bisa menikmati pemandangan sungai yang menakjubkan, pengunjung juga sering menjadikan objek wisata ini sebagai tempat berolahraga, terdapat fasilitas jogging track yang bebas digunakan oleh pengunjung di pagi atau sore hari.

Keberadaan taman di kawasan ini juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi olahraga bersama komunitas atau warga sekitar. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga, seperti senam, zumba, bersepeda, bersepatu roda, dan yoga.

4. Berjalan-jalan di Sekitar Danau

Tak begitu jauh dari sungai, terdapat danau yang menjadi salah satu spot favorit pengunjung. Di danau tersebut, pengunjung dapat menemukan hiasan tanaman yang sengaja dibuat untuk memperindah pemandangan sekitar dan menarik lebih banyak wisatawan.

Ketika berada di sekitar danau, pengunjung dapat menikmati suguhan panorama dan udara yang sejuk. Tidak jarang banyak pengunjung yang datang bersama keluarga melakukan piknik kecil-kecilan dengan menggelar tikar dan makan ramai-ramai di pinggir danau.

Danau di Jaletreng Riverpark BSD merupakan tempat yang paling disukai oleh anak-anak karena di dalamnya terdapat taman dan playground. Meskipun bukan spot utama, namun tempat ini juga termasuk yang paling ramai.

5. Berkeliling di Hutan

Saat menelusuri jogging track di tepi sungai, pengunjung akan dibawa sampai ke area hutan. Lantaran lokasinya tidak terlalu jauh dari taman dan masih terhubung dengan jalur olahraga. Sehingga pengunjung yang sedang berjalan-jalan biasanya akan berakhir di hutan.

Jangan khawatir karena suasana hutan di tempat ini tidak menyeramkan sama sekali. Justru pengunjung bisa menikmati pemandangan pohon-pohon besar berdaun rindang dan udara yang sangat menyejukkan.

6. Bermain Wahana

Taman bermain atau playground merupakan area yang paling ramai dengan anak-anak di Jaletreng Riverpark. Area ini sangat luas dan berada di luar ruangan, sehingga pengunjung dapat bermain sambil dikelilingi tumbuhan hijau.

Terdapat beberapa wahana seru yang sering dimainkan oleh anak-anak. Mulai dari odong-odong, kendaraan ATV, delman, hingga kuda tunggang. Setiap wahana tersebut dijamin aman karena akan diawasi langsung oleh petugas.

Fasilitas di Taman Rekreasi Jaletreng

Meskipun masih termasuk baru, tetapi tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Keberadaan fasilitas tersebut sengaja dibangun dicukupi oleh pengelola demi meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Di setiap sudut area disediakan tempat sampah agar lingkungan sungai tidak kotor dan tercemar. Toilet umum juga tersedia di beberapa area sehingga pengunjung tidak perlu berjalan jauh. Ada juga mushola untuk menjalankan ibadah sholat pengunjung yang beragama muslim.

Ketika lapar, pengunjung tidak perlu khawatir karena terdapat foodcourt dan lapak berjualan makanan lainnya. Bahkan setelah membeli makanan, pengunjung dapat menikmatinya di area taman atau danau bersama keluarga.

Semakin lengkap lagi dengan fasilitas olahraga, berupa jogging track untuk jalan santai dan skatepark bagi yang suka bermain skateboard. Sementara itu, pengunjung yang ingin bersepeda juga bisa menggunakan jalur khusus pesepeda yang dibuat mengelilingi sungai sampai ke area hutan.

Jaletreng Riverpark menjadi salah satu objek wisata paling ramai di wilayah Tangerang Selatan. Pasalnya tak hanya punya pemandangan sungai mempesona, tempat ini juga dilengkapi dengan area dan fasilitas yang dapat meningkatkan kepuasan para wisatawan.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: