Taman Safari Bogor Destinasi Seru untuk Rekreasi Bersama Keluarga

Taman Safari Bogor: HTM Terbaru 2023, Jam Buka & Wahananya

Apakah Anda dan keluarga sedang memiliki rencana untuk rekreasi pekan nanti? Maka, Taman Safari Bogor menjadi destinasi wisata seru yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Pasalnya wisata yang berlokasi di Cisarua ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam atau berinteraksi dengan berbagai jenis satwa saja, melainkan juga menawarkan sejumlah atraksi yang unik, seru, dan pastinya mampu menghibur para pengunjungnya.

Seperti apa sih keseruan di tempat wisata satu ini? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut kami berikan penjelasannya secara lengkap mulai dari wahana, fasilitas, hingga harga tiket masuk dan informasi jam operasionalnya! So, check this out!

Mengenal Taman Safari Bogor

Mengenal Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor merupakan tempat wisata keluarga bertemakan lingkungan dengan orientasi pada satwa di alam liar.

Taman yang dibangun pada tahun 1980 ini berlokasi di Cisarua, Bogor, Indonesia, dengan luas area sekitar 170 hektar, dan merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Indonesia.

Selain itu, destinasi wisata ini juga menawarkan pengalaman unik dan seru bagi para pengunjungnya, terutama bagi pecinta satwa dan alam. Di sini, pengunjung dapat menjelajahi berbagai jenis satwa dari seluruh dunia, mulai dari harimau, singa, jerapah, zebra, hingga komodo.

Selain itu, pengunjung juga dapat menaiki mobil safari untuk berkeliling melihat satwa liar dalam habitat aslinya, atau berinteraksi langsung dengan satwa-satwa jinak seperti burung dan kuda.

Taman Safari Bogor tidak hanya menawarkan hiburan semata, tetapi juga menyajikan sejumlah program edukasi dan konservasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan keberlangsungan satwa.

Dimana program-program tersebut mencakup berbagai kegiatan seperti pameran satwa, pertunjukan satwa, pengembangbiakan, hingga pengelolaan satwa liar. Maka tak heran jika tempat ini hampir tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Wahana di Taman Safari Bogor

Wahana di Taman Safari Bogor

Di taman safari, Anda pun tidak hanya akan menemui berbagai jenis satwa saja, namun bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan mencoba wahana menarik lainnya seperti:

1. Safari Journey

Hal yang pasti Anda lakukan saat berwisata ke Taman Safari adalah menjelajahi area satwa dengan berkeliling menggunakan mobil pribadi ataupun bus dalam Safari Journey selama 45 menit.

Anda pun bisa memberi makan beberapa hewan yang mendekat, namun perlu diingat bahwa hanya hewan herbivora saja yang diperbolehkan untuk diberi makan. Sementara itu, Anda tidak diperkenankan membuka kaca mobil saat memasuki area hewan karnivora.

Anda bisa melakukan Safari Journey pada jam operasional, yakni di hari senin-jumat pada pukul 09.00-17.00 WIB, sedangkan untuk hari sabtu dan minggu pada pukul 08.30-17.00 WIB.

2. Safari Malam

Apakah Anda pernah merasa penasaran dengan aktivitas satwa liar di malam hari? Jika iya, maka Safari Malam perlu Anda coba untuk menjelajahi kehidupan malam satwa liar dengan menggunakan kereta wisata yang telah disediakan.

Anda pun tak perlu khawatir terkait dengan keamanan, sebab terdapat pemandu yang siap membimbing dan menemani Anda untuk menikmati perjalanan di sekitar taman pada malam hari.

3. Safari Trek & Outbound

Wahana seru selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Safari Trek & Outbound yang tersedia setiap hari dengan reservasi minimal 25 orang.

Bersama dengan pemandu professional, Anda akan diajak menjelajahi hutan Gunung Gede Pangrango sejauh 3-9 km perjalanan serta menyisiri air terjun dan sungai yang terdapat di dalamnya.

Tak hanya itu saja, Anda pun juga dapat mencoba wahana outbound yang tersedia, seperti flying fox dan rope climbing. Termasuk juga mengunjungi Safari Poo Paper & Composting.

4. Istana Panda

Bagi Anda pecinta panda yang lucu dan menggemaskan, maka Istana Panda adalah wahana yang wajib untuk dicoba. Di sini, Anda akan melihat banyak panda dan bahkan bisa berinteraksi dengan mereka.

Istana Panda buka setiap hari dengan jam operasional yang berbeda, yakni senin-jumat pada pukul 09.00-17.00 WIB dan sabtu-minggu pada pukul 08.30-17.00 WIB.

5. Waterpark

Tak hanya menyediakan berbagai wahana satwa liar saja, Anda juga bisa merasakan keseruan bermain air di Waterpark lho! Anda bisa menikmati berbagai macam wahana air yang seru dan menyenangkan, seperti Spiral Water Slide, Lazy River, Kiddy Pool, dan masih banyak lagi lainnya.

Tertarik untuk mencoba wahana satu ini? Silakan kunjungi pada jam operasional yakni senin-jumat pada pukul 09.00-17.00 WIB dan sabtu-minggu pada 08.30-17.00 WIB.

6. Amusement Ride

Tak lengkap rasanya jika berwisata di Taman Safari namun tak mencoba wahana yang seru dan menguji adrenalin, Amusement Ride.

Terdapat sejumlah pilihan wahana menarik yang bisa Anda coba, mulai dari Speedway, Lolly Swing, Poni Rodeo, Kincir Raksasa, Crazy Plane, Mandi Bola, Foam Ball, Sepeda Air, Sepeda Layang, Ventura River, hingga Bom-bom Car.

Termasuk juga Flume Ride, Space Shuttle, Climbing Car, Cartoon Train, Angsa Terbang, Gajah Terbang, Bumber Boat, Spinning Boat, Jet Boat, hingga Kevil Hill (Rumah Hantu 3D).

7. Animals Area

Diketahui, Taman Safari telah memelihara lebih dari 2.500 jenis satwa dari berbagai belahan dunia dengan kondisi lingkungan yang menyerupai habitat aslinya. Maka, saat Anda berkunjung ke tempat ini, jangan lupa juga untuk mendatangi animals area yang menarik seperti:

Baby Zoo

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman lebih dekat dengan satwa melalui interaksi langsung, maka Baby Zoo bisa menjadi pilihan.

Di tempat ini, Anda dapat bertemu, berinteraksi, maupun berfoto bersama orang utan, bayi kanguru, singa putih, hingga kucing besar yang sangat eksotik. Para satwa tersebut terlihat lucu dan menggemaskan karena masih dalam proses pertumbuhan.

Bird Aviary

Mau lihat koleksi burung dari berbagai penjuru dunia? Bisa banget! Karena Taman Safari berhasil memelihara 350 ekor burung dari 50 spesies yang berbeda. Agar dapat mengunjungi tempat ini dengan maksimal, sebaiknya datang saat pagi hari ketika burung-burung lapar dan siap untuk makan.

Komodo Island

Kini, Anda tidak perlu lagi bepergian jauh ke Nusa Tenggara Timur (NTT) hanya untuk melihat komodo, hewan purba yang hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo.

Sebab, di Taman Safari Bogor, Anda juga bisa melihat komodo dan mempelajari perilaku serta kehidupan mereka di habitat aslinya melalui display yang tersedia.

Penguin House

Melihat penguin yang imut dan lucu tentu sangat mengasyikkan bukan? Kini Anda bisa melihat pertunjukkan atau atraksi pinguin dan bahkan memberi makan mereka untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Reptile Tunnel

Apakah Anda menyukai hal-hal yang penuh tantangan? Siap-siap ya untuk menyaksikan segala jenis reptil yang eksotis dan satwa-satwa nokturnal di dalam sebuah terowongan dengan minim cahaya.

Tentu hal ini cukup memacu adrenalin bukan? Namun pastinya bisa memberikan kesan dan pengalaman liburan yang seru dan menegangkan.

Primate Center

Terakhir, Anda juga akan dikenalkan dengan ragam satwa primata yang bikin takjub. Di sini Anda akan menemui jenis primata seperti monyet, kera, dan orangutan yang ditempatkan dalam habitat yang menyerupai alam liar mereka.

Anda pun dapat melihat kegiatan primata dalam kehidupan sehari-hari sekaligus mempelajari lebih lanjut tentang spesies primata yang ada di seluruh dunia.

Atraksi Satwa di Taman Safari Bogor

Tak hanya dapat melihat dan berinteraksi dengan satwa, Anda pun juga akan disuguhkan dengan berbagai pertunjukan atraksi satwa (Animal show) yang seru dan menghibur. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Elephants Show

Edukasi satwa satu ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat dengan satwa gajah, termasuk aktivitas dan kehidupan gajah di habitatnya. Bahkan, para pengunjung juga akan diajak untuk mencintai dan melestarikan habitat gajah agar tidak punah.

  • Waktu Pertunjukkan: 11.30-14.30 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Safari Kuning

2. Safari Theatre

Tak kalah seru dari Elephant Show, Anda juga bisa menyaksikan Safari Theater selama kurang lebih 30 menit dengan berbagai macam pertunjukkan, seperti tarian api, lawakan, sulap, akrobatik, dan atraksi menakjubkan lainnya dari Oriental Circus.

  • Waktu Pertunjukkan: 11.30-15.30 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Safari Theater

3. Various Animal

Selanjutnya, Various Animal Show menampilkan berbagai macam satwa liar dari seluruh dunia seperti beruang, harimau, macan tutul, kuda nil, dan lain sebagainya. Anda bisa duduk manis dan melihat keahlian satwa dalam menampilkan berbagai gerakan yang menggemaskan di atas panggung.

  • Waktu Pertunjukkan: 11.00-15.00 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Panggung Terbuka

4. Tiger Show

Tak hanya itu saja, Anda bahkan juga akan dibuat takjub oleh aksi sang Raja Rimba yang menampilkan keahliannya untuk melakukan berbagai gerakan seperti melompat, meluncur, dan sebagainya.

  • Waktu Pertunjukkan: 13.30-16.00 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Panggung Raja Rimba

5. Sea Lion

Tak kalah seru juga dengan aksi satwa lainnya, Singa laut ternyata juga memiliki keahlian yang mampu memukau para penonton lho! Mereka bisa menari dengan iringan lagu maupun menampilkan atraksi menarik lainnya.

  • Waktu Pertunjukkan: 14.00-16.00 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Sea Lion

6. Birds of Prey

Birds of Prey merupakan sejenis atraksi yang menampilkan berbagai macam burung pemangsa seperti elang, burung hantu, dan lain-lain. Anda pun dapat melihat keindahan burung-burung tersebut dalam penerbangan dan aksi menangkap mangsa.

  • Waktu Pertunjukkan: 13.30-15.30 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Lapangan Burung Pemangsa

7. Dolphins Show

Anda pasti akan berdecak kagum melihat kecerdasan si lumba-lumba yang menampilkan kelihaiannya dalam melompat maupun melakukan Gerakan-gerakan indah di dalam air. Selain itu, Anda juga dapat melihat aksi interaksi antara pelatih dan lumba-lumba dalam melaksanakan berbagai perintah.

  • Waktu Pertunjukkan: 11.00-15.00 WIB (Setiap Hari)
  • Tempat: Dolphin

8. Cowboy Show

Atraksi ini menampilkan aksi petualangan koboi dalam mengejar dan menangkap sekelompok bandit yang merusak sebuah kota. Anda akan disuguhkan dengan atraksi seru yang didukung dengan latar musik dan kostum yang khas dari era koboi.

  • Waktu Pertunjukkan: 16.00 WIB (Weekday) 14.00-16.00 WIB (Weekend)
  • Tempat: Panggung Cowboy

9. Globe of Death

Mau melihat aksi yang menghibur sekaligus menegangkan? Maka Globe of Death bisa menjadi pilihan. Anda akan disuguhkan dengan menampilan lima pengendara yang memiliki ketangkasan dalam mengendarai sepeda motor dalam sebuah globe.

  • Waktu Pertunjukkan: 13.30-15.30 (Setiap Hari)
  • Tempat: Globe of Death

Fasilitas di Taman Safari Bogor

Selain menyuguhkan wahana yang beragam, Taman Safari juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para pengunjungnya. Mulai dari area parkir yang luas, information center, auditorium, rest area, termasuk toilet, dan mushola.

Bahkan tempat ini juga menyediakan transportasi gratis seperti kereta mini dan bus untuk mengelilingi Taman Safari. Bahkan, tempat ini juga menyediakan jasa foto profesional bagi pengunjung yang ingin berswafoto dengan satwa.

Selain itu, Anda juga bisa singgah di zona bebas satwa yang menyediakan sejumlah restoran dan kafe untuk mencoba berbagai macam kuliner yang enak dan lezat. Anda bahkan bisa membeli cinderamata unik dan lucu di outlet souvenir yang tersedia.

Sementara itu, tempat ini juga menyediakan bungalow dengan desain kayu yang unik beserta fasilitas lengkap khusus untuk Anda yang ingin menginap.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor 2023

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Taman Safari Bogor, berikut kami berikan informasi mengenai harga tiket, baik untuk safari siang maupun safari malam. Dimana harga tiket masuk dibedakan menjadi dua kategori, yaitu untuk anak-anak dan dewasa.

Harga Tiket Masuk Taman Safari di Loket
Jenis TiketWeekdayWeekend
Tiket Masuk Anak Domestik 1-5 TahunRp 200.000Rp 225.000
Tiket Masuk Dewasa Domestik > 6 TahunRp 230.000Rp 255.000
Harga Tiket Masuk Taman Safari via Website Resmi Taman Safari
Jenis TiketWeekdayWeekend
Tiket Masuk Anak Domestik 1-5 TahunRp 195.000Rp 215.000
Tiket Masuk Dewasa Domestik > 6 TahunRp 225.000Rp 245.000

Catatan:

  • Pembelian tiket masuk bisa melalui website resmi Taman Safari maupun langsung di loket.
  • Taman Safari dapat dikunjungi oleh semua usia.
  • Bus safari tersedia gratis bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi.
  • Harga tiket masuk sudah termasuk akses ke beberapa wahana seperti Safari Journey, 9 presentasi edukasi satwa, 20 wahana permainan, Istana Panda, baby zoo, kubah burung, Lorong Reptil, Kampung Papua, Humboldt Penguin, Pusat Primata,  dan Komodo Dragon Island.

Rute Menuju Taman Safari Bogor

Taman Safari di Bogor memiliki akses yang mudah dijangkau dari berbagai wilayah. Apabila Anda berasal dari Jakarta, bisa menggunakan bus jurusan Bandung-Puncak, lalu turun di pertigaan Taman Safari Indonesia dan naik angkot TSI selama kurang lebih 10 menit.

Namun, jika Anda menggunakan KRL dari luar daerah, Anda bisa mengambil jurusan Stasiun Bogor, lalu ganti dengan angkot hijau 02 menuju Sukasari, baru kemudian naik angkot biru 03 dengan jurusan Cisarua.

Setelah itu, turun di pertigaan Taman Safari Indonesia, lalu naik angkot menuju lokasi. Atau jika Anda sampai di Sukasari, bisa juga naik angkot 03 dan turun di Baranangsiang. Setelah itu, ganti kendaraan ke shuttle bus L300 yang menuju Puncak, dan naik angkot selama sekitar 10 menit sampai ke lokasi.

Sementara itu, bagi Anda yang datang dari Bandung, dapat menggunakan rute yang sama dengan KRL jurusan Stasiun Bogor. Selain itu, bisa juga menaiki bus jurusan Jakarta-Puncak dan turun di pertigaan TSI, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkot.

Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mencapai Taman Safari Bogor dari berbagai wilayah yang Anda tempati.

Lokasi dan Jam Buka Taman Safari Bogor

Jam Operasional:

  • Senin-Jumat: 09.00-17.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 08.30-17.00 WIB

Lokasi Taman Safari Indonesia berada di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Desa Cibeureum, Kec Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: