Nonton-Film-dengan-Suasana-Alam-di-Taman-Film-Kota-Bandung

Taman Film di Bandung – Ini Lokasi, Fasilitas dan Daya Tariknya

Sesuai dengan namanya, Taman Film adalah tempat wisata yang didedikasikan untuk pertunjukan film dan karya seni yang berhubungan dengan perfilman. Tempat wisata ini sangat unik, karena mengkombinasikan alam yang hijau dengan aktivitas menonton film.

Taman ini sudah diresmikan sejak tahun 2014, tepatnya pada 14 September 2014. Tempat wisata ini sudah menarik banyak minat wisatawan, baik untuk wisatawan lokal yang merupakan warga Bandung, maupun dari luar kota yang ingin melihat keunikan film ini.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini, tentu saja Anda harus mencari tahu lebih banyak soal lokasi, harga tiket masuknya dan berbagai informasi lainnya. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tempat wisata satu ini.

Tentang Taman Film

Daya-Tarik-Taman-Film

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya tempat wisata ini tidak lagi terbilang sebagai tempat wisata baru. Malah sudah berjalan lebih dari 5 tahun, konsep unik yang ditawarkan oleh taman ini membuat banyak orang tertarik.

Bentuk taman sengaja dibentuk seperti teater dengan panggung bundar dan tempat duduk yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Pada bagian depan, terdapat layar lebar yang terbuat dari permukaan batu granit. Pada layar tersebut, film diputar dan bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

Sebenarnya, taman satu ini tidak terlalu luas apalagi jika dibandingkan dengan taman wisata di Bandung yang lain. Luasnya hanya 1300 meter persegi saja dengan kapasitas maksimal pengunjungnya 500 orang.

Area theater dilapisi dengan rumput sintetis, hal ini memang menimbulkan kesan tidak natural. Namun, rumput sintetis dipilih agar kebersihan mudah dijaga di taman ini.

Rute dan Alamat Menuju Taman

Alamat Taman Film tepatnya berada di Jalan Layang Pasupati yang berada di Bandung Wetan. Anda bisa datang ke taman ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tinggal mengikuti jalan utama menuju Alun-Alun Bandung, kemudian agak belok menuju Jalan Layang Pasupati.

Kurang dari 13 menit, Anda akan sampai di taman ini. Jika tidak ada kendaraan pribadi, jangan khawatir karena tempat wisata ini bisa dicapai dengan kendaraan umum. Anda bisa naik Trans Bandung dengan jurusan Cisitu – Tegalega dan berhenti di TFB tepat di pintu masuknya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Taman ini sendiri buka selama 24 jam dan tidak ditutup. Namun, jika Anda datang dengan tujuan menonton film dan nonton bareng. Maka, ada jam-jam tertentu di mana film diputar.

Biasanya, film akan diputar pada jam setengah 7 malam sampai jam 9 malam di hari Senin sampai dengan hari Jumat. Sedangkan bagi Anda yang datang di hari Minggu, lebih baik untuk datang di jam 5 sore sampai dengan jam 10 malam.

Fasilitas yang Disediakan

Rute-dan-Alamat-Menuju-Taman

Tempat wisata gratis apalagi buka selama 24 jam identik dengan fasilitas yang minim dan kurang nyaman. Namun, anggapan ini kurang tepat bagi taman ini, karena fasilitas di sekitar taman sudah cukup memadai untuk bersantai sambil menonton film. Berikut berbagai fasilitas yang bisa dinikmati:

  • Ruang terbuka yang nyaman untuk menonton film.
  • Toilet di setiap sudut taman yang mudah diakses.
  • Kantin dan penjual makanan di sekitar taman.
  • Taman bermain untuk anak kecil.
  • Area parkir.
  • Pemutaran film secara sintetis.
  • Akses WiFi yang gratis di setiap sudut taman.

Dengan berbagai fasilitas di atas, tempat wisata ini cukup ideal sebagai tujuan wisata singkat. Mungkin juga bisa menjadi pilihan bagus untuk menghabiskan hari libur pendek bersama keluarga.

Daya Tarik Taman Film

Sebagai tempat wisata dengan konsep yang unik, tidak heran jika tempat ini memiliki daya tariknya tersendiri. Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang yang datang dan penasaran tentang taman satu ini. Berikut adalah berbagai daya tarik dari lokasi wisata taman di Bandung ini :

1. Area nonton yang Hijau dan Nyaman

Area terbuka di taman ini memang menggunakan rumput sintetis, namun hal ini yang membuat area nonton menjadi lebih nyaman. Karena rumput sintetis yang lembut bisa menjadi area nonton yang nyaman dan warnanya menyegarkan mata.

Tekstur rumput sintetis di sini tidak jauh berbeda dengan rumput asli. Jika tidak tahu sebelumnya, Anda mungkin akan mengira bahwa rumput di area taman ini merupakan rumput asli. Areanya luas, Anda bisa memilih menonton film sambil duduk atau rebahan santai di area terbuka.

2. Kuliner yang Lengkap dan Khas

Tidak lengkap rasanya menonton film di layar lebar jika tidak dilengkapi dengan camilan. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan food court bahkan ada juga warung-warung dan penjual makanan di sekitar taman yang bisa menjadi pilihan Anda.

Anda pun bisa menemukan beragam kuliner mulai dari yang kekinian sampai kuliner yang khas. Anda pun tidak akan kesepian dan bisa menonton film dengan tenang dan kenyang. Tenang saja, karena harga makanan di tempat wisata ini dijamin terjangkau.

3. Nonton Film Secara Gratis

Daya tarik utama Taman Film tentu saja kesempatan untuk nonton film gratis. Film yang diputar pun bukan film sembarangan. Bahkan, tidak jarang film keluaran terbaru di putar di tempat wisata ini dan bisa dinikmati oleh pengunjung secara cuma-cuma.

Pada event tertentu, Anda bisa menonton film karya sineas muda Indonesia yang diputar di taman ini. Karena teman ini memang menjadi ajang bagi sineas muda Bandung untuk memamerkan karyanya dalam berbagai acara dan festival film.

4. Ikuti Event Nonton Bareng

Jika hanya datang dan nonton film rasanya pasti membosankan. Karena itu, Anda bisa datang ke Taman Film dan mengikuti berbagai event film di taman tersebut. Anda bisa menonton berbagai film baru karya sineas muda Bandung bersama teman-teman dari komunitas perfilman.

Tidak hanya menikmati film baru, Anda juga bisa memperluas pergaulan Anda dan pengetahuan Anda mengenai dunia perfilman indie. Anda tidak akan merasa kesepian karena nonton sendirian, karena Anda bisa mendapatkan teman baru di berbagai event yang diadakan.

5. Tempat Bermain Khusus Anak

Di tempat wisata seperti ini, biasanya kebutuhan anak-anak sering terabaikan. Namun, tenang saja karena di taman ini terdapat tempat bermain khusus anak-anak. Spot ini sangat ideal untuk keluarga yang membawa anak kecil.

Bahkan, tidak jarang di area anak-anak akan diadakan berbagai acara yang menyenangkan untuk anak-anak. Mulai dari bermain bersama, menggambar bersama, sampai perlombaan dengan hadiah-hadiah kecil.

Pada area ini seringkali diadakan kegiatan belajar santai yang dilakukan oleh komunitas Taman Film Bandung. Jadi, anak-anak tidak akan bosan apalagi minta pulang jika mengunjungi tempat wisata ini.

Sangat menarik sekali kan Taman Film sebagai tempat wisata. Jika Anda mencari tempat wisata dengan konsep yang unik namun tidak terlalu jauh dan bisa menjadi tempat untuk berlibur singkat, tempat wisata taman satu ini bisa menjadi pilihan yang paling ideal dan menarik.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: