Kenali Prospek Kerja Jurusan Hukum yang Paling Menjanjikan

Vantage.id – Jurusan hukum menjadi salah satu jurusan yang paling diminati sejak dulu, karena lulusan hukum terkenal akan menjadi seorang pengacara, namun sebenarnya masih banyak sekali prospek kerja dari jurusan hukum lainnya yang juga menjanjikan loh.

Pengacara hanya salah satu profesi yang akan diraih oleh para Sarjana Hukum, namun memang menjadi pengacara termasuk salah satu cita-cita hampir seluruh Sarjana Hukum. Memasuki dunia perkuliahan apalagi jurusan hukum pastilah ada tugas berat yang harus kita emban.

Ujung tombak keadilan terletak dari apa yang kita pelajari selama kuliah. Maka dari itu semua lulusan dari jurusan hukum banyak yang menghafal pasal serta memahami suatu permasalahan tidak hanya dari satu sisi saja.

Mahasiswa dari jurusan hukum terkenal sangat kritis dan mendetail mengingat bagaimana nantinya ilmu yang mereka pelajari itu menjadi sangat penting apabila telah lulus dan diterapkan dalam dunia luar. Tidak hanya itu saja, hukum juga memperlajari mengenai sistem dan aturan, jadi bukan hanya tentang pasal saja loh.

Daftar Isi Artikel

Inilah Prospek Kerja Jurusan Hukum Paling Menjanjikan

prospek kerja jurusan hukum

Seperti yang kita tau, jurusan hukum yang banyak melahirkan alumni ahli hukum ini tidak hanya bisa menjadi pengacara saja loh! Berikut daftar pekerjaan lain dari Jurusan Hukum selain pengacara.

Jaksa

Jaksa ialah salah satu pekerjaan yang juga banyak digandrungi para sarjana hukum. Jaksa merupakan Aparatur Sipil Negara atau pegawai pemerintah di bawah naungan hukum yang bertugas untuk menyampaikan dakwaan kepada terduga pelanggar hukum.

Jaksa telah diberi wewenang oleh Undang-Undang untuk bertindak sebagai penuntut umum serta melaksanakan putusan pengadilan, namun tetap diatur oleh Undang-Undang. Kejaksaan juga dipimpin langsung oleh Jaksa Agung yang dipilih langsung oleh Presiden.

Hakim

hakim

Pernah ada istilah bahwa Hakim adalah perpanjangan tangan Tuhan dalam Dunia hukum itu benar adanya. Setiap putusan yang diikuti oleh pukulan palu oleh hakim merupakan keputusan mutlak dan seadil-adilnya.

Berprofesi sebagai hakim menjadi salah satu pekerjaan dengan tanggung jawab yang cukup berat karena kita harus mengedepankan Nurani sebagai manusia, namun juga tidak boleh menutup mata atas apa yang terjadi dan telah diatur oleh Undang-Undang.

Hakim merupakan pejabat umum yang diamanahi wewenang untuk memutuskan segala perkara yang ditujukan ke Pengadilan dan Mahkamah dengan seadil-adilnya. Hakim juga harus melakukan pemeriksaan saksi, penyajian bukti serta pembuktian.

Karena hakim adalah seorang pejabat yang telah ditunjuk dalam Undang-Undang untuk memimpin sebuah persidangan, maka berdasarkan semua pemeriksaan serta bukti-bukti yang ada dan memperoleh keputusan, bagaimanapun itu keputusan hakim adalah mutlak. Namun apabila keberatan, kita juga bisa mengajukan banding ya!

Notaris

notaris

Selanjutnya ada Notaris. Berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 2 tahun 2014 tentang jabatan notaris, notaris merupakan pejabat yang memiliki kewenangan untuk membuat akta otentik serta kewenangan lainnya yang telah diatur dalam Undang-Undang.

Namun, setelah memiliki gelar Sarjana Hukum, kita harus melanjutkan Pendidikan ke jenjang S2 dengan mengambil Jurusan Kenotariatan untuk bisa menjadi seorang Notaris. Setelah lulus, nantinya kita harus melewati berbagai ujian serta magang untuk dapat menjadi notaris.

Nantinya seorang notaris juga bisa membuka praktek sendiri. Menjadi notaris berbeda dengan profesi dalam bidang hukum lainnya karena tidak hadir dalam persidangan atau banyak berargumen, namun kita sebagai pejabat yang mengeluarkan serta mengesahkan sebuah akta yang otentik.

Legal Officer

Siapa bilang kalau Sarjana Hukum tidak bisa bekerja di Kantor atau Perusahaan? Legal Officer salah satunya! Staf legal bertugas untuk mengatasi persoalan-persoalan hukum, serta kepengurusan berbagai berkas seperti surat perjanjian, dokumen asset, perjanjian kontrak kerja dan lainnya.

Seorang staf hukum juga bisa bekerja di mana saja yang membutuhkan staf hukum karena setiap Kantor, Perusahaan, Bank hingga Rumah Sakit membutuhkan seorang staf hukum untuk bisa mengurus segala kegiatan Perusahaan berdasarkan Undang-Undang serta hukum yang berlaku di Indonesia agar kegiatan berjalan berdasarkan hukum.

Itulah dia beberapa prospek kerja jurusan hukum yang nantinya bisa dijalani oleh para Sarjana Hukum, selain terkenal sangat keren, pekerjaan di atas juga terkenal dengan penghasilan yang tinggi loh!

Jadi, pekerjaan mana nih yang paling cocok untuk kalian?

Baca Juga: