Kalender Jawa 2 Juli 2023 Lengkap dengan Weton dan Hari Baik

Vantage.id – Masyarakat Indonesia masih kerap menggunakan kalender Jawa. Terlebih masyarakat di daerah Jawa yang masih kental akan adat istiadat. Kali ini akan membahas terkait kalender Jawa 2 Juli 2023 yang jatuh pada hari Minggu, lengkap dengan Weton dan hari baik.

Kalender Jawa dilengkapi dengan perhitungan weton, hari pasaran. Penanggalan Jawa atau kalender Jawa dikenal di era Kesultanan Mataram, Jawa. Keistimewaan dari kalender Jawa yakni memadukan sistem penanggalan Hindu, penanggalan Islam, dan penanggalan Juli dari tradisi Barat.

Kalender Jawa memakai dua siklus hari yakni siklus minggun yang terdiri dari tujuh hari, yakni Ahad, Senin, Kamis, Rabu, Sabtu, Jumat. Dan ada siklus pekan terdiri dari lima pasaran yakni Paging, Legi, Wage, Pon, dan Kliwon.

Istilah weton di dalam kalender Jawa merujuk kepada jumlah nilai antara hari lahir dan pasaran Jawa. Contohnya yakni Minggu Wage, Sabtu Pon, dan lainnya. Vantage.id akan membahas kalender Jawa Juli 2023 untuk tanggal 2 dan 1.

Daftar Isi Artikel

Kalender Jawa 2 Juli 2023 Lengkap dengan Weton

kalender jawa juli 2023 2

Berdasarkan dari perhitungan primbon, untuk kalender Jawa 2 Juli 2023 pada Minggu ini jatuh di pasaran Wage. Weton 2 Juli 2023 yaitu Minggu Wage, dalam penanggalan Jawa masuk pada 13 Besar 1956. Dilansir dari berbagai sumber, kalender Jawa 2 Juli 2023 dengan weton Minggu Wage memiliki beberapa keistimewaan jika dilihat dari perhitungan neptunya.

Berikut adalah perhitungan primbon Jawa untuk keistimewaan kalender Jawa 2 Juli 2023 weton Minggu Wage:

  • Weton Minggu Wage merupakan salah satu dari 35 weton yang memiliki keistimewaan tersendiri di dalam kalender Jawa.
  • Berdasarkan Primbon Jawa, seseorang dengan weton Minggu Wage mempunyai keistimewaan yakni dilimpahi rezeki, jiwa petualang, dan keras dalam bekerja.
  • Watak seseorang dengan weton Minggu Wage dikenal mempunyai karakter yang cenderung penurut, lembut, dan hampir tak pernah terlihat marah.
  • Orang yang lahir di weton Minggu Wage dipercaya mempunyai kemampuan mampu menyerap ilmu dan mudah belajar dengan cepat.
  • Dilansir dari situs budayajawa.id, orang dengan weton Minggu Wage relative membanggakan, baik itelektual dan emosionalnya.
  • Weton Minggu Wage memiliki neptu yakni 5. Neptu merupakan angka yang menunjukkan hari keberuntungan seseorang di dalam weton.
  • Hari keberuntungan untuk orang dengan weton Minggu Wage yakni hari Jumat.
  • Orang dengan weton Minggu Wage di dalam kehidupan sehari-hari, cocok untuk berbagai jenis pekerjaan, di antaranya penulis, pengusaha, pekerja di bidang kreatif, dan seniman.
  • Weton Minggu Wage secara keseluruhan mempunyai keistimewaan yang bisa membawa keberuntungan di dalam berbagai aspek kehidupan, seperti cinta, karier, dan arah rezeki. Akan tetapi, keberuntungan itu tak datang begitu saja tanpa kerja keras dan usaha.

Kalender Jawa 1 Juli 2023

kalender jawa 1 juli 2023

Dalam kalender Jawa 1 Juli 2023 yang jatuh pada Sabtu, bertemu dengan pasaran Pon. Penanggalan Jawa pada 1 Juli 2023 adalah 12 Besar 1956 yakni berada di Tahun Ehe, Wuku Gumbreg, dan Windu Sancaya. Weton 1 Juli 2023 yaitu Sabtu Pon. Dilansir dari berbagai sumber, kalender Jawa 1 Juli 2023 dengan weton Sabtu Pon memiliki beberapa keistimewaan jika dilihat dari perhitungan neptunya.

Berikut adalah perhitungan primbon Jawa untuk keistimewaan weton Sabtu Pon:

  • Orang dengan weton Sabtu Pon mempunyai neptu 16.
  • Pemilik weton Sabtu Pon perangainya teliti dan baik hati. Namun, cenderung boros, keras, memperlihatkan kekayaan, suka kemewahan, dan kepandaiannya.
  • Pangarasan Sabtu Pon yakni Lakuning Banyu, yakni orang yang tenang dan selalu mengalir ke tempat yang rendah. Pasalnya, weton ini tahu persis di mana akan mempunyai perencanaan yang matang dan mendapatkan rezekinya.
  • Pancasuda weton ini adalah Wasesa Segara. Yang dimaknai bahwa watak positifnya seperti lautan, yaitu amot ujar ala becik. Yang artinya adalah jika disanjung tak sombong, jika dicaci tak benci.
  • Orang dengan weton ini sifatnya pemaaf, pemurah, berwawasan luas, berwibawa, dan bertanggung jawab yang mendominasinya.
  • Watak weton Sabtu Pon yakni jika berbicara tidak diulang-ulang dan tepat, Ikhlas tidak ditutup-tutupi.

Demikian penjelasan mengenai kalender Jawa Juli 2023 lengkap dengan weton dan hari baik, untuk tanggal 1 dan 2 Juli 2023. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya.

Baca Juga: