blue moon

Doa Melihat Blue Moon 31 Agustus 2023: Arab, Latin, dan Arti

Vantage.id – Masyarakat Indonesia akan menyaksikan fenomena Blue Moon di Agustus 2023 ini. Fenomena Blue Moon 2023 ini akan terjadi pada tanggal 30 hingga 31 Agustus 2023. Umat Islam di seluruh dunia dianjurkan untuk membaca doa melihat Blue Moon atau bulan purnama.

Fenomena Blue Moon ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada 31 Agustus 2023. Terdapat jadwal jam berapa Blue Moon bisa di lihat di Indonesia. Sementara, dilansir dari laman resmi NASA, fenomena Blue Moon ini terjadi pada 30 Agustus 2023 malam pukul 21.36 EDT atau waktu Amerika Serikat.

Blue Moon menjadi salah satu fenomena bentuk kebesaran Allah SWT yang patut untuk dikagumi oleh para umat muslim di dunia. Fenomena luar biasa ini tentunya membuat umat muslim yang melihat merasa bersyuku dan takjub dengan kuasa Allah SWT.

Jika menyaksikan fenomena ini, jangan lupa untuk membaca doa melihat Blue Moon atau bulan purnama yang telah diperintahkan oleh Al-Qur’an. Bacaan doa tersebut berisikan pujian-pujian kepada Allah SWT, yang telah menciptakan alam semesta dengan sempurna.

Bagi yang belum mengetahui bacaan doanya, bisa menyimak doa melihat Blue Moon atau bulan purnama lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Mengenal Apa Itu Fenomena Blue Moon yang Terjadi di Akhir Agustus 2023

fenomena blue moon

Fenomena Blue Moon muncul sekitar satu kali dalam dua setengah tahun. Istilah Blue Moon ini sama dengan Supermoon, yang sebenarnya tak mempunyai dasar di dalam terminology astronomi. Sedangan, istilah Supermoon merujuk ketika bulan purnama bersamaan dengan perigee, yakni titik di dalam orbit bulan yang jaraknya sangat dekat dengan bumi.

Saat momen tersebut terjadi, maka bulan akan terlihat lebih besar dan terang. Meski biasanya hal ini tak mudah terlihat oleh pengamat biasa. Apa penyebabnya? Lantaran bentuk orbit bulan tak sempurna. Jarak rata-rata antara bumi dan bulan yakni 384.400 kilometer atau 238.855 mil. Di mana dalam kasus tersebut, jaraknya menjadi lebih dekat yakni 357.181 kilometer atau 221.942 mil.

Meski banyak orang menggunakan istilah Supermoon, jarak bulan yang sangat dekat dengan bumi ternyata bisa terjadi kapan saja. Namun perbedaannya bisa terlihat lebih signifikan saat terjadi di fase purnama. Di fenomena Blue Moon kali ini, sesuai dengan informasi yang diberikan NASA, bulan akan mencapai perigee dan terlihat 7 persen lebih besar dari ukuran biasanya.

Istilah Super Blue Moon jika ditelusuri dari sejarah jika bulan pernah berubah menjadi warna biru. Hal ini diakibatkan adanya partikel abu dari letusan Gunug Krakatau, yang membuat cahaya merah di bulan terpecah. Hal ini membuat adanya pancaran warna biru.

Bacaan Doa Melihat Blue Moon atau Bulan Purnama: Arab, Latin, dan Arti

doa melihat blue moon

Umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca doa ketika melihat fenomena apa saja, termasuk Blue Moon. Dengan membaca doa tersebut diyakini akan membawa keberkahan. Berikut adalah doa melihat Blue Moon dilansir dari laman resmi NU:

Doa Pertama

Ketika melihat fenomena Blue Moon terjadi, umat muslim dapat mengucapkan tahmid, tasbih, takbir sebagai bentuk kekaguman kepada keagungan dan kekuasaan Allah SWT. Berikut adalah bacaan doanya:

Arab:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ
Latin:

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar.

Artinya:

Mahasuci bagi Allah dan segala puji hanya bagi Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

Doa Kedua

blue moon

Setelah melafalkan tahmid, tasbih, takbir, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa di bawah ini sebanyak tiga kali. Beriku adalah doanya:

Arab:

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ. هِلَالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ

Latin:

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil amni wal îmâni was salâmati wal islâmi. Hilâlu khairin wa rusydin.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk.”

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: