Cara Komplain JNE Salah Alamat & Kirim, Rusak, Nyasar, dll

Ketika menggunakan layanan atau jasa pengiriman JNE, mungkin saja Anda mengalami hal tidak menyenangkan. Contohnya paket tidak kunjung sampai atau barang hilang dalam perjalanan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda pahami cara komplain JNE.

Sama seperti perusahaan ekspedisi lainnya, JNE pun menyediakan beberapa kanal khusus untuk menerima keluhan dari konsumen. Mari simak penjelasan yang akan dibawakan dalam artikel ini untuk memahami bagaimana cara untuk komplain ke JNE dengan benar.

Sebelum Komplain, Lakukan Ini Terlebih Dahulu

Sebelum Komplain, Lakukan Ini Terlebih Dahulu

Sebelum memutuskan untuk mengajukan komplain, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu. Berikut ini adalah 2 hal yang penting untuk Anda lakukan sebelum komplain ke JNE.

1. Cek Resi JNE

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum komplain adalah mengecek resi terlebih dahulu. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengetahui posisi terkini dari barang yang sedang dikirimkan. Jika paket sudah ada di lokasi yang sama dalam waktu lama, Anda bisa menanyakannya kepada pihak JNE.

Begitu juga ketika mendapati barang dalam kondisi rusak atau hilang, Anda juga bisa mengajukan komplain kepada JNE untuk mendapatkan penggantian atas kerugian yang dialami. Anda juga disarankan untuk segera mengajukan komplain supaya permasalahannya bisa segera diatasi.

2. Siapkan Catatan Keluhan yang Dialami

Jika Anda sudah mengetahui kondisi barang saat ini tidak bergerak, hilang, atau rusak, jangan terburu-buru komplain. Akan lebih baik jika Anda mencatat terlebih dahulu beberapa poin penting untuk disampaikan kepada pihak JNE.

Mempersiapkan catatan ini akan mempermudah Anda ketika mengajukan komplain sehingga bisa to the point atau menyampaikan maksud langsung ke intinya. Untuk mencatatnya, Anda tidak memerlukan buku atau pulpen, manfaatkan saja aplikasi notes yang ada di smartphone.

Cara Komplain JNE yang Cepat dan Mudah

Cara Komplain JNE yang Cepat dan Mudah

Kalau sudah mempersiapkan 2 hal yang telah dijelaskan di atas, sekarang Anda bisa komplain langsung kepada pihak JNE. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perusahaan ekspedisi ini menyediakan beberapa channel yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan.

Komplain JNE bisa Anda lakukan melalui berbagai media, mulai dari panggilan telepon, email, media sosial, hingga channel bantuan yang dimiliki oleh JNE sendiri. Untuk mengetahui langkah-langkah mengajukan komplain yang benar, silakan simak penjelasan berikut.

1. Customer Care JNE

Rekomendasi cara pertama untuk komplain kepada JNE adalah melalui nomor telepon JNE call center 24 jam. Meski membutuhkan pulsa, cara ini termasuk yang paling cepat dan efektif untuk mengajukan komplain. Anda bisa menghubungi JNE Customer Care melalui nomor berikut ini 021 29278888.

Namun perlu diingat bahwa menghubungi customer care JNE ini membutuhkan pulsa. Berdasarkan informasi terbaru, pulsa yang dibutuhkan adalah Rp1.500 untuk setiap menitnya. Namun tarif ini bisa berbeda, tergantung pada kebijakan tarif provider yang Anda gunakan.

Lakukan panggilan seperti biasa hingga Anda terhubung dengan customer care. Kemudian perkenalkan diri dan sampaikan komplain Anda dengan sopan. Berikan data yang diminta oleh petugas, misalnya nomor resi.

2. Email CS JNE

Jika Anda tidak memiliki pulsa yang cukup untuk menghubungi customer care JNE, masih ada alternatif cara komplain JNE lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya adalah email CS JNE yang memiliki alamat customercare@jne.co.id.

Agar lebih cepat mendapatkan tanggapan, sebaiknya Anda mengirimkan email dengan terstruktur. Perhatikan panduan singkat berikut ini sebelum mengajukan komplain ke JNE melalui email.

  • Buka aplikasi email
  • Kemudian pilih Buat Email Baru
  • Masukkan alamat email customercare@jne.co.id di kolom tujuan
  • Kemudian di kolom subjek, isi dengan “[Komplain] Permasalahan yang Dialami”
  • Lalu di bagian body email, sampaikan keluhan Anda secara detail dan menyampaikan data seperti nomor resi, identitas pengirim, data penerima, serta ciri-ciri barang
  • Kirimkan email

Sekarang Anda tinggal menunggu saja tanggapan yang akan disampaikan melalui balasan email tersebut.

3. Media Sosial Resmi JNE

Belakangan ini, penggunaan media sosial terus meningkat. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengajukan komplain kepada JNE jika mengalami kendala. Akun resmi JNE sendiri bisa ditemukan di beberapa platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Untuk komplain melalui media sosial, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan fitur Direct Message (DM) yang tersedia di masing-masing platform. Langsung saja sampaikan komplain secara jelas melalui DM tersebut.

Jangan lupa untuk menyertakan informasi seperti nomor resi, alamat pengiriman, identitas pengirim, dan identitas penerima. Biasanya, admin media sosial tersebut akan langsung membalas keluhan yang Anda sampaikan.

4. Datang Langsung ke Kantor JNE

Terakhir, Anda bisa menyampaikan komplain secara langsung ke kantor JNE. Hal ini bisa Anda lakukan jika mendapati permasalahan pengiriman atau barang hilang di di kantor JNE setempat.

Silakan cari alamat kantor JNE terdekat melalui Google Maps. Sesampainya di sana, sampaikah komplain dengan sopan. Petugas JNE akan membantu menemukan solusi atas permasalahan yang Anda alami.

Karena ada beberapa opsi, Anda bisa memilih salah satu dari cara komplain JNE yang sudah diberikan di atas. Saat komplain, yang paling penting adalah sampaikan maksud Anda secara jelas dan sertakan data-data yang valid.

Baca Juga: