cara membuat cover letter

Cara Membuat Cover Letter Untuk Lamar Kerja yang Baik & Benar

Vantage.id – Bagi yang ingin melamar pekerjaan, harus tahu bagaimana cara membuat cover letter untuk lamar kerja yang baik dan benar. Cover letter adalah surat yang dilampirkan ketika melamar pekerjaan disuatu perusahaan.

cara membuat cover letter

Cover letter dilampirkan dan dikirim bersamaan dengan portofolio dan CV. Apa saja isi dari cover letter? Cover letter berisi informasi mengenai ketertarikan pelamar untuk bekerja di perusahaan, kualifikasi yang relevan dengan posisi yang dilamar, dan informasi terkait posisi yang dilamar.

Jika ingin menarik perhatian pihak rekrutmen, isi cover letter harus dibuat dengan benar dan baik. Bagaimana cara membuat cover letter untuk lamar kerja yang baik dan benar? Vantage akan memberikan tips cara membuat cover letter yang baik dan benar agar lamaran kerja bisa menarik pihak rekrutmen.

Cara Membuat Cover Letter Untuk Lamar Kerja yang Menarik

Penting untuk riset mengenai perusahaan dan posisi yang akan dilamar sebelum menulis cover letter. Usai memahami hal tersebut, baru bisa memulai menulis dari hal dasar seperti perkenalan diri sampai ke inti surat.

Hal-hal apa saja yang harus ditulis di dalam cover letter? Simak penjelasannya di bawah ini.

ilustrasi dokumen melamar kerja

1. Informasi Diri yang Lengkap

Hal pertama untuk bagian heading cover letter harus memasukkan informasi diri pelamar. Informasi diri dimulai dari nama, alamat email, kontak yang dapat dihubungi, dan posisi yang akan dilamar. Informasi diri yang ada di cover letter harus sesuai dengan informasi yang ada di CV, sehingga menunjukkan konsistensi.

Berikut adalah contoh bagian header yang dapat dibuat:

Nama lengkap: Putri Ramadhan
Posisi yang dilamar: Content Writer
Nomor HP: 081345678901
Email: putriramadhan@mail.co.id

2. Nama dan Alamat Penerima

Pembuka cover letter bisa menyertakan informasi nama dan alamat penerima atau perusahaan yang dituju. Jika tak mengetahui spesifik siapa nama penerima, cukup dengan menuliskan divisi HRD dari perusahaan yang akan dilamar.

Pelamar juga wajib menuliskan alamat lengkap perusahaan dengan memasukkan tanggal saat membuat surat. Berikut contoh format yang dapat dipakai:

Jakarta, 17 Mei 2023

Kepada Yth. Ibu/Bapak
HRD PT. Atima
Jalan Raya Manggis 13, Jakarta

3. Salam Pembuka

Tahap selanjutnya jangan lupa untuk menuliskan salam pembuka. Ucapkan salam pembuka dengan tujuan untuk menunjukkan rasa hormat ke pihak rekrutmen perusahaan. Contoh salam pembuka yang bisa digunakan adalah Dengan Hormat, Salam Hormat.

4. Paragraf Pembuka

ilustrasi interview kerja

Paragraf pembuka bisa diisi dengan perkenalan diri yang singkat. Untuk paragraph awal bisa disertakan dari mana pelamar tahu atau mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan.

Lalu dilanjutkan dengan menyebutkan posisi pekerjaan yang akan dilamar. Dan berikan alasan mengapa tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Berikut adalah contoh paragraph pembuka:

Perkenalkan nama saya Putri Ramadhan dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja pada Ibu/Bapak HRD PT Atima untuk menempati posisi conten writer. Lamaran pekerjaan ini saya ketahui melalui informasi lowongan pekerjaan yang disebarkan pada LinkedIn.

Saya tertarik untuk bisa bergabung dengan perusahaan Ibu/Bapak karena PT Atima bisa menjadi tempat saya mengembangkan kemampuan yang saya miliki.

5. Sebutkan Pengalaman dan Kompetensi Diri

Setelah itu, bisa menceritakan pengalaman kerja dan kompetisi yang pelamar miliki. Hal tersebut dapat memuat kemampuan yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Hal ini wajib ditulis untuk menjadi pertimbangan besar HRD dalam melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Jika belum mempunyai pengalaman pekerjaan, pelamar dapat menuliskan pengalaman magang atau organisasi ketika kuliah.

Selain itu, tulis kemampuan yang dikembangkan selama berorganisasi yang dapat menjadi nilai tambah. Dan poin ini bisa ditulis di dalam satu hingga dua paragraph. Pastikan untuk tidak bertele-tele dalam menuliskannya, sehingga rekrutmen bisa langsung memahami tulisan pelamar.

Berikut adalah contohnya:

Saya berpengalaman dalam menulis artikel dengan berbagai jenis topik, mulai dari teknologi, Pendidikan, makanan, trends, evergreen, dan lainnya. Saya selalu melakukan riset keywoard yang ramai dicari publik sebelum menulis artikel yang saya buat. Dalam sehari saya dapat menulis 5-8 artikel dengan minimal 600 kata. Posisi content writer ini sangat cocok dengan pengalaman, minat, dan kemampuan saya.

6. Penutup

Yang terakhir tak lupa adalah kalimat penutup. Buat paragraph penutup yang berkesan dari cover letter  yang dibuat. Jangan lupa pula untuk mengucapkan kata terima kasih. Berikut adalah contohnya:

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa diberikan kesempatan dalam tahapan seleksi selanjutnya. Sehingga saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

7. Tanda Tangan & Nama Lengkap

Di bagian akhir untuk menutup cover letter bisa membubuhkan tanda tangan dan nama lengkap. Tulisan ini dicantumkan pada sisi pojok yang ada di sebelah kanan surat. Berikut adalah contohnya:

Hormat saya, (tanggal)
(Tanda tangan)
Putri Ramadhan.

8. Lampiran

Dan hal yang penting tidak boleh terlewatkan selain cover letter adalah lampiran. Pelamar bisa melampirkan dokumen pendukung lain seperti portofolia, CV, atau sertifikat penghargaan/pelatihan yang bisa mendukung kompetensi pelamar.

Jika seluruh dokumen telah siap, maka jadikan dalam satu file PDF sehingga lebih mudah untuk diperiksa oleh HRD. Demikian adalah ulasan mengenai cara membuat cover letter untuk lamar kerja yang baik dan benar. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: