cara kredit motor di pegadaian 2

Cara Kredit Motor di Pegadaian, Syarat & Simulasi Cicilan

Vantage.id – Untuk kamu yang ingin berencana melakukan kredit motor, simak beberapa cara kredit motor di Pegadaian. Fasilitas kredit motor memang kini sudah tersedia di Pegadaian.

Memiliki kendaraan pribadi menjadi impian banyak orang. Hal ini karena kendaraan pribadi bisa membantu mobilitas orang dalam bepergian. Jadi mereka pun tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk memesan kendaraan online dan dananya bisa disimpan untuk biaya perawatan kendaraan.

Pembelian kendaraan seperti sepeda motor pun tidak harus tunai. Kamu bisa membelinya dengan kredit. Dengan menggunakan sistem kredit, kamu tidak perlu membayar biaya pembelian keseluruhan harga sekaligus.

Cukup memberikan uang muka sesuai ketentuan, kamu sudah bisa mendapatkan barang yang diidamkan. Sementara sisa biayanya, kamu bisa mengangsurnya dalam jangka waktu tertentu.

Jika kamu ingin kredit motor, kamu bisa melakukannya di Pegadaian. Perusahaan BUMN ini memang menyediakan pinjaman untuk membeli sepeda motor. Tapi bagaimana dengan prosedurnya? Supaya tidak salah, berikut ini cara kredit di Pegadaian dan serba-serbinya.

Pegadaian Adalah

cara kredit motor di pegadaian-1

Sebelum mengetahui cara kredit motor di Pegadaian, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai lembaga pemberi pinjamannya. Secara umum, Pegadaian adalah salah satu lembaga yang menyediakan pinjaman uang pada masyarakat. Akan tetapi, peminjam akan diminta jaminan berupa benda saat akan melakukan peminjaman uang.

Barang jaminan tersebut nantinya akan disimpan oleh pihak Pegadaian hingga waktu tertentu. Jika pihak peminjam bisa mengembalikan uang dalam waktu yang sudah ditentukan, maka mereka bisa menebus barang yang sudah digadaikan dan dijadikan jaminan.

Akan tetapi, peminjam akan dikenakan biaya tambahan atau bunga pada setiap penebusan barang jaminan yang telah digadaikan. Sementara jika pihak peminjam tidak mampu melunasi utang dalam waktu yang sudah ditentukan, maka barang jaminan yang sudah diberikan ke Pegadaian akan dijual.

Tidak perlu khawatir takut dilaporkan terkait pinjaman macet. Sebab, Pegadaian berbeda dengan lembaga peminjaman lainnya. Mereka tidak akan melaporkan masalah pinjaman macet ke Bank Indonesia, karena adanya pihak Pegadaian mendapatkan barang jaminan yang ditaksir mampu mengembalikan pinjaman uang yang diajukan oleh nasabah.

Menilik website resmi, Pegadaian didirikan pertama kali pada 1 April 1901. Kini, perusahaan BUMN tersebut tercatat sudah memiliki lebih dari 4.000 ribu gerai di Indonesia pada 2020. Selain itu, produk dan layanannya juga sudah tersedia di lebih dari 11.000 agen. 

Pegadaian sendiri memilik berbagai macam produk. Bisnis utamanya adalah memberikan pinjaman dengan jaminan atau agunan barang bergerak.

Sementara untuk bisnis pendukungnya terdiri dari pembiayaan usaha mikro, cicilan serta tabungan emas, cicilan kendaraan bermotor, pembiayaan haji, serta wisata syariah. Selain itu, mereka juga menyedian jasa lain seperti pengiriman uang, jasa titipan, multi pembayaran online, sertifikasi batu permata, hingga safe deposit box.

Tugas Pokok Pegadaian

Adapun tugas pokok Pegadaian sudah diatur di dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 39 Tahun 1971. Berikut rangkuman tugasnya.

  • Membina perekonomian masyarakat kelompok ekonomi menengah ke bawah melalui penyaluran kredit berdasarkan hukum gadai. Kelompok masyarakat ekonomi ke bawah ini difokuskan pada petani, nelayan, pedagang kecil, hingga buruh dan pegawai negeri.
  • Berkontribusi dalam mencegah pemberian pinjaman yang tidak wajar, seperti ijon, pegadaian gelap, hingga praktik riba.
  • Menyalurkan kredit atau usaha lain yang bisa berguna khususnya bagi pemerintah juga rakyat.
  • Membina pola pengkreditan agar tertata dan berguna. Apabila diperlukan, Pegadaian bisa meluaskan daerah operasionalnya.

Jenis Pegadaian

Pegadaian secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni konvensional dan syariah.

Pegadaian Konvensional

Jenis Pegadaian yang satu ini memegang prinsip tolong menolong. Di dalam usahanya, Pegadaian mendapatkan untung berupa bunga dan biaya administrasi. Selain itu, pihak peminjam juga diminta untuk menyerahkan jaminan berupa benda bergerak.

Pegadaian Syariah

Tak hanya konvensional, Pegadaian juga kini membuka layanan keuangan syariah. Sama seperti lembaga keuangan syariah lainnya, Pegadaian ini pun menggunakan akad yang berdasarkan pada prinsip Islam dengan menggunakan akad rahn. Dalam akad tersebut, pihak pemberi pinjaman akan menahan salah satu harta dari sang peminjam sebagai bentuk jaminan.

Syarat Kredit Motor di Pegadaian

cara kredit motor di pegadaian

Kredit motor di Pegadaian tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengajukan kredit dengan membawa beberapa dokumen yang menjadi persyaratan. Adapun persyaratan dan prosedur dari layanan kredit kendaraan di Pegadaian menggunakan uang muka dengan besaran 10 persen dari harga keseluruhan. Selain itu, tenornya mulai dari 12 bulan sampai 36 bulan saja.

Sebelum mengetahui cara kredit motor di Pegadaian, kamu juga perlu mengetahui syaratnya. Hal ini agar kamu bisa melakukan kredit kendaraan dengan mudah dan lancar. Berikut syarat-syaratnya.

  • Minimal berusia 21 tahun
  • Memiliki pekerjaan tetap, minimal 2 tahun pengalaman
  • Fotokopi surat rekomendasi atasan
  • Punya tempat tinggal

Cara Kredit Motor di Pegadaian

Sementara itu, jika kamu ingin kredt kendaraan seperti sepeda motor di Pegadaian, caranya tidak sulit. Berikut tutorial selengkapnya.

  • Lengkapi dokumen persyaratan, yang meliputi fotokopi KTP, fotokopi KK, slip gaji dua bulan terakhir, serta syarat yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Isi formulir akad dengan lengkap untuk bisa kredit motor di Pegadaian Formulir ini juga ditujukan agar kamu terdaftar di Pegadaian.
  • Bayar DP sesuai dengan ketentuan

Kelebihan Kredit Motor di Pegadaian

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika memilih untuk menagjukan kredit motor di Pegadaian daripada Lembaga keuangan lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Biaya admin lebih murah dan memiliki jumlah yang tetap.
  • DP atau uang muka sebesar 10 persen.
  • Jangka waktunya bervariasi dari 12 bulan hingga 36 bulan.
  • Proses pengajuan cepat dan mudah jika semua persyaratan terpenuhi.
  • Program kredit motor di Pegadaian dapat dilakukan di berbagai kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Simulasi Angsuran Kredit Motor di Pegadaian

Untuk bisa menghitung simulasi kredit motor di Pengadaian, kamu harus terlebih dahulu mengunjungi situs yang pihak Pegadaian siapkan. Berikut panduan selengkapnya.

  • Kunjungi alamat halaman situs Simulasi Pegadaian berikut ini di peramban HP/PC
  • Akan muncul tampilan simulasi cicilan kemudian pilih jenis kendaraan yang akan dikredit
  • Pilih motor yang akan dibeli secara kredit. Dalam hal ini, kamu bisa memilih motor bekas atau baru
  • Tentukan tahun pembuatan atau produksi motor
  • Masukkan harga kendaraan yang ingin dikredit. Pastikan kamu sudah mengetahui harga OTR dari motor yang dibeli untuk memudahkan perkiraan pembayaran.
  • Masukkan nominal uang DP yang bisa kamu bayarkan
  • Selesai dan sistem akan memperlihatkan hasil simulasi kredit motor di Pegadaian.

Baca Juga:

Supaya lebih jelas lagi, berikut ini contoh simulasinya.

Jika harga motor adalah Rp18 juta, beban DP yang perlu dibayarkan adalah Rp1,8 juta. Kamu memilih tenor 12 bulan, maka total biaya admin dan asuransi yang dibayar perbulan sekitar Rp495.340. Untuk cicilan perbulannya akan dikenakan biaya Rp1.512.000.

Adapun simulasi cicilan tersebut bisa jadi gambaran biaya yang dibebankan pada nasabah Pegadaian jika ingin mengajukan kredit motor. Melalui simulasi ini, kamu bia memperkirakan biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulannya agar tidak melebihi pendapatan perbulannya.

Itulah cara kredit motor di Pegadaian lengkap dengan syarat dan simulasi angsurannya. Semoga bisa membantu dan selamat mencoba!


Posted

in

by

Tags: