Naked Inc dan Fenomena Bulk Store Incaran Pengkhawatir Lingkungan

Ada yang harus dibiasakan teratur dalam era yang carut marut dan ketika bumi semakin menua dalam kehancuran. Ada keharusan pola konsumsi segala zat yang sukar terurai tanah dan senyawa alami dikurangi agar tercipta tempat hidup yang layak pun beradab untuk dihuni berabad kedepan. Untuk itu gerakan zero waste digalakan, dan Bulk Store jadi solusinya, serta kian jadi fenomena. Naked Inc Kemang salah satu yang memulainya.

Demi memerangi penggunaan plastik dan segala wadah sekali pakai, Bulk Store hadir menjadi salah satu entitas penuh peduli. Kota-kota besar sepertinya harus memulai lebih dulu. Sebagai peringatan keras bagi semua Bani Adam yang kian lupa akan jutaan ton sampah yang dihasilkan perhari dan butuh waktu jutaan tahun untuk mengurai semuanya hingga menjadi kompos busuk. Semoga niatnya mulia, bukan semata gengsi Kota yang dinobatkan sebagai cerminan populasi beradab, pintar dan berakhlak mulia.

Bulk Store merupakan sebuah toko grosir yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Perbedaan nya ada pada ketidaktersediaan wadah. Semua yang berbelanja wajib membawa wadah sendiri, dan barang yang dibeli dihitung per gram. Kampanye ini digalakan guna menekan penggunaan kantong/wadah yang bersifat reuse atau dalam arti dapat digunakan secara berlanjut.

Salah satu yang memulainya adalah Naked Inc yang berlokasi di Jalan Kemang Timur Nomor 988. Toko yang berdiri di pojok COMO Park ini menjual aneka bahan baku kebutuhan sehari-hari. Mulai dari minyak, biji-bijian siap olah, buah, sayuran, ragam bumbu dapur, beras hingga kebutuhan sanitasi seperti sabun mandi dan shampoo. Semuanya tersaji di tiap rak-rak yang tersusun rapih. Naked Inc juga menjual wadah untuk menampung belanjaan, mulai dari paper bag beragam ukuran, hingga botol-botol kaca guna menampung bahan cair.

Naked Inc menjajakan semuanya dengan hitungan per gram. Perhitungan nya secara tepat dengan mengakumulasi jumlah yang diambil dikurang berat wadah yang digunakan. Tersedia pula timbangan digital untuk mengetahui angka pasti dan bimbingan dari pelayan toko yang siap memberikan saran takaran yang diambil.

Permasalahan mungkin ada di harga yang cukup timpang dengan harga di pasar. Perhitungan nya kami coba praktekan dengan membeli sabun cair dengan wadah satu botol ukuran 300ml. Timbangan nya menunjukan berat 168 gram. Harga per gram yang tertera berkisar di angka Rp 450, dan total yang harus ditunaikan sebesar Rp 75.600,00. Terpaut cukup jauh dari harga sabun cair bermerek hidupbuoy yang dapat diboyong di minimarket seberang rumah.

Menjalankan hidup ramah lingkungan dibutuhkan niat terdalam yang harus ditasbihkan secara konsisten tanpa jeda. Agar menutup rasa sayang pada rogohan kocek dengan jumlah di luar normal. Salah satu ironi terberat yang harus ditanggung para pengkhawatir lingkungan dalam menjalankan geriliya aksinya. Sejatinya pencapaian besar harus melalui halau rintang yang rumit pula untuk menggapai suksesi puncaknya. Semangat!