Beberapa Cara Membuka Botol Bir Tanpa Pembuka Botol

Banyak keadaaan yang bisa diciptakan untuk menikmati sebotol bir. Tapi apalah artinya berbotol-botol bir jika kita tidak memiliki alat untuk membuka tutupnya. Namun, jangan lansung berputus asa jika tidak memiliki alat pembuka botol, masih ada barang-barang di sekitar kita yang bisa dipergunakan. Berikut adalah beberapa cara membuka botol bir tanpa pembuka botol.

Membuka Menggunakan Gunting Berbahan Kuat

Letakkan ujung gunting pada bagian bawah tutup botol. Potong sedikit demi sedikit pinggiran tutupnya hingga semuanya telah tergunting. Hati-hati dalam melakukannya, karena bagian bawa tutup botol yang berbentuk crown akan tajam ketika kita menguntingnya satu per satu.

Memakai Cincin

Caranya cukup mudah, letakkan botol di bawah telapak tangan Anda, kaitkan cincin pada tepian tutup botol, lalu dengan sedikit hentakan maka tutup pun akan terlepas dengan mudahnya. Tidak disarankan untuk menggunakan cara ini bila Anda harus membuka banyak botol, karena dikhawatirkan jari Anda akan terluka dan cincin akan rusak.

Membuka Dengan Kunci

Pegang botol dengan kencang dan taruh ujung kuku jempol Anda di bawah tutup botolnya dan sedkit tekan ke arah atas. Pegang kunci dengan tangan yang lain dan letakkan dia natar jempol dan tutup botolnya sehingga kunci akan mengungkit tutup botol. Tekan kunci dari bawah tutup botol sekuat tenaga Anda, putar sedikit kuncinya agar celah menjadi besar dan tutup menjadi longgar. Lakukan hal yang sama ke celah-celah yang lain agar tutup menjadi semakin longgar.

Semakin kuat tenaga Anda, celah akan membesar dan tutup akan mudah terbuka nantinya. Setelah tutup terasa longgar, sudah bisa dipastikan Anda akan mudah untuk membuka tutup botol tersebut meski hanya menggunakan kuku jempol.

Menggunakan Korek Gas

Memang tidak akan semudah yang kita bayangkan, namun bisa dilakukan dengan sedikit ketangkasan. Korek yang bagian bawahnya rata akan lebih cocok digunakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pegang botol kuat-kuat, tahan bagian lehernya dan jempol Anda di bagian atas. Jari-jari lain harus berada di sekeliling leher botol; jari paling atas harus berjarak cukup lebar untuk bisa disusupi oleh korek.

Sisipkan korek gas di antara jari Anda dan bagian bawah tutup botol, arahkan pada bagian tengah jari Anda, agar korek mendapatkan penahan yang kuat.

Lalu, kuatkan cengkeraman tangan Anda pada botol begitu pula pada korek. Bila Anda memegang botol denga posisi yang benar, maka tutup pun akan bisa terbuka. Cobalah beberapa kali hingga Anda mendapatkan posisi yang pas dan agar tangan Anda tidak terasa sakit ketika sedang proses membuka tutup botol.

Kuncinya adalah gerakan mengungkit dan tidak menyentuh tutup botol terkecuali dengan tuas. Gunakan buku jari telunjuk terbesar sebagai titik tumpu tuas. Teknik ini bisa dengan mudah membuat tutup botol terlempar paksa hingga sejauh 3 meter ke udara (bergantung pada jenis botol). Oleh karena ada kemungkinan tutup botol akan terlempar kuat, lindungi wajah dan mata Anda (dorongan tutup botol dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata).

Korek gas gaya lama yang berbentuk sedikit oval sangat cocok digunakan karena memiliki dimensi yang sesuai dan kecenderungan untuk mencengkram sisi bawah tutup botol tanpa tergelincir.

Dengan Karet Gelang

Langkah awalnya, ikatkan karet gelang ke tutup botol. Lalu putar sekuat yang Anda bisa, bila masih tidak terbuka, cobalah balut dengan sedikit kain tipis dan cobalah lagi.

Memakai Peralatan Lain Yang Mudah Ditemukan

Garpu : Gunakanlah salah satu dari ujung garpu sebagai tuas, tusukkan ke salah satu lekukan tutup botol, lalu ungkit ke atas agar tutupnya bisa terbuka.

Sendok : Baiknya menggunakan sendok ukuran besar. Setelah itu, letakkan ujung sendok di bawah tutup botol dengan tangan Anda memegang leher botol. Lalu lakukan hal seperti Anda menyalakan korek, tapi yang ini lebih mudah dan lebih cepat.

Alat Pengupas : Yang biasanya Anda gunakan untuk mengupas kentang juga bisa sangat berguna. Caranya, tahan leher botol, pegang alat pengupas secara terbalik, sisi lengkungnya di bagian luar, dan letakkan di bawah ujung tutup botol dan tekan ke atas.

Kertas : Lipat kertas sebanyak yang Anda mampu, lalu tahan botol seperti ketika Anda menggunakan korek. Metode ini juga akan membuat orang yang melihat Anda melakukannya menjadi takjub, karena tantangan dengan menggunakan metode ini cukup besar. Perhatikan tangan Anda, akan lebih mudah bila kertasnya terjepit rapat di bawah tutup botol.