Kala Instagram Membuat Seorang Wanita Bisa Menurunkan Berat Badan Lebih dari 50 Kg!

Berat badan seringkali mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Lantas untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang melakukan diet untuk menurunkan berat badannya. Bahkan sampai harus melakukan diet ketat yang terlihat menyiksa. Namun ada seseorang wanita yang memiliki kisah diet unik, di mana dirinya mengakui jika dietnya sangat terbantu oleh Instagram. Bahkan wanita tersebut mengaku jika ia mampu menurunkan berat badannya sampai 50 kilogram!

Seorang wanita bernama Jennifer Still membagikan kisah dietnya yang cukup mencengangkan. Wanita asal New York, Amerika Serikat itu menyatakan jika Instagram telah membantunya untuk menurunkan berat badan sebanyak 50 kilogram. 

Awalnya wanita yang kerap disapa Jenn itu membuat akun instagram untuk membagikan perkembangan dietnya. Ia pun kerap membagikan menu diet yang dikonsumsi setiap harinya. Namun tanpa disadari, Jenn mendapatkan banyak dukungan dari warganet yang mendorongnya untuk terus melakukan diet.

Dilansir dari Insider, Jenn mengungkapkan jika dirinya mendapatkan banyak hal positif setelah mengunggah aktivitas dietnya ke Instagram. Karena media sosial tersebut Jenn mampu membuat perencanaan yang tepat untuk mencapai target selama dietnya.

Membuat Lebih Bertanggung Jawab

Diakui Jenn, dirinya membuat akun Instagram untuk merekam perjalanan dietnya dengan mengunggah makanan yang ia konsumsi setiap harinya. Sebelum membuat postingan, Jenn selalu menulis menu diet di buku hariannya. Dengan memposting menu makanannya, Jenn merasa lebih tanggung jawab terhadap proses diet yang sedang ia jalani. Bahkan tindakan ini membuatnya berpikir ulang untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

“Saya memutuskan sejak awal bahwa saya akan mengunggah semua yang saya makan, apakah sesuai rencana atau makanan junk food. Melakukan hal ini membuat saya bertanggung jawab atas apa yang saya makan setiap harinya. Meski begitu saya tak bisa mengabaikan keinginan untuk memakan camilan saat malam hari. Dengan tindakan ini membuat saya lebih sering berada dijalur yang tepat,” ujar Jenn.

Membuat Variasi Menu Makanan

Ketika memulai akunnya, Jenn menyadari jika banyak akun Instagram yang sama seperti dirinya. Wanita yang kini tinggal di Inggris itu banyak mendapatkan referensi menu makanan yang sesuai dengan program dietnya. Jenn pun banyak mengumpulkan resep masakan yang cukup banyak dan membuat dirinya tak bosan dengan menu makanannya.

“Mereka mengunggah makanan masakannya sesuai resep yang mereka buat. Hal ini membantu saya terhindar kebosanan terhadap makanan dietnya. Saya akan menyimpan resep dari orang-orang yang saya ikuti di Instagram dan kembali ke mereka jika saya telah bosan dengan resep makanan yang saya buat,” kata Jenn.

Mendapatkan Inspirasi dari Perkembangan Orang Lain

Terkadang melihat postingan orang lain di Instagram membuat rendah percaya diri. Namun sebaliknya dengan melihat progres diet yang dilakukan oleh orang lain dapat memotivasi diri untuk mencapai tingkat yang sama. Hal ini terjadi pula oleh Jenn. Dirinya mengakui bila dirinya selalu termotivasi melihat postingan diet orang lain. Jenn merasa terdorong untuk mencapai tujuan dietnya setelah melihat postingan orang yang diikutinya di Instagram.

real food for life
Perubahan penampilan Jenn setelah Diet. Sumber: Insider

“Alih-alih merasa berkecil hati ketika progres diet saya tak sejauh orang lain di Instagram. Sebaliknya saya malah merasa termotivasi untuk mencapai target yang saya inginkan dan ikut merayakannya,” tambah Jenn.

Menghubungkan Diri Dengan Komunitas dengan Tujuan yang Sama

Menjalani diet seorang diri memang terasa melelahkan. Maka penting untuk mendapatkan kenalan dengan tujuan yang sama dalam menurunkan berat badan. Dengan membuat akun Instagram membuat Jenn terhubung dengan orang-orang yang menjalani proses diet seperti dirinya. Hal ini membuat Jenn bisa meminta pendapat dan berdikusi dengan orang-orang yang berada di jalur seperti dirinya.

“Untuk menjaga agar saya tidak menjauhkan diri dari orang di sekitar, saya menemukan sebuah komunitas di Instagram yang sama dengan apa yang saya jalani. Saya tergabung dalam perkumpulan tersebut dan menjadi wadah saya untuk menceritakan pengalaman diet saya dan bersemangat untuk melakukan diskusi dengan mereka,” ungkap Jenn.