Bukti Keseriusan Persija Jakarta Menyambut Musim Baru 2020

Musim baru liga 1 tinggal menghitung hari, sejumlah tim berlomba-lomba beradu ide untuk tampil beda saat memperkenalkan sejumlah persiapan tim untuk menyongsong musim baru 2020. Hal ini dilihat dari nilai industri sepakbola Indonesia yang semakin maju. Salah satu nya adalah tim asal Ibu Kota, Persija Jakarta. Dengan tajuk “Dream Team” launching ini diharapkan lebih mendekatkan tim dengan The Jakmania.

Liga 1 2020 akan berlangsung kurang dari sebulan lagi. Banyak klub telah mempersiapkan timnya guna mengarungi musim baru. Para klub nampak sadar bahwa persiapan menjadi jawaban atas prestasi yang diharapkan.

Tak hanya pemain kelas wahid, unsur lain juga dipersiapkan cukup matang oleh para klub Liga 1. Salah satunya adalah jersey yang digunakan untuk bertanding. Banyak klub dalam negeri telah sadar bahwa jersey menjadi hal penting bagi tim.

Momen peluncuran semakin dipersiapkan begitu matang, baik melalui media sosial maupun acara launching. Poin terakhir jadi pilihan klub kebanggaan Ibu Kota, Persija Jakarta untuk memperkenalkan seragam tanding anyarnya.

Minggu, 23 Februari 2020 menjadi hari yang paling di tunggu oleh seluruh kalangan The Jakmania (pendukung Persija) untuk menyaksikan langsung acara peluncuran jersey tim kesayangannya. Walaupun curah hujan di Jakarta meningkat, tidak membuat pendukung Macan Kemayoran mengendurkan semangatnya untuk datang langsung ke stadion.

Tampak mulai dari siang hari beberapa suporter The Jakmania sudah mulai berdatangan menyisir kawasan Gelora Bung Karno. Mereka yang datang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa yang bahkan membawa keluarganya. Kebanyakan dari mereka berangkat secara bergerombol dengan menggunakan armada bus yang disewa hingga kendaraan pribadi.

Acara dimulai tepat pukul 19.28, sesuai angka yang memang menjadi identitas tim yang dipimpin sang kapten, Andritany Ardhyasa. Dibuka dengan cuplikan video singkat yang diperankan beberapa pemain dan dilanjutkan dengan siraman tatanan cahaya lampu yang begitu gemerlap diringi lantunan lagu Persija, yang membuat seisi stadion bernyanyi bersama membuat acara terlihat semakin megah dan meriah.

Rendra Soedjono yang tampil sebagai pembawa acara memberikan sambutan dan menyapa seluruh penggunjung yang berada di stadion. Rendra pun melanjutkan dengan memperkenalkan seluruh pemain Persija beserta ofisial tim yang diiringi tepuk tangan dari lima puluh ribu The Jakmania yang datang. Acara dilanjutkan dengan menampilkan seragam tempur baru milik Persija serta memperkenalkan jajaran sponsor.

Andhika Lesmana, selaku penanggung jawab acara menjelaskan filosofi dari jersey baru Persija yang mengusung tema modernitas.

Jersey yang diproduksi apparel lokal Juara ini, menyematkan lambang-lambang yang menunjukan satu tujuan yang dianalogikan seperti MRT (Mass Rapit Transit). Sebuah sarana transportasi pilihan masyarakat yang beroperasi di Jakarta, yang direprentasikan untuk satu tujuan mendukung Persija.

Meski cuaca di Jakarta sedang tak mendukung, The Jak tetap hadir ke GBK meramaikan acara peluncuran jersey tim kesayangannya. Hujan juga tak mengalami kegemilangan Persija kecuali saat menghadapi Geylang International dalam laga persahabatan yang menjadi penutup acara peluncuran tersebut.

Hingga peluit akhir dibunyikan Macan Kemayoran berhasil menekuk Geylang dengan skor 3-1. Osvaldo Haay, Marko Simic, dan Heri Susanto menjadi aktor dibalik kemenangan Persija malam tadi. Acara pun diakhiri dengan berkumpulnya pemain dan jajaran official di tengah lapangan dengan iringan lagu “Persija menyatukan kita semua” yang dinyanyikan oleh seluruh suporter Persija.