Kebanggaan Terbaru, Atlet Esports Ini Wakili Tanah Air di Motogp Esports 2020

Indonesia terus diberkahi bakat-bakat berkilau. Terbaru, satu atlet Esports tanah air resmi berlaga di MotoGP Esports 2020. Muhamad Mulkana, menjadi atlet Indonesia pertama yang berlaga di kompetisi virtual tingkat dunia itu. Kiprahnya akan dimulai dengan mewakili Tim Petronas Yamaha SRT.

Atlet Esports Indonesia, Muhammad Mulkana baru saja direkrut oleh tim Esports MotoGP yang bermarkas di Malaysia, Petronas Yamaha SRT. Mulkana akan memulai kiprahnya di musim 2020 dengan mewakili tim tersebut. Tim Petronas Yamaha SRT mengumumkan perekrutan Mulkana pada situs resminya, Rabu (20/5). 

“Dengan bangga kami mengumumkan perekrutan pertama, pebalap Esport Petronas Yamaha Sepang Racing Team bersama Kana (panggilan akrab Mulkana). Pada periode ini yang sangat menggairahkan bagi esports dan juga tim. Kami sangat antusias untuk bisa bekerja sama dengan Kana dan membantunya meraih hasil maksimal,” ujar Razlan Razali, bos Petronas Yamaha SRT dikutip dari One Esports.

Kiprah Mulkana di ajang virtual tersebut sebenarnya diawali dari keikutsertaannya di esports Global Series beberapa bulan yang lalu. Berstatus sebagai rookie, pria kelahiran Balikpapan itu mampu menampilkan penampilan terbaiknya di Pro Draft, yang akhirnya menarik minat tim Petronas Yamaha SRT untuk merekrutnya.

Sebagai informasi, Pro Draft merupakan seleksi bagi semua atlet esport Motogp dari seantero dunia. Para peserta pada prosesnya diharuskan mengikuti tiga tantangan secara online menggunakan game resmi MotoGP. Pada babak ini, Kana berhasil menempati posisi ketiga di klasemen Rest of The World, serta posisi pertama di kategori Asia dan PC.

“Hasil ini sangat berarti bagi saya dan sangat gembira bisa mewakili Petronas Yamaha SRT in the MotoGP Esport Championship. Saya tak akan membuang kesempatan emas ini,” tutur Kana.

Perhelatan MotoGP Esports 2020 akan diikuti oleh 11 pemain yang akan bertarung dalam delapan seri Global yang akan dilangsungkan pada empat sirkuit virtual berbeda. Sistem kompetisi MotoGP Esports juga serupa dengan balapan MotoGP sungguhan, di mana para pembalap akan mendapatkan poin sesuai posisi finisnya. Ketika akhir musim, pembalap dengan perolehan poin tertinggi akan jadi juara dunia MotoGP Esports 2020.