Marcel Marceau : Pantomim Bernyali Baja Perang Dunia II

Perang Dunia Kedua menyisakan sejuta kenangan pahit dari kebiadaban armada Nazi yang menginvasi sepenjuru Eropa, bersama itu semua beratus juta kisah heroik pun tersirat jua. Salah satunya kisah Marcel Merceau, pantomim asal Prancis yang berhasil menyelamatkan ratusan nyawa anak yatim-piatu Yahudi dan ikut tergabung dalam laskar perlawanan Anti-Nazi.

Marcel Mangel alias Marcel Marceau alis Bip the Clown merupakan seorang pahlawan yang lahir pada Maret 1923 dari keluarga tukang daging di Strasbourg, sebelah timur Perancis. Besar dari keluarga Yahudi kolot tidak serta merta menjadikan Marcel seorang pemuda konservatif. Dirinya kerap kali melanggar kaidah-kaidah ketat Yahudi tentang kesenian dan memilih hidup di luar itu semua, perjalanan seninya pun diwarnai sindiran bertubi-tubi dari sang Ayah.

Kepiawaian Marcel dalam besandiwara tanpa kata-kata pun diakui sepenjuru Strasbourg. Dirinya pun bergabung dengan Oeuvre de Scours aux Enfants, sebuah kelompok yang dibentuk dengan tujuan membantu anak-anak Yahudi keluar dari cengkaraman kejam Hitler. Bakat Marcel di kelompok ini sangat berguna mengusir lara para pengungsi belia.

1943 menjadi tahun emas bagi bangsat Nazi, invasinya ke penjuru benua biru pun dimulai. Polandia, Belanda dan Perancis pun kena ulah beringasnya. Kependudukan Nazi di Perancis pun memaksa Marcel dan kolega mundur ke Selatan, ujung negeri, kota Lyon pun jadi pijakannya. Di Lyon laskarnya bergabung dengan French Jewish Resistance, front pemberontakan anti-Nazi yang bergerak secara bawah tanah di bawah pengawasan Gestapo yang dikomandani langsung oleh Letnan Kejam Klaus Barbie dari Hotel Terminus.

Dengan alibinya sebagai Ketua Pramuka, Marcel Marceau berhasil bolak-balik Perancis-Swiss demi menyelamatkan puluhan anak Yahudi dari kekejaman Nazi hingga akhir 1944, di mana Nazi berhasil dipukul mundur pasukan sekutu. Nama Marcel Marceau pun terkenal dengan aksi heroiknya.

Selepas Perang Dunia Kedua karir Marcel sebagai seniman pantomime pun berlanjut. Pada 1947 dirinya membuka sekolah performing art bagi para belia yang ingin belajar menjadi seniman panggung. Karir Marcel kian maju, kepopuleran dalam berpantomim pun membawa Marcel tour ke penjuru dunia. Hingga akhir hayatnya Marcel pun berteman dengan sebagian artis dunia. Michael Jackson salah satunya, penyanyi kaliber dunia tersebut yang mengkui menggunakan salah satu teknik Marceau dalam setiap aksi panggungnya. Marcel meninggal di 2007 di usia 84 tahun, aksi heroiknya difilmkan dalam sinema berjudul Resistance (2020) yang diperankan Jesse Adam Eisenberg. Jasa dan keberaniannya pun dikenang hingga detik ini.