Mengenal Masker Pintar Buatan Jepang yang Bisa Menerjemahkan Suara

Masa pandemi saat ini menjadikan masker sebagai benda yang sangat penting untuk proteksi diri. Beragam model masker kini tersedia di pasaran, mulai dari masker medis hingga masker kain dengan desain yang menarik. Tak hanya kaya di model, kini tersedia masker dengan teknologi yang membuat penggunanya nyaman. Sebuah startup di Jepang telah menciptakan masker yang mampu mengeraskan dan menjermahkan suara dalam delapan bahasa.

Sebuah perusahaan startup teknologi asal Jepang telah meluncurkan masker pintar. Perusahaan bernama Donut Robotics diberitakan sedang mengembangkan sebuah masker yang dinamai “C-Mask”. Masker tersebut dikabarkan mampu mengubah suara penggunanya menjadi bentuk teks dan menerjemahkannya ke delapan bahasa berbeda melalui aplikasi di telepon pintar.

Dilansir dari Daily Mail, untuk mengembangkan masker tersebut, Donut Robotics membutuhkan dana sebesar 7 juta yen atau sekitar Rp 937 juta. Mereka pun telah menggalang dana melalui situs crowdfunding, Fundinno. Melalui penggalangan tersebut, Donut Robotics berhasil mendapatkan dana tiga kali lebih besar dari target yakni sebesar 28 juta yen (Rp 3,7 miliar).

Setelah berhasil mengumpulkan dana, Donut Robotics berencana untuk memproduksi massal C-mask sebanyak 5.000 buah. Proses produksi dan distribusi akan dimulai September mendatang di Jepang. Masker tersebut akan dihargai sebesar 3.980 yen atau sekitar Rp 533 ribu.

Donut Robotics juga akan mengenakan biaya tambahan bagi penggunanya untuk layanan penerjemah suara. Namun besaran tarif berlangganannya belum dipastikan oleh pihak perusahaan. Nantinya delapan bahasa yang akan didukung C-mask antara lain Bahasa Inggris, Mandarin, Bahasa Spanyol, Bahasa Prancis, Bahasa Korea, Bahasa Thailand, Bahasa Vietnam, dan Bahasa Indonesia.

C-mask sendiri didesain setelah pihak perusahaan mengembangkan sebuah robot bernama “Cinnamon”. Robot tersebut telah digunakan untuk membantu pemandu dan penerjemah yang ditugaskan di Bandara Haneda, Tokyo.

Japanese startup creates 'connected' face mask for coronavirus new ...
Masker pintar C-mask. Sumber: Reuters

“Kami bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan sebuah robot dan kami telah menggunakan teknologi tersebut untuk membuat sebuah produk yang merespon pengaruh Covid-19 terhadap kehidupan secara luas,” ujar perwakilan Donut Robotics, Taisuke One dikutip dari Daily Mail.

Kedepannya Donut Robotics berencana untuk menyebarkan C-mask keluar Jepang. Pihak perusahaan juga mengklaim jika mereka telah mendapatkan calon pembeli dari Amerika Serikat, Eropa, dan Tiongkok.

Bila tersedia di Indonesia, apakah Anda tertarik untuk membelinya?