Layar HP Bergerak Sendiri? Begini Cara Mengatasinya!

Layar HP Bergerak Sendiri? Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

HP sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang, karena ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di perangkat ini. Namun, HP yang sudah dipakai lama biasanya akan mengalami kerusakan secara perlahan, contohnya seperti layar HP bergerak sendiri secara tiba-tiba.

Masalah ini sering membuat orang-orang panik dan takut HP miliknya tiba-tiba mati. Namun, kamu tidak perlu panik, karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kerusakan tersebut. Dalam hal ini, kami akan membagikan cara mengatasi layar HP yang bergerak sendiri.

Sebelum itu, kami akan membahas tentang beberapa penyebabnya terlebih dahulu, agar kamu bisa menghindari hal tersebut untuk menjaga keawetan HP milikmu. Untuk mengetahui tentang informasi ini secara jelas, simak sampai akhir isi dari artikel ini!

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Sudah ada banyak orang yang pernah mengalami masalah kerusakan layar HP yang tiba-tiba bergerak sendiri seperti ini, meski sebelumnya tidak ada sentuhan apapun di bagian HP tersebut. Biasanya, orang-orang langsung membawa HP miliknya ke tukang servis ketika mengalami kerusakan ini.

Namun, sebelum mengatasi masalah tersebut dengan berbagai cara yang ada, kamu perlu mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari kerusakan layar yang tiba-tiba bergerak sendiri, yaitu:

1. Pelindung Layar Rusak

Pelindung Layar Rusak

Penyebab yang paling sering terjadi adalah pelindung layar yang dipakai pada HP tersebut rusak. Umumnya, pelindung layar yang kotor lebih rentan rusak dan tidak awet. Maka dari itu, kamu harus segera melepas pelindung layar yang kotor, kemudian bersihkan dengan cara yang tepat.

Pelindung layar yang kotor tidak hanya akan membuat layar tiba-tiba bergerak sendiri, tapi juga dapat membuat komponen HP lainnya bisa rusak. Jadi, dapat dipastikan bahwa pelindung layar bukan hanya memiliki fungsi yang penting untuk layar HP saja.

2. Layar Panas

Layar Panas

HP yang terlalu sering dipakai akan membuat bagian layarnya menjadi panas. Dalam hal ini, layar panas juga menjadi alasan kenapa layar HP bergerak sendiri secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jika layar HP mulai terasa panas, kamu harus segera menghentikan aktivitas di perangkat tersebut.

Jika tidak, maka kemungkinannya lebih besar untuk masalah layar ini terjadi. Untuk menghindari terjadinya kerusakan ini, diamkan terlebih dahulu HP yang sudah terlalu lama dipakai sebelum menggunakannya kembali.

3. Baterai Rusak

Tidak hanya dapat membuat layar menjadi panas, tapi HP yang sudah terlalu sering dipakai juga dapat membuat usia baterai semakin rendah. Saat baterai HP rusak, hal ini juga dapat membuat layar tiba-tiba bergerak sendiri. Untuk itu, selalu perhatikan durasi pemakaian HP yang kalian lakukan.

4. Layar Mengalami Kerusakan

Penyebab yang paling serius dari situasi ini adalah layar atau LCD HP mengalami kerusakan. Komponen HP ini dapat rusak karena berbagai alasan seperti jatuh, terbentur benda lain, dan lain sebagainya. Bahkan, percikan air yang masuk ke dalam ponsel juga dapat membuat layar HP rusak.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab dari kerusakan tersebut, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cara yang tepat. Setiap penyebab dari masalah ini akan memiliki cara mengatasi yang berbeda, sehingga kamu harus mengetahuinya satu per satu.

Sebenarnya masalah ini tidak harus dibawa ke tukang servis HP, tapi ada cara-cara dasar yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mudah untuk mengatasi permasalahan layar HP yang tiba-tiba bergerak sendiri:

1. Bawa HP ke Ruangan Bersuhu Normal

Layar HP yang panas tidak hanya bisa disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama, tapi juga bisa disebabkan oleh cuaca di mana HP itu berada. Sebagai contoh, kamu menggunakan ponsel tersebut di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, maka layar HP akan lebih cepat panas.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa membawa HP ke ruangan yang bersuhu normal, agar bagian layarnya bisa kembali normal. Selain itu, untuk mengurangi panas yang ada pada bagian layar tersebut, lepaskan juga bagian pelindungnya.

2. Matikan Fitur Gestures pada HP

Untuk cara yang satu ini bisa dilakukan oleh para pengguna iPhone. Sebab, di dalam iPhone terdapat fitur ghost touch yang dapat diakses pada menu gestures. Ketika fitur ini diaktifkan, maka layar dapat berjalan secara sendirinya. Tentu hal seperti ini sering membuat orang-orang terkejut.

Maka dari itu, salah satu solusi layar HP bergerak sendiri adalah dengan mematikan fitur gestures yang ada di dalam perangkat tersebut. Dengan begitu, pemilik HP dapat mengoperasikan layar perangkatnya itu sendiri.

3. Scan Malware

Keberadaan virus pada HP juga dapat membuat layar tiba-tiba bergerak sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu memindai malware dengan menggunakan aplikasi yang tepat. Untuk melakukan cara yang satu ini, ikuti tahapan-tahapan yang ada di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store yang ada di perangkatmu, lalu klik simbol profil yang ada di bagian atas.
  • Masuk ke menu “Play Protect”, kemudian sistem akan langsung memeriksa apakah ada aplikasi di dalam HP yang mengandung virus.
  • Jika notifikasi menunjukkan ada virus di dalam HP, kamu harus segera membersihkannya dengan menghapus datanya dan tidak menggunakan aplikasi itu lagi.

4. Restart HP

Berbagai masalah dapat diatasi dengan melakukan restart HP, tak terkecuali masalah layar HP yang satu ini. Cara termudah dan tercepat untuk mengatasi layar HP yang bergerak sendiri adalah dengan memuat ulang perangkat tersebut.

Mengapa bisa begitu? Karena layar HP yang bergerak sendiri dapat terjadi karena sistem mengalami error, sehingga kamu harus memuat ulang sistem dalam HP tersebut. Dengan melakukan cara ini, nantinya sistem akan menghilangkan error ringan yang terjadi dalam HP milikmu.

5. Bersihkan Layar HP

Layar yang kotor bisa menjadi penyebab dari permasalahan ini. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan bagian layar tersebut. Jika layar telah ditempel dengan pelindung, maka lepaskan terlebih dahulu bagian pelindung itu.

Setelah itu, matikan HP dan gunakan kain halus untuk membersihkan bagian layarnya. Ingat, gunakan kain halus, agar layar tidak rusak saat dibersihkan.

6. Ganti Baterai HP

Jika masalah ini disebabkan oleh baterai yang rusak, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengganti baterai HP. Namun, jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, maka cara ini lebih mahal. Sebab, kamu harus mengganti baterai baru untuk mengatasi kerusakan tersebut.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa baterai yang dipakai ini benar-benar asli. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami masalah yang cukup mengganggu ini.

Layar HP bergerak sendiri memang sudah sering terjadi, tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Karena sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasi kerusakan layar ini, jadi kamu tidak perlu panik lagi jika masalah ini muncul kembali.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: