Sound of Text WA: Aplikasi Mengubah Teks Menjadi Suara

Sound of Text WA: Aplikasi Mengubah Teks Menjadi Suara

Sound of Text WA adalah sebuah situs yang dapat membuat audio dan nada dering dari teks atau kalimat yang dimasukkan. Pada umumnya, suara yang dihasilkan dari berbagai situs sound of text digunakan untuk menandai sebagai nada dering wa. Jadi, bisa diketahui itu berasal dari mana.

Cara kerjanya menggunakan mesin text to speech dari Google Translate, sehingga suara yang dihasilkan sangat mirip dengan suara Google. Kamu dapat memilih bahasa yang diinginkan, mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, hingga bahasa lainnya.

Pengertian Sound of Text WA

Sound of text (SOT) adalah teknologi yang memungkinkan teks ditampilkan sebagai suara. Dalam SOT, teks yang ditulis akan diubah menjadi suara dengan menggunakan sintesis suara komputer atau text-to-speech (TTS). 

Teknologi ini memungkinkan orang yang memiliki kesulitan membaca teks seperti dyslexia atau kebutaan untuk memahami konten yang tertulis melalui suara. SOT juga dapat digunakan sebagai asisten virtual untuk membantu dalam memperjelas dan memfasilitasi komunikasi, atau sebagai alat bantu dalam pengajaran dan pembelajaran. Bisa juga sebagai dibuat nada lucu atau meme.

Situs ini dibuat oleh seorang pengembang independen yang bernama Steven Nguyen. Ia mengatakan bahwa ia membuat situs ini untuk membantu dirinya sendiri dalam belajar bahasa asing dengan menggunakan flashcard. Namun, ia kemudian membagikan situs ini secara gratis kepada publik agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Kelebihan Sound of Text WA

Kelebihan Sound of Text WA

Sound of Text WA memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

1. Mudah Dipakai 

Kamu hanya perlu mengunjungi situs soundoftext.com dan memasukkan teks yang ingin diubah menjadi suara. Kemudian, pengguna dapat mendengarkan dan mengunduh audio yang dihasilkan.

2. Gratis 

Untuk memanfaatkan situs ini, pengguna tidak harus membayar. Kamu juga tidak perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu. Jadi, tentunya akan sangat hemat dan tidak menguras kantong untuk biaya mendaftar atau berlangganan.

3. Bervariasi

Kamu dapat memilih berbagai bahasa dan aksen yang tersedia di situs ini. Kamu juga dapat membuat kalimat lucu atau kreatif untuk nada dering. Dengan menggunakan kreativitas kamu berbagai suara menarik bisa dihasilkan dengan kata-kata unik.

4. Menyenangkan

Kamu dapat membuat nada dering yang unik dan berbeda dari yang lain. Kamu juga dapat menghibur diri sendiri atau orang lain dengan suara-suara lucu yang berasal dari website ini.

5. Mendukung Pembelajaran

Kamu dapat menggunakan situs ini untuk membantu belajar bahasa asing dengan mendengarkan cara pengucapan teks yang dimasukkan. Kamu juga dapat membuat flashcard dengan audio untuk menghafal kosakata atau frasa.

Kekurangan Sound of Text WA

Kekurangan Sound of Text WA

Sound of Text WA juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

1. Terbatas

Kamu hanya dapat memasukkan maksimal 200 karakter untuk setiap teks yang ingin Kamu ubah menjadi suara. Jika teks yang diinput lebih panjang, maka situs ini tidak akan bisa memprosesnya.

2. Tidak Akurat

Meskipun menggunakan mesin text to speech dari Google Translate, situs ini tidak selalu bisa menghasilkan suara yang sesuai dengan ejaan atau pengucapan teks yang dimasukkan. Terkadang, suara yang dihasilkan terdengar aneh atau salah.

3. Tidak Resmi

Situs ini bukan merupakan bagian dari aplikasi Whatsapp atau Google. Situs ini dibuat oleh seorang pengembang independen yang bernama Steven Nguyen. Oleh karena itu, situs ini tidak memiliki jaminan keamanan atau kualitas yang pasti.

4. Tidak Fleksibel

Kamu tidak dapat mengatur volume, kecepatan, intonasi, atau efek lainnya pada file suara yang dihasilkan website ini. Kamu juga tidak dapat mengedit atau menghapus audio yang telah dibuat.

5. Tidak Kompatibel

Situs ini hanya bisa digunakan di browser ponsel atau komputer. Kamu tidak dapat mengaksesnya melalui aplikasi Whatsapp atau Google Translate secara langsung.

Cara Download Sound of Text WhatsApp

Untuk menyimpan suara ke perangkat handphone, pada dasarnya dapat dilakukan dengan singkat. Bagaimana cara download sound of text, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs soundoftext.com di browser ponsel atau komputer.
  • Masukkan teks yang ingin kamu ubah menjadi suara di kolom “Text“.
  • Pada bagian “Language“, sesuaikan bahasa yang ingin digunakan.
  • Klik “Submit” dan tunggu hingga audio selesai diproses.
  • Klik “Sounds” dan pilih audio yang ingin Kamu download.
  • Klik “Download” dan simpan audio di ponsel atau komputer.

Cara Instalasi Sound of Text WhatsApp 

Cara Instalasi Sound of Text WhatsApp

Untuk menginstal audio yang telah didownload sebagai nada dering Whatsapp, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Whatsapp di ponsel.
  • Di sudut kanan atas, klik pada logo 3 titik.
  • Buka menu “Setelan“.
  • Pilih opsi “Notifikasi“.
  • Klik “Nada Notifikasi“.
  • Pilih audio yang telah didownload dari Sound of Text.
  • Audio terpasang dan sudah bisa digunakan sebagai nada dering Whatsapp.

Tips Menggunakan Sound of Text WhatsApp

Tips Menggunakan Sound of Text WhatsApp

Agar pengalaman menggunakan Sound of Text WA lebih menyenangkan dan optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu coba:

1. Pakai Kalimat Jelas

Gunakan kalimat yang singkat, sederhana, dan jelas. Hindari menggunakan singkatan, slang, atau bahasa gaul yang mungkin tidak dikenali oleh mesin text to speech.

2. Pakai Tanda Baca Pas

Gunakan tanda baca yang tepat. Tanda baca dapat mempengaruhi cara pengucapan suara yang dihasilkan oleh situs ini. Misalnya, tanda titik dapat menandakan akhir kalimat, tanda koma dapat menandakan jeda, dan tanda tanya dapat menandakan intonasi naik.

3. Menggunakan Bahasa yang Tepat 

Gunakan bahasa yang sesuai dengan konteks. Jika ingin membuat nada dering untuk orang tertentu, gunakan bahasa yang sesuai dengan hubungan atau karakteristik orang tersebut. 

Misalnya, jika akan membuat nada dering untuk pacar, gunakan bahasa romantis atau manis. Jika ingin membuat nada dering untuk teman kamu, gunakan bahasa santai atau lucu.

4. Mengeksplorasi Bahasa dan Akses

Coba berbagai bahasa dan aksen yang tersedia. Kamu dapat bereksperimen dengan berbagai bahasa dan aksen yang ditawarkan oleh situs ini. Kamu mungkin menemukan suara-suara yang menarik atau lucu yang dapat membuat nada dering lebih unik dan berbeda dari yang lain.

Situs Alternatif Lainnya untuk Membuat Sound of Text 

Sound of Text WA adalah sebuah situs yang dapat mengubah teks menjadi suara dengan menggunakan mesin text to speech dari Google Translate. Situs ini biasa digunakan untuk membuat nada dering Whatsapp, belajar bahasa asing, atau sekadar bersenang-senang.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada situs alternatif lainnya yang juga dapat membuat sound of text dengan berbagai fitur dan kelebihan? Berikut adalah beberapa situs yang dapat Kamu coba:

1. Suara Google

Suara Google

Suara Google adalah sebuah situs yang dapat membuat Sound Of Text Google dalam bahasa Indonesia dengan suara wanita yang keren dan natural. Situs ini merupakan alternatif dari sound of text yang lebih fokus pada bahasa Indonesia.

Kelebihan dari situs ini adalah:

  • Mudah digunakan. Penggunanya cukup menginput teks yang akan berubah, memilih bahasa Indonesia, dan menekan tombol Buat Suara. Kemudian, kamu dapat mendengarkan dan mengunduh audio yang dihasilkan.
  • Gratis. Kamu tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan situs ini. Kamu juga tidak perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu.
  • Berkualitas tinggi. Kualitas suara yang dihasilkan website ini memang sangat bagus, sehingga penggunanya tidak perlu melakukan pengeditan lagi.
  • Mendukung pembelajaran. Kamu dapat menggunakan situs ini untuk membantu belajar bahasa Indonesia dengan mendengarkan cara pengucapan teks yang Kamu masukkan.

Cara menggunakan situs ini bisa diikuti sebagai berikut:

  • Kunjungi situs www.teknogram.id/tools/suara-google di browser ponsel atau komputer Kamu.
  • Masukkan teks yang kata-katanya ingin dirubah di kolom teks yang tersedia.
  • Pada bagian bahasa, tap Bahasa Indonesia.
  • Tap Buat Suara.
  • Tap Dengarkan agar memeriksa hasilnya dulu.
  • Tap Download agar menyimpan suara ke perangkat.

2. Prosa

Prosa

Prosa adalah sebuah situs yang dapat membuat Sound of Text WA dengan suara manusia yang alami secara instan dan mudah. Situs ini merupakan produk buatan anak bangsa yang sangat impresif.

Kelebihan dari situs ini adalah:

  • Ada berbagai bahasa. Para pengguna bisa memperoleh begitu banyak bahasa di web ini mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, hingga bahasa lainnya.
  • Suara eksklusif. Audio yang dihasilkan dari situs ini merupakan suara eksklusif yang tidak bisa kamu temukan di situs lain. Suara-suara ini memiliki karakteristik dan ekspresi tersendiri.
  • Harga terjangkau. Apakah sound of text gratis? Jawabannya ya. Kamu dapat menggunakan situs ini secara gratis untuk mencoba beberapa suara tertentu. Jika ingin menggunakan lebih banyak suara, maka dapat membeli paket berlangganan dengan harga terjangkau.
  • Konversi suara yang cepat dilakukan. Untuk merubah dari teks ke suara oleh situs ini dapat dilakukan dengan waktu singkat. Dengan proses konversi yang cepat ini, tentu akan semakin menghemat waktu para penggunanya.

Cara menggunakan situs ini bisa diikuti sebagai berikut:

  • Kunjungi situs www.tts.prosa.ai di browser ponsel atau komputer.
  • Masukkan teks  yang kata-katanya ingin di buat tersebut pada kolom yang tersedia.
  • Pilih suara yang ingin kamu gunakan di kolom Suara.
  • Klik tombol Coba Gratis dan tunggu hingga audio selesai diproses.
  • Klik Play untuk mendengar hasilnya.
  • Tap Download untuk mengunduh audio.

3. Vo.codes

Vo.codes

Vo.codes adalah sebuah situs yang dapat membuat sound of text dengan suara-suara karakter kartun atau selebriti yang terkenal. Situs ini merupakan alternatif dari Sound of Text WA yang lebih unik dan lucu.

Kelebihan dari situs ini adalah:

  • Banyak pilihan suara. Kamu dapat memilih berbagai suara yang tersedia di situs ini, mulai dari Spongebob, Squidward, Lisa Simpson, Goku, hingga Doraemon. Kamu juga dapat mencari suara berdasarkan nama atau kategori.
  • Seru digunakan. Kamu dapat membuat sound of text yang menghibur dan menarik dengan menggunakan suara-suara karakter kartun atau selebriti yang terkenal. Kamu juga dapat membuat parodi atau meme dengan suara-suara ini.
  • Mudah digunakan. Kamu hanya cukup menginput teks yang ingin diubah pada kolom yang tersedia, memilih suara yang Kamu inginkan, dan menekan tombol Generate. Kemudian, akan dapat mendengarkan dan mengunduh audio yang dihasilkan.
  • Gratis. Kamu tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan situs ini. Kamu juga tidak perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu.

Cara menggunakan situs ini bisa diikuti melalui langkah-langkah:

  • Kunjungi situs www.vo.codes di browser ponsel atau komputer Kamu.
  • Masukkan teks yang ingin Kamu ubah menjadi suara di kolom Text.
  • Pilih suara yang ingin kamu gunakan di kolom Voice.
  • Klik tombol Generate dan tunggu hingga audio selesai diproses.
  • Klik Play untuk mendengar hasilnya.
  • Klik Download Sound of Text untuk mengunduh audio.

Aplikasi Alternatif Sound of Text

Aplikasi Alternatif Sound of Text

Text to speech adalah teknologi yang dapat mengubah teks menjadi suara yang dapat didengarkan. Teknologi ini sangat berguna untuk membantu orang-orang yang memiliki kesulitan membaca, belajar bahasa baru, mendengarkan buku atau artikel, atau sekadar menikmati suara yang beragam dan menarik. 

Ada banyak aplikasi text to speech sebagai alternatif Sound of Text WA yang bisa diinstal di Android, namun berikut ini adalah lima aplikasi yang paling populer dan terbaik menurut ulasan pengguna:

1. Speech Services by Google

Aplikasi ini adalah produk resmi dari Google yang menyediakan dua fungsi utama, yaitu speech to text dan text to speech. Speech to text memungkinkan Kamu untuk mengubah apa yang diucapkan menjadi teks, sedangkan text to speech memungkinkan pengguna untuk mendengarkan teks yang ada di layar. 

Aplikasi ini mendukung banyak bahasa dan suara yang berkualitas tinggi. Kamu dapat menggunakannya untuk berbagai aplikasi seperti Google Maps, Google Translate, Recorder, Phone, Voice Access, dan lainnya.

2. Speechify Text to Speech (TTS)

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi text to speech terbaik di AppStore dengan lebih dari 20 juta pengguna. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk mendengarkan dokumen, artikel, PDF, email, dan berbagai format lainnya dengan suara yang alami dan lancar. 

Kamu juga dapat menyesuaikan kecepatan dan nada suara sesuai dengan preferensi. Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti active text highlighting, screenshot image to audio, safari extension, cloud sync, dan note taking tools.

3. Narrator’s Voice 

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi text to speech yang paling populer dan seru untuk digunakan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat file audio sintetis dengan berbagai pilihan suara dan efek lucu.

Kamu dapat memilih suara dari karakter terkenal seperti Darth Vader, Minion, Spongebob, Morgan Freeman, dan lainnya. Selain itu kamu juga dapat menambahkan efek seperti gema, robot, balon helium, dan lainnya. Kamu dapat menyimpan file audio dalam format MP3 atau berbagi ke media sosial.

4. @Voice Aloud Reader (TTS Reader)

Aplikasi ini adalah aplikasi text to speech yang sangat berguna untuk membantu kamu membaca teks panjang tanpa harus menatap layar smartphone terlalu lama. Aplikasi ini dapat membacakan teks dari berbagai sumber seperti web page, file dokumen, clipboard, email, ebook, RSS feed, dan lainnya. 

Kamu juga dapat mengatur warna latar belakang, ukuran font, kecepatan suara, dan fitur lainnya sesuai dengan kenyamanan Kamu.

5. NaturalReader Text to Speech

Aplikasi ini adalah aplikasi Sound of Text WA yang dapat membacakan teks, PDF, web page, ebook, dan berbagai format lainnya dengan suara yang natural dan berkualitas. Aplikasi ini mendukung lebih dari 50 suara dalam lebih dari 20 bahasa. 

Kamu juga dapat mengatur kecepatan dan nada suara sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Ads berbagai fitur menarik di dalamnya seperti pronunciation editor, cloud sync, dan file manager.

Baca Juga:

Kesimpulan

Sound of Text WA adalah sebuah situs yang dapat membuat audio dan nada dering dari teks atau kalimat yang dimasukkan. Kamu dapat memilih bahasa yang Kamu inginkan, mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, hingga bahasa lainnya. Kemudian kamu bisa dibuat file MP3 yang bisa digunakan untuk berbagai peluang, misalnya nada dering WA.


Posted

in

by

Tags: