Berkemah sembari Menikmati Keindahan Pegunungan di Mandalawangi Camping Ground

Mandalawangi Camping Ground: Lokasi, Jam Buka dan HTM

Berkemah merupakan aktivitas liburan yang seru dan bisa dilakukan bersama teman ataupun keluarga. Terutama jika Anda sudah mulai jenuh dengan keramaian kota dan membutuhkan udara sejuk. Maka coba habiskan hari libur di Mandalawangi Camping Ground.

Ketika berkemah di taman rekreasi ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah kaki Gunung Gede. Selain camping, wisatawan juga bisa melakukan  aktivitas seru lainnya, seperti outbound dan trekking.

Alamat dan Lokasi Mandalawangi Camping Ground

Alamat dan Lokasi Mandalawangi Camping Ground

Bumi perkemahan Mandalawangi berlokasi di dekat pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Lokasinya tepat di Kompleks Pasar Lapang Mandalawangi. Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Cibodas, Kelurahan Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jabar.

Berjarak kurang lebih 95 km dari pusat kota Jakarta. Sedangkan wisatawan yang berangkat dari Bandung akan menempuh jarak sekitar 85 km. Apabila kondisi jalan raya tidak macet, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya 2 sampai 3 jam saja.

Supaya lebih jelas, keberadaan Mandalawangi Camping Ground ada di dekat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk menemukan lokasinya Anda dapat melewati Kebun Raya Cibodas. Selain itu wisatawan juga dapat melalui bukit perkemahan yang berada di dekat Golf Cibodas.

Jam Buka Mandalawangi Camping Ground

Jam Buka Mandalawangi Camping Ground

Sama seperti bumi perkemahan lainnya, taman rekreasi Mandalawangi juga buka selama 24 jam setiap harinya. Taman ini tidak pernah tutup karena digunakan untuk aktivitas berkemah dari pagi hingga malam hari oleh wisatawan.

Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat bumi perkemahan Mandalawangi harus ditutup. Contohnya seperti saat pandemic covid-19 lalu atau jika terdapat beberapa area yang membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan.

Harga Tiket Mandalawangi Camping Ground

Bagi wisatawan yang ingin sekedar berkunjung dan menghabiskan waktu di taman rekreasi ini perlu membeli tiket masuk seharga Rp 16.000. Tetapi jika akan berkemah harga yang dibebankan cukup berbeda tergantung dengan kebutuhan, seperti:

  • Berkemah untuk Umum: Rp 24.000 – Rp 29.000
  • Berkemah untuk Pelajar: Rp 15.000 – Rp 18.000
  • Berkemah untuk turis internasional: Rp 315.000 – Rp 485.000

Selain itu, wisatawan yang ingin camping juga harus membayar biaya tambahan jika tidak membawa perlengkapan kemah dan berencana menyewa. Sedangkan harga tiket untuk rekreasi di Mandalawangi Camping Ground adalah:

  • Rekreasi untuk umum: Rp 16.000 – Rp 18.500
  • Rekreasi untuk pelajar: Rp 9.000 – Rp 10.500
  • Rekreasi untuk turis internasional: Rp 165.000 – Rp 240.000

Terdapat juga berbagai biaya untuk paket camping bersama keluarga, komunitas, dan institusi pendidikan. Harga yang ditawarkan berbeda tergantung dengan jumlah orang dan aktivitas yang akan dilakukan selama berkemah.

Daya Tarik Mandalawangi Camping Ground

Taman rekreasi Mandalawangi selalu ramai dikunjungi setiap harinya bukan tanpa alasan. Banyak wisatawan dari luar kota hingga mancanegara yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati pemandangan alam di sekitar bumi perkemahan.

Lokasinya yang berada tepat di bawah kaki Gunung Gede Pangrango mampu menyuguhkan keindahan alam khas pegunungan yang megah. Sepanjang perjalanan hingga sampai ke bumi perkemahan, pengunjung akan melihat pepohonan dan perbukitan hijau.

Selain pemandangannya yang indah dan asri, perkemahan Mandalawangi Camping Ground juga memiliki keunikan pada namanya. Berasal dari dua kata, yaitu Mandala yang artinya perguruan dan Wangi yang berarti kebaikan atau harum.

Jika digabungkan, tempat ini bermakna sebagai tempat berguru kebaikan yang wanginya sampai ke seluruh penjuru dunia. Maka tak heran jika taman ini sering dijadikan sebagai tempat untuk healing dan menangkan suasana hati.

Berbagai Kegiatan Seru di Mandalawangi Camping Ground

Merupakan area terbuka hijau yang luas dengan pemandangan alam yang mengagumkan, membuat taman Mandalawangi menjadi destinasi wisata paling ramai. Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil melakukan kegiatan seru bersama kerabat terdekat.

Camping atau Berkemah

Kegiatan pertama yang wajib dilakukan ketika mengunjungi Mandalawangi Camping Ground adalah berkemah. Di tempat ini tersedia banyak area terbuka yang luas dan bisa dijadikan sebagai lokasi untuk mendirikan tenda agar aktivitas camping semakin nyaman.

Setiap area memiliki pemandangan dan suasana yang berbeda-beda. Wisatawan bebas memilih area yang ingin digunakan untuk berkemah. Ada area dengan pemandangan hutan, danau, bukit, hingga pegunungan yang menawan.

Namun jika ingin berkemah, wisatawan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menyewa tenda dan perlengkapan lainnya. Disediakan juga harga untuk paket berkemah bersama keluarga atau komunitas dengan biaya yang berbeda-beda.

Menyusuri Danau Mandalawangi

Tidak jauh dari lokasi bumi perkemahan, Anda dapat menemukan danau yang ukurannya luas dan memiliki aliran air sangat tenang. Tak hanya bisa menikmati pemandangan dari tepian saja, wisatawan juga diperbolehkan untuk menyusuri danau.

Disediakan fasilitas perahu dan dayung bagi wisatawan yang ingin menelusuri sambil melihat pemandangan di sekitar danau. Satu perahu dapat disewa untuk dua sampai tiga orang. Wisatawan dapat mendayung sampai ke tengah danau agar mendapatkan panorama alam yang indah.

Kegiatan ini cocok bagi wisatawan yang tidak memiliki rencana untuk berkemah. Meskipun terkesan membosankan namun menyusuri danau bisa menjadi kegiatan yang seru jika dilakukan bersama dengan keluarga atau teman.

Melihat Pemandangan Air Terjun

Di Mandalawangi Camping Ground Cibodas terdapat air terjun yang lokasinya berada di dalam bumi perkemahan. Pemandangannya tidak kalah menakjubkan dengan panorama aliran air yang jatuh dari ketinggian dan menciptakan embun.

Tetapi lokasinya cukup jauh dan tersembunyi, sehingga wisatawan harus melakukan perjalanan ekstra. Meskipun begitu, selama perjalanan menuju ke air terjun, wisatawan bisa melakukan trekking untuk melewati akses jalan yang berlumpur dan berbatu.

Kegiatan ini sangat seru karena selain bisa menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga akan melakukan aktivitas trekking atau offroad yang menantang. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan panorama air terjun di Mandalawangi.

Aktivitas Outbound

Terdapat lagi satu kegiatan seru yang wajib dilakukan ketika berwisata ke Mandalawangi Camping Ground, yaitu outbound. Di area ini pihak pengelola menyediakan berbagai wahana yang bisa digunakan untuk kegiatan bersama.

Aktivitas outbound di Mandalawangi bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Salah satu wahana yang paling ramai adalah flying fox yang dibuat tepat di atas sungai. Anda tidak perlu khawatir karena seluruh wahana outbound dijaga oleh petugas.

Bermain di Pinggir Sungai

Terakhir, selain bisa mendapatkan pengalaman camping di Mandalawangi Camping Ground, Anda juga bisa bermain di pinggir sungai. Aliran dan debit airnya cukup tenang di musim kemarau, sehingga wisatawan dapat bermain-main di sekitar sungai.

Namun sebaiknya jangan bermain di dekat sungai ketika musim hujan karena debit dan volume air akan meningkat. Wisatawan tak perlu takut karena pengelola sudah membangun pembatas tali untuk menandai aliran yang deras.

Bagi Anda yang bosan dengan kegiatan berlibur pada umumnya dapat coba berkemah di Mandalawangi Camping Ground. Di tempat ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru sambil menikmati pemandangan pegunungan yang mempesona.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: