Hutan Kertas Karawang Tiket Masuk, Lokasi dan Waktu Kunjungan Terbaik

Hutan Kertas Karawang: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitasnya

Tidak banyak yang tahu kalau Karawang punya banyak tempat wisata kekinian yang unik. Hutan Kertas Karawang adalah salah satunya, tempat wisata yang dibuka sejak tahun 2017 ini tak pernah sepi dikunjungi. Selain karena punya pemandangan yang estetik, spot wisata ini juga punya banyak fasilitas.

Di Hutan Kertas, pengunjung bisa berfoto, melakukan piknik, mencicipi kuliner lezat, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mengunjunginya dalam waktu dekat? Berikut adalah informasi terbaru mengenai harga tiket masuk dan fasilitasnya.

Awal Berdirinya Hutan Kertas Karawang

Awal Berdirinya Hutan Kertas Karawang

Sebenarnya tempat wisata Hutan Kertas berdiri di lahan yang dikelola oleh PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, perusahaan ini bergerak di bidang produksi kertas. PT Pindo merupakan anak usaha dari Sinar Mas Group, yang juga menjadi produsen penghasil kertas yang besar.

Awal mulanya Hutan Kertas adalah tempat penghijauan akasia dan eucalyptus. Pemuda sekitar kemudian memanfaatkan lahan tersebut menjadi tempat wisata, apalagi ketika pohon-pohon mulai berbunga. Masyarakat sekitar Karawang pun tertarik untuk mampir melihat pemandangan indah tersebut.

Di akhir tahun 2017, Daus Baqi mengajukan proposal kepada Pindo Deli untuk mengelola lahan tersebut. Pihak Pindo Deli menyetujui, asalkan ketika perusahaan Pindo Deli membutuhkan lahan tersebut, Daus harus memberikannya. Persetujuan pun disepakati kedua belah pihak dan Hutan Kertas Karawang pun mulai berdiri.

Daya Tarik Hutan Kertas Karawang

Daya Tarik Hutan Kertas Karawang

Sebagai tempat wisata kekinian, Hutan Kertas punya banyak spot dan daya tarik yang sayang kalau dilewatkan, diantaranya adalah:

1. Banyak Spot Foto Instagrammable

Sebagaimana lahan awalnya, pengunjung masih bisa melihat pohon eucalyptus dan akasia di kawasan wisata. Namun penataan panoramanya sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga pengunjung bisa mendapatkan spot foto yang menarik.

Salah satu spot unggulan Hutan Kertas adalah jalanan setapak yang ada di tengah pepohonan. Jalanan setapak tersebut terlihat cantik, apalagi jika ada angin bertiup dan daun daun berguguran. Di sekitar jembatan tersebut juga banyak spot foto Instagrammable yang aesthetic.

2. Sky Paper Tinggi Menjulang

Ingin mencoba spot wahana yang memacu adneralin di Hutan Kertas Karawang? Kamu bisa ke Sky Paper yang tinggi dan menjulang. Sky Paper merupakan jembatan tinggi dengan bentuk yang melengkung, untuk beberapa orang yang takut ketinggian, wahana ini tentu memacu adrenalin.

Untuk naik dan berjalan ke Sky Paper ini, pengunjung harus membayar tiket tambahan. Per satu orangnya, biayanya adalah 10 ribu rupiah. Jangan khawatir, wahana Sky Paper aman untuk dilalui, ada petugas yang nantinya akan memandu pengunjung ketika menyebrang.

3. Pemandangan yang Indah

Hutan Kertas masih asri dan penuh dengan pepohonan, maka tak heran jika suasananya tenang dan nyaman. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah yang ada di tempat wisata ini dengan berpiknik dan menikmati santapan yang dibawa sendiri.

Untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin melakukan piknik, pihak pengelola sudah menyediakan gazebo yang tertata rapi. Jika tak membawa makanan sendiri dan bekal dari rumah, pengunjung bisa membeli camilan dan jajanan di restoran dan kafe di dekatnya.

4. Lampu LED yang Cantik

Mengunjungi Hutan Kertas Karawang tak hanya bisa di siang hari, jika ingin melihat tampilan lampu LED yang cantik, datanglah ketika sore atau malam hari. Semua lampu akan dinyalakan di berbagai spot wahana, dari Sky Paper hingga jembatan gantungnya.

Dengan pemandangan lampu LED yang cantik, Hutan Kertas jadi tempat wisata yang berbeda. Tidak sedikit pengunjung yang rela datang di sore hari untuk mengabadikan keindahan lampu LED yang terpasang. Suasana yang indah dan romantis di Hutan Kertas tak akan ditemukan di tempat lain.

Aktifitas Seru di Hutan Kertas Karawang

Selama mengunjungi Hutan Kertas di Karawang ini, ada banyak kegiatan seru yang bisa pengunjung lakukan, diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Karena masih penuh dengan pepohonan, pemandangan di Hutan Kertas tampak asri dan rindang. Pengunjung bisa duduk bersantai di gazebo dan tempat duduk yang tersedia sambil menikmati segarnya udara pegunungan yang sejuk.

2. Berburu Foto Aesthetic

Banyak anak muda yang mengunjungi tempat wisata ini untuk mendapatkan foto aesthetic. Ada banyak spot foto keren yang bisa pengunjung ambil, di sekitar Sky Paper, gazebo, atau wahanan permainan yang ada. Foto aesthetic juga bisa didapatkan ketika mengunjungi Hutan Kertas di malam hari.

3. Melakukan Foto Prewedding

Karena cantiknya pemandangan yang ada di Hutan Kertas Karawang, tidak jarang tempat ini dijadikan sebagai spot foto prewedding. Untuk menyewa jasa foto ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 200 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk dan fasilitas yang dibutuhkan.

4. Menikmati Kuliner

Jika sudah lelah berjalan-jalan di sekitar hutan, pengunjung bisa duduk di restoran atau kafe yang tersedia. Tiap kafe dibuat seunik mungkin, sehingga memberikan kesan romantis. Pengunjung bahkan bisa melakukan makan malam romantis di tempat ini bersama pasangan atau keluarga.

5. Melakukan Piknik

Pihak pengelola Hutan Kertas memperbolehkan pengunjung melakukan piknik dengan membawa peralatan dan makanan sendiri dari rumah. Cukup dengan membayar tiket masuk Hutan Kertas Karawang, pengunjung bisa langsung menggelar tikar dan menikmati pemandangan.

Fasilitas yang ada di Hutan Kertas Karawang

Sebagai tempat wisata kekinian yang sedang naik daun, Hutan Kertas sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Tersedia tempat parkir yang luas, mushola, café dan berbagai spot foto yang menarik. Pengunjung juga bisa menggunakan kamar mandi dan gazebo yang dijaga kebersihannya.

Untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan di Hutan Kertas, tersedia ruang meeting dan camping ground. Tidak harus membawa peralatan camping sendiri, sebab Hutan Kertas sudah menyediakan tempat sewa peralatan camping dan toko souvenir.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Hutan Kertas

Lokasi Hutan Kertas ada di Kutamekar, Ciampel, tepatnya di daerah Karawang, Jawa Barat. Tempatnya tidak begitu jauh dari kawasan industri, sehingga pengunjung bisa menjangkaunya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk Hutan Kertas Kawarang adalah 15 ribu rupiah di hari weekdays dan 20 ribu rupiah di akhir pekan. Sedangkan anak-anak dan lansia memilki harga khusus, yakni 5 ribu rupiah saja. Retribusi untuk parkir juga terjangkau, antara 3 – 5 ribu rupiah, tergantung jenis kendaraan.

Tiket yang sudah pengunjung beli juga bisa ditukar dengan es teh manis dan kentang goreng dengan syarat tertentu. Selain bisa masuk menikmati pemandangan yang indah, pengunjung pun bisa menikmati makanan ringan sambil jalan-jalan.

Untuk jam operasionalnya, pengunjung bisa datang setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 11 malam. Jumlah pengunjung di akhir pekan tentu lebih banyak daripada di hari biasa, jadi jika ingin menikmati tempat wisata ini secara menyeluruh, silahkan datang di awal pekan.

Informasi mengenai Hutan Kertas Karawang ini akan memudahkanmu ketika berkunjung ke tempat wisata tersebut. Siapkan uang tunai yang cukup karena beberapa fasilitas yang tersedia dikenai tiket tambahan.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: