modus love scamming

Apa Itu Love Scamming: Waspada Modus Pelaku Love Scamming

Vantage.id – Saat ini public tengah ramai dengan kasus love scamming yang melibatkan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan warga asing. Tahukah apa itu love scamming? Masyarakat kini harus mengetahui modus-modus love scamming yang marak terjadi. Untuk mengetahui lengkapnya bisa menyimak penjelasannya di artikel ini.

Love scamming ini masuk kedalam tindakan penipuan. Tindakan penipuan dengan cara love scamming ini berawal dari perkenalan antara korban dan pelaku. Biasanya hal ini bermula dari media sosial. Apa tujuan dari dilakukannya love scamming?

Tindakan ini dilakukan oleh pelaku love scamming karena ingin mendapatkan uang dari korbannya. Bagi yang belum mengetahui apa itu love scamming, Vantage.id akan memberikan penjelasan mengenai pengertian dan modus pelaku love scamming.

Apa Itu Pengertian Love Scamming?

apa itu love scamming

Dilansir dari laman Pusiknas Bareskrim Polri, love scamming disebut juga dengan romance scamLove scamming  adalah sebuah penipuan yang berkedok asmara, di mana pelakunya menaklukkan para korban dengan kata-kata cinta. Tak jarang bahkan sampai ke hubungan romansa yang serius.

Ketika beraksi, pelaku love scamming ini akan memanipulasi korban untuk mendapatkan uang. Setelah misinya berhasil mendapatkan uang, maka si pelaku akan menghilang. Penipuan ini kerap terjadi di saat pelaku menggunakan identitas online palsu hanya untuk mendapatkan kepercayaan dan kasih sayang dari korban.

Kemudian, pelaku menggunakan ilusi hubungan yang romantic untuk memanipilasi atau mencuri dari korban. Pelaku love scamming ini sangat ahli menjalankan perannya. Para pelaku terlihat sangat tulus, bisa dipercaya, dan penuh perhatian. Pelaku love scamming selalu ada di sebagian besar situs atau aplikasi kencan dan media sosial.

Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati jika berkenalan dengan orang asing melalui media sosial. Terlebih, jika orang asing tersebut sampai meminta barang berharga seperti uang.

Waspada! Ini Modus Pelaku Love Scamming yang Wajib Diketahui

modus love scamming

Setelah mengetahui apa itu love scamming, selanjutnya kita harus mengetahui apa saja modus love scamming yang sering digunakan si pelaku. Berdasarkan situs FBI, pelaku love scamming hanya ingin menjalin hubungan secepat mungkin, berusaha untuk mendapatkan kepercayaan korban, dan membuat korban merasa disayangi.

Bahkan, pelaku love scamming ini berani untuk melamar dan membuat rencana untuk bertemu dengan korban secara langsung. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tak akan pernah terjadi. Dan akhirnya, pelaku akan meminta uang kepada korbannya.

Pelaku love scamming kerap mengatakan jika mereka sangat menghindari pertemuan langsung dengan para korban. Berikut di bawah ini adalah beberapa modus love scamming yang kerap dilakukan pelaku:

  • Berkenalan lewat media sosial.
  • Hanya ingin berkomunikasi lewat pesan di media sosial atau situs percakapan lainnya.
  • Selalu memiliki alasan untuk tak mau diajak video call, telepon, hingga bertemu langsung di dunia nyata dengan korban.
  • Sangat cepat untuk mengatakan cinta dan mengajak untuk ke jenjang lebih serius contohnya pernikahan.
  • Selalu mempunyai alasan membutuhkan uang dengan alasan darurat.

Setelah mengetahui modus-modus yang kerap dilakukan oleh pelaku love scamming, masyarakat diminta untuk tetap waspada jika menemukan kenalan wanita atau pria di media sosial. Adakah tips untuk menghindari love scamming? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Menghindari Tindakan Love Scamming

tips menghindari love scamming

Tindakan penipuan love scamming ini membuat kita harus lebih waspada saat berkenalan dengan orang asing di media sosial. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari pelaku love scamming. Berikut adalah tips menghindari tindakan love scamming:

  • Lebih berhati-hati jika mengunggah video, foto, kata-kata di media sosial. Hal tersebut bisa memancing pelaku untuk mempejari calon korban di media sosial.
  • Kenali foto, identitas, dan unggahan orang yang mengajak berkenalan di media sosial.
  • Tak mudah terpancing dengan kata-kata cinta dari orang asing.
  • Tak mudah teperdaya untuk mengirimkan uang kepada orang asing tersebut.

Demikian penjelasan mengenai apa itu love scamming, modus pelaku love scamming, dan tips menghindari love scamming. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: