Tutorial Cantik Alami yang Aman dan Mudah

7 Tutorial Cantik Alami / Natural Tanpa Make Up atau Riasan Wajah

Banyak orang menginginkan cantik alami meski tanpa make up. Untuk menjalankannya, Anda bisa mengikuti tutorial cantik alami berikut ini.  Dengan demikian, penampilan Anda menjadi lebih menarik meski tanpa make up.

Cantik alami ini terjadi ketika kulit wajahnya sehat, cerah, dan bersih. Tidak selalu harus berkulit putih agar dibilang cantik alami karena standar kecantikan tiap orang berbeda. Oleh sebab itu, dibutuhkan perawatan wajah untuk memancarkan kecantikan alami lebih maksimal.

Tutorial Cantik Alami

Untuk membuat cantik alami bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu keluar banyak uang. Guna mencapai kecantikan alami dibutuhkan perawatan wajah yang baik agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit.

Selain itu, penting juga untuk menerapkan gaya hidup sehat agar bisa menutrisi wajah menjadi lebih baik lagi. Perawatan wajah ini juga bermanfaat untuk mengatasi penuaan seperti keriput dan berbagai masalah kulit lainnya. Mau tahu tips cantik alami yang bisa Anda coba? Mari kita simak penjelasannya berikut:

1. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Hal penting untuk merawat kulit agar tetap terawat yaitu selalu menjaganya dari paparan sinar UV. Dengan melindungi dari sinar matahari ini kulit menjadi lebih cantik dan awet muda. Pasalnya, terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa lebih mudah terjadinya penuaan dini seperti kerutan, bintik penuaan, bahkan bisa mengalami kanker kulit.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan guna terlindung dari paparan sinar matahari. Beberapa tutorialnya yaitu sebagai berikut:

  • Pakai sunscreen dengan SPF 30 sebelum melakukan aktivitas outdoor. Anda dapat mengulangi setiap 2 jam sekali ketika selesai berenang atau sudah berkeringat. Sunscreen menjadi hal yang wajib untuk proteksi kulit dari sinar UV.
  • Perlu menghindari teriknya matahari di waktu siang hari jika memungkinkan. Contohnya tidak terpapar matahari di waktu 10 pagi sampai 4 sore.
  • Gunakan pakaian pelindung agar tidak  langsung terkena sinar matahari. Contohnya menggunakan lengan panjang atau jaket pada saat berkendara. Gunakan juga celana panjang, dan topi dengan tepinya yang lebar untuk melindungi wajah dengan baik.
  • Bisa gunakan kacamata hitam agar mata terlindungi ketika berada di luar ruangan.

2. Pakai Masker Wajah dengan Rutin

Pakai Masker Wajah dengan Rutin

Tutorial cantik alami berikutnya yaitu mengunakan masker wajah yang alami. Ada banyak masker wajah dengan menggunakan ekstra buah-buahan atau bahan alami lainnya yang efektif untuk menutrisi wajah.

Beberapa diantaranya seperti mampu membersihkan pori-pori secara lebih mendalam, bisa mengangkat sel kulit mati lebih maksimal, mencerahkan, mengencangkan, melembutkan, dsb. Dari berbagai manfaat inilah, Anda bisa memilih mana bahan masker dengan manfaat yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa contoh maskernya seperti oatmeal untuk wajah berjerawat, mentimun untuk kulit kering, dan masker lemon untuk mencerahkan dan cocok bagi pemilik kulit berminyak.

Biasanya, penggunaan masker wajah maksimal 3 kali dalam seminggu agar bisa mendapatkan manfaatnya yang lebih optimal.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum Air Putih yang Cukup

Selain perawatan dengan menggunakan skincare atau dari luar, penting juga untuk mengatasinya dari dalam. Hal tersebut dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Penting untuk minum  air putih sesuai dengan anuran yaitu minimal 8 gelas  setiap harinya guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Jika kebutuhan cairan ini sudah terpenuhi maka kulit akan menjadi lebih terhindrasi dengan baik. Alhasil, membuat kulit menjadi lebih sehat dan tidak kering. Selain dari air putih, Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan cairan dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak. Contohnya seperti stroberi, semangka, timun, dsb.

Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda juga tidak boleh mengonsumsi alkohol. Hal ini karena  meminum alkohol bisa membuat tubuh kehilangan cairan sehingga kulit menjadi tidak lembab dan kering. Dengan demikian, tanda-tanda penuaan akan semakin terlihat.

4. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Menjaga asupan nutrisi juga berdampak pada kesehatan kulit. Oleh sebab itu, gizi yang seimbang dan kebutuhan ini juga penting dilakukan. Beberapa nutrisi yang terbaik seperti mineral, protein, antioksidan, dan vitamin yang cukup.

Dengan begitu, ini akan membantu dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga membuat sel kulit menjadi lebih sehat. Hal ini juga didukung dengan penelitian yang menunjukkan bahwa melakukan diet sehat dengan kaya minyak ikan dan rendah lemak jenuh bisa membuat tubuh menjadi lebih cerah dan awet muda.

Berikut ini adalah tutorial cantik alami untuk menjalankan pola makan yang baik dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda:

  • Pilih makanan dari gandum atau biji-bijian saat sarapan. Contohnya makan roti gandum atau oatmeal yang menyeharkan.
  • Selanjutnya, konsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Contohnya alpukat, jeruk, tomat, brokoli.
  • Konsumsi ikan yang tinggi nutrisi dan ada kandungan asam lemak sehat di dalamnya. Misalnya, seperti sarden, salmon, dan ikan kembung.
  • Jangan memakan makanan dengan lemak jenuh seperti daging dengan lemak banyak, gorengan, makanan cepat saji.
  • Kontrol asupan gula dan tidak boleh makan makanan manis secara berlebihan seperti permen, coklat, pudding, dan permen.

5. Olahraga yang Rutin

Olahraga yang Rutin

Untuk membuat kulit sehat dan bercahaya penting untuk melakukan olahraga. Ini karena olahraga rutin ini mampu untuk memperlancar aliran darah sehingga nutrisi dan oksigen bisa tersalurkan dengan baik.

Oleh sebab itu, ini alasan kenapa olahraga penting untuk memperbaiki kerusakan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat.

6. Kelola Stress dengan Baik

Kelola Stress dengan Baik

Jika sudah merawat kulit dari dalam dan luar, hal yang tidak boleh disepelekan lainnya yaitu dari mental health. Anda perlu mengelola stress dengan baik agar dapat membuat kulit menjadi lebih dan terjaga.

Apabila stress berlebihan, ini akan berdampak pada kulit menjadi lebih sensitif. Dengan demikian, dampak negatif yang diperoleh bisa mengakibatkan tumbuhnya jerawat, eksim, psoriasis, dan masalah kulit lainnya.

Untuk itu, penting untuk menjaga stress Anda untuk menggapai cantik alami. Contohnya dengan tidur dan istirahat cukup. Selain itu, bisa juga dengan mengerjakan atau melakukan hal yang disenangi.

Tidur yang cukup sangat penting untuk kulit karena kebiasaan begadang akan merusak sel kulit dan menambah stress.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok

Hentikan Kebiasaan Merokok

Cara berikutnya adalah menghentikan kebiasaan buruk untuk menjaga kesehatan kulit. Contohnya tidak merokok karena ini bisa mempercepat penuaan. Kebiasaan merokok ini berisiko mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit serta mengurangi oksigen dan menyerap nutrisi di kulit dengan lebih maksimal.

Tidak hanya itu, kebiasaan merokok ini juga bisa merusak kolagen serta mengurangi elastisitas wajah. Hal ini yang nantinya akan membuat wajah menjadi cepat keriput. Jadi, hindari kebiasaan merokok ini karena dapat merugikan Anda dan menghambat impian menjadi cantik alami.

Tutorial cantik alami ini bisa dilakukan dengan mudah tetapi butuh mengerjakannya secara konsisten agar hasilnya dapat terlihat. Selain itu, lakukan juga perawatan wajah dengan maksimal seperti rajin cuci muka dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan kondisi wajah.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: