Tutorial Eyeshadow Secara Lengkap Bagi Pemula

Tutorial Eyeshadow untuk Pemula, Natural Look dan Rapi!

Cara mengaplikasikan eyeshadow terbilang sulit bagi para pemula. Banyak yang mengeluh hasinya menjadi terlihat mencolok dan tidak blend dan menor. Untuk itu, pada kesempatan ini akan dijelaskan tutorial eyeshadow yang gampang bagi pemula.

Eyeshadow terdiri dari banyak warna sehingga Anda bisa mengaplikasikannya dengan satu warna saja di kelopak mata atau menggunakan kombinasi dua tiga warna untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Tutorial Eyeshadow Bagi Pemula

Bagi Anda yang ingin belajar bagaimana cara menggunakan eyeshadow yang baik dan benar bisa mengikuti petunjuk berikut ini. Jadi, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan riasan wajah Anda akan terlihat lebih maksimal lagi.

1. Siapkan Eyeshadow dengan Dua atau Tiga Warna

Siapkan Eyeshadow dengan Dua atau Tiga Warna

Hal pertama yang dilakukan untuk memakai eyeshadow yaitu mempersiapkan alatnya terlebih dahulu. Tidak perlu membeli banyak warna eyeshadow agar Anda tidak bingung dalam memilihnya.

Cukup sediakan palet eyeshadow ukuran kecil yang terdiri dari dua atau 3 warna saja sehingga ini akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikannya dan mudah untuk dikombinasikan karena warna di dalam palet tersebut memang sudah cocok dikombinasikan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan warnanya lagi. Namun, untuk memilih warna yang natural Anda dapat memilih warna pastel atau soft sehingga warnanya tidak terlihat mencolok ketika dipakai.

Bisa juga untuk memilih warna coklat atau beige untuk warna natural dan cocok untuk pemula.Umumnya, trio eyeshadow ini memiliki 3 jenis yaitu warna dasar (base color), highlight (warna paling terang), dan shadownya (warna paling gelap).

Penggunaannya juga berbeda yaitu untuk warna dasar biasanya dipakai di seluruh kelopa mata, warna gelap digunakan di ujung luar mata, dan terang dipakai di ujung dalam pada mata.

2. Gunakan Warna yang Terbaik

Gunakan Warna yang Terbaik

Selanjutnya, adalah pemilihan warna terbaik yang cocok dipakai untuk Anda. Pilih warna yang lebih gelap untuk shadownya contohnya hitam atau coklat.

Anda tidak perlu takut jika menerapkan warna yang terlalu gelap karena nantinya akan diblend menggunakan kuas sehingga hasilnya akan bagus dan tidak akan terlalu gelap.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan finishing dari  warna eyeshadow. Contohnya dengan memberikan warna glitter atau shimmer yang digunakan untuk highlight. Peletakan dari glitter ini bisa ditambahkan pada bagian ujung dalam mata.

Selain itu, untuk warna yang tidak ada glitternya akan cocok dipakai sebagai warna dasar dan shadow yang diletakkan di ujung luar mata.

3. Pakai Primer atau Concealer

Pakai Primer atau Concealer

Tahap selanjutnya untuk memaksimalkan tampilan eyeshadow yang cantik adalah memberikan concealer dan primer. Anda bisa meratakan kelopak mata dengan pemberian concealer atau primer sehingga membuat warna kelopak menjadi lebih mulus  dan rapi.

Pemberian concealer atau primer ini dilakukan dengan maksud saat pemberian eyeshadow, warnanya menjadi lebih keluar dan terlihat serta lebih awet menetap di kelopak mata. Untuk itu, ini merupakan cara terbaik untuk Anda agar hasil eyeshadow menjadi lebih stunning.

4. Aplikasikan Eyeshadow Menggunakan Jari Atau Kuas

Aplikasikan Eyeshadow Menggunakan Jari Atau Kuas

Jika sudah memakai primer atau concealer, saatnya untuk memakai eyeshadow menggunakan warna yang sudah Anda pilih. Biasanya, ketika membeli eyeshadow, Anda akan mendapatkan kuas kecil atau aplikator yang berbahan sponge.

Ini biasanya digunakan bagi Anda yang sudah mahir. Namun, apabila belum terbiasa dan masih pemula dalam berdandan bisa menggunakan eyeshadow menggunakan jari saja. Dengan menggunakan jari, akan membuat warna menjadi lebih mudah keluar ke kelopak mata.

Selain itu, ini akan memudahkan Anda dalam meratakan warna eyeshadow ke kelopak mata dengan baik.

5. Pakai Eyeshadow untuk Warna Dasar Terlebih Dahulu

Pakai Eyeshadow untuk Warna Dasar Terlebih Dahulu

Tutorial eyeshadow saat diterapkannya pertama yaitu memulainya dengan mewarnai selurh kelopak mata untuk penggunaan warna dasarnya terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Anda bisa mengaplikasikannya baik menggunakan kuas atau jari. Cara mewarnai kelopak mata ini dimulai dari garis bulu mata sampai ke atas lipatan mata. Jangan terlalu memberikan warna yang terlalu lebar atau dekat dengan alis.

Anda perlu memberikan ruang atau jarak dari alis  dan kelopa mata agar terlihat natural dan tidak mencolok. Jika sudah, rapikan dengan kuas bersih dengan cara membaurkan ujung garis warna di bagian luar sampai ke dalam sehingga akan tampak merata.

Step ini sebenarnya sudah selesai jika Anda hanya menggunakan satu warna saja. Namun, agar terlihat gradasi warna yang lebih bagus, Anda bisa menambahkan warna lain untuk ujung luar mata.

6. Gunakan Warna Gelap di Ujung Luar Mata

Gunakan Warna Gelap di Ujung Luar Mata

Setelah berhasil membuat warna dasar di kelopak mata, langkah berikutnya yaitu memberikan warna gelap di ujung luar mata. Untuk mengaplikasikannya Anda perlu menggunakan kuas lalu ambil warna yang lebih gelap setingkat dari warna dasarnya.

Setelah itu, tepuk-tepuk kuas tersebut agar bubuk eyeshadownya tidak berjatuhan di wajah ketika sudah diaplikasikan.

Selanjutnya, Anda tinggal memberikannya di ujung luar mata. Jika sudah, perlu membaurkan warna dasar dengan warna gelap ini menggunakan aplikasi sponge tersebut sehingga akan terlihat lebih merata.

Anda bisa membaurkannya dengan cara disapukan secara perlahan-lahan menggunakan aplikator tersebut sehingga tidak ada garis yang terlihat dan ulangi pemakaian warnanya agar terlihat gradasi warna yang indah.

7. Berikan Highlight di Bagian Ujung Dalam Mata

Berikan Highlight di Bagian Ujung Dalam Mata

Jika sudah menggunakan dua warna eyeshadow, Anda bisa menambahkan warna lainnya untuk gradasi yang lebih optimal. Namun, jika memilih hanya dua warna saja, Anda bisa melanjutkannya dengan pemberian highlight menggunakan glitter.

Anda bisa meletakkannya di bagian ujung dalam mata. Caranya bisa menggunakan kuas dengan ukuran kecil atau bisa juga menggunakan jari kelingking atau aplikator sponge yang sudah disediakan sebelumnya.

Dengan demikian, ini akan memudahkan dalam membuat tampilan lebih maksimal lagi dan mata terlihat lebih hidup. Jadi, glitter akan melengkapi riasan mata Anda menjadi lebih baik lagi.

8. Rapikan dan Bersihkan Kesalahan dengan Cotton Bud

Rapikan dan Bersihkan Kesalahan dengan Cotton Bud

Tahap berikutnya adalah merapikan dan membersihkan eyeshadow yang salah menggunakan cotton bud. Hal ini dapat terjadi ketika warna yang Anda oleskan tidak sesuai atau bleberan di luar dari kelopak mata. Dari pada gagal, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cotton bud yang diberikan cairan make up remover.

Dengan begitu, kesalahan dapat diperbaiki dan membuat wajah bersih tanpa berantakan.

9. Gunakan Eyeshadow Ini Sebelum Melakukan Riasan Wajah

Gunakan Eyeshadow Ini Sebelum Melakukan Riasan Wajah

Terakhir adalah tips menggunakan eyeshadow yang baik dan benar yaitu dilakukan sebelum melakukan riasan wajah. Sebaiknya, Anda melakukan riasan mata terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan.

Gunakan eyeshadow ini sebelum Anda menggunakan bedak atau foundation. Dengan demikian, riasan wajah tidak kotor dari bubuk eyeshadow yang bisa berjatuhan. Selain itu, guna menghindari bubuk tersebut jatuh dan mengotori wajah sebaiknya tepuk-tepuk dahulu kuas sebelum diusapkan ke kelopak mata.

Tutorial eyeshadow ini termasuk cara mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk yang baru pertama kali memakainya. Dengan penjelasan lengkap ini, Anda bisa memahami apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan eyeshadow.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: