Wisata-Sambil-Belajar-di-Museum-Nasional-Sejarah-Alam-Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia: HTM dan Daya Tarik

Belajar sejarah dan kekayaan alam Indonesia tak harus dengan buku dan materi yang membosankan. Jika ingin belajar sejarah dengan cara menyenangkan, datanglah ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Di museum tersebut, pengunjung bisa melihat secara langsung berbagai informasi menarik mengenai Indonesia.

Lebih dikenal sebagai Munasain, museum yang berada di kota Bogor ini bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya menjadi destinasi kunjungan untuk keluarga, museum ini juga rutin menjadi destinasi darmawisata sekolah berbagai jenjang.

Berdirinya Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Munasain berdiri sejak tahun 1982 dengan nama awal sebagai Museum Etnobotani dan dikelola langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selanjutnya di tahun 2016, museum Museum Etnobotani berganti nama menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Pencetus berdirinya museum ini adalah Prof. Sarwono yang kemudian menjabat sebagai ketua Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai sejarah Indonesia termask berbagai artefak etnobotani.

Daya Tarik Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Daya-Tarik-Museum-Nasional-Sejarah-Alam-Indonesia

Sebagai satu-satunya museum sejarah alam yang ada di Indonesia, museum ini menyimpan berbagai objek yang menarik, diantaranya adalah:

1. Ruang Sejarah Rempah

Indonesia terkenal sebagai negara dengan jumlah rempah rempah yang besar di dunia. Maka tak heran jika Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia membuat khusus ruang sejarah rempah. Di dalamnya pengunjung bisa melihat berbagai rempah khas Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tidak hanya rempah-rempahnya saja, ada juga infografis yang menggambarkan produksi rempah di seluruh Indonesia. Dijelaskan pula bahwa Indonesia berada di peringkat ketiga dunia terkait produksi rempah, dengan komoditas utama berupa jahe, lada, pala, lengkuas, cabai, hingga kayu manis.

2. Ruang Biota Hayati

Selain ruang sejarah rempah, ada pula ruang bioya hayati. Di ruangan ini, terdapat ringkasan dan replikasi keanekaragaman hayati Indonesia. Pada bagian depan ruangan, pengunjung bisa melihat bagaimana rupa kota Bogor dari masa ke masa.

Tidak hanya itu saja, ketika pengunjung berjalan hingga ke ujung ruangan, akan terlihat replika obat-obatan herbal, ruang gaharu mini, hingga ruang pangan alternatif. Dengan penjelasan yang ada, pengunjung bisa melihat bagaimana Indonesia punya banyak kekayaan hayati yang tak ternilai.

3. Ruang Pameran Pangan

Ingin melihat bagaimana rupa tumbuhan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi? Museum Munasain menampilkannya di ruang Pameran Pangan. Di ruangan tersebut, pengunjung akan melihat berbagai replikasi jenis tumbuhan dan makanan yang diolah secara tradisional.

Untuk melihat keteragan dari masing-masing replika juga tak sulit, ada berbagai banner warna warni yang menampilkan informasi. Ada juga lemari yang berisi koleksi buku tua, banner, dan daftar kepala museum dari masa ke masa di ruangan tersebut.

4. Basement dengan Berbagai Replika

Sebagai penutup, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke basemen yang menyimpan banyak replika menarik. Ada flora purba, berbagai macam kayu lokal yang hanya ditemukan di Indonesia, tumbuhan lontar, rotan dan juga alat alat pertanian.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia juga menampilkan replikasi alat musik dan mainan tradisional anak dari seluruh Indonesia. Dengan koleksi tersebut, generasi muda diharapkan lebih peduli dengan kebudayaan serta keanekaragaman hayati.

Aktifitas Menarik di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Banyak aktifitas menarik yang bisa pengunjung lakukan ketika mampir ke museum ini, mulai dari belajar sambil berwisata hingga berburu spot foto menarik.

1. Belajar Sambil Berwisata

Museum ini menawarkan berbagai informasi menarik mengenai Indonesia, baik flora dan fauna maupun kearifan lokalnya. Pengunjung tak hanya belajar, tapi juga bisa tahu lebih dalam aspek aspek tersebut lewat replika yang disusun secara menarik.

Jika ingin belajar lebih dalam mengenai sejarah alam Indonesia, pihak museum menyediakan ruang perpustakaan yang terbuka untuk umum. Tersedia pula ruang multimedia untuk belajar lebih dalam mengenai keanekaragaman biota Indonesia secara audio visual.

2. Selfie di Spot Terbaik Museum

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia punya beberapa spot foto menarik dan estetik. Memberikan kesan modern sekaligus retro, pengunjung bisa mengambil  gambar secara bebas di dalam ataupun luar museum. Sebab penataan museum sudah dibuat sebaik mungkin agar tak terlihat jadul.

Ada berbagai spot foto menarik yang bisa pengunjungu ambil, baik di ruang pameran, di perpustakaan atau di pelataran museum. Tidak ada tarif tambahan jika pengunjung ingin mengambil foto ataupun membawa kamera sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Munasain

Fasilitas-yang-Tersedia-di-Museum-Munasain

Sebagai destinasi wisata edukasi, museum sejarah alam yang ada di Bogor ini sudah memberikan fasilitas yang lengkap untuk pengunjung, beberapa diantaranya adalah:

1. Mushola dan Toilet

Toilet dan mushola yang disediakan pihak museum di kelola dengan baik, sehingga bersih dan nyaman digunakan. Pengunjung bisa melakukan ibadah di mushola yang ada di dekat museum tanpa perlu khawatir.

2. Area Parkir yang Luas

Jangan khawatir untuk pengunjung yang datang secara rombong, Museum Munasain telah menyediakan area parkir yang luas. Pengunjung bisa membawa kendaraan roda dua, mobil ataupun motor dan memarkirnya dengan aman.

3. Spot Wisata Lengkap

Ada berbagai spot wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari spot wisata sejarah, spot wisata edukasi, ruang pameran, ruang multimedia dan perpustakaan. Hanya dengan satu tiket, pengunjung bisa memasuki semua spot wisata yang tersedia.

4. Penginapan

Untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap di museum ini, pihak pengelola menyediakan penginapan berbayar. Terkait teknis dan penyewaan kamar, pengunjung bisa menanyakan langsung di loket atau petugas museum.

Lokasi dan HTM Museum Munasain

Jika tertarik mengunjungi spot wisata edukatif ini, silahkan datang ke Jln. Ir. H Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi LIPI di Paledang, Kota Bogor Tengah. Tiket masuk Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini hanya 5 ribu rupiah saja untuk semua umur.

Sedangkan untuk parkir, pengunjung hanya perlu membayar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Museum buka setiap hari dari jam 8 pagi – jam 2 sore,  jadi pastikan tidak terlambat jika ingin mampir ke museum sejarah alam ini.

Tips Berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Agar perjalanan dan kunjungan ke museum nyaman, ada beberapa tips yang bisa pengunjung lakukan. Diantaranya mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak terbuka, bawa juga uang cash secukupnya jika ingin membeli souvenir atau makanan di sekitar museum.

Apabila datang ke museum menggunakan kendaraan umum, hindari datang di akhir pekan atau hari libur jika tak ingin terkena macet. Hindari pula membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang ada di museum. Patuhi peraturan yang ditetapkan oleh museum agar tak menggangu pengunjung yang lain.

Dengan berbagai daya tarik yang Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia miliki, sayang jika melewatkan kesempatan berkunjung kesana. Tidak hanya akan menambah pengetahuan mengenai sejarah Indonesia, pengunjung juga bisa melepas sejenak penat dengan menikmati segarnya udara kota Bogor.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: