Melacak HP Dengan iMEI

Cara Melacak HP Dengan iMEI Dalam Keadaan Mati Lokasi Akurat

Jika kamu kehilangan ponsel di jalan ataupun di suatu tempat, maka jangan panik dulu dan langsung saja simak Cara Melacak HP Dengan iMEI tanpa menggunakan aplikasi di bawah ini. Kehilangan HP adalah salah satu musibah yang tidak bisa kita hindari kalau sudah terjadi.

Untuk itulah, pengguna harus tahu solusi apa yang bisa dilakukan agar tetap bisa mengetahui keberadaan ponsel meskipun dalam keadaan mati.

Berikut ini adalah beberapa Cara Melacak HP Dengan iMEI tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Apakah Bisa Melacak HP Dengan iMEI Dalam Keadaan Mati

Apakah Bisa Melacak HP Dengan iMEI Dalam Keadaan Mati

Setiap perangkat smartphone yang kita gunakan memiliki kode identitas tersendiri yang membedakannya dengan ponsel lain. Salah satu kode yang menjadi identitas dari setiap ponsel adalah IMEI.

Semua mobile phone pastinya memiliki kode tersebut karena memang fungsi IMEI sendiri cukup penting. Beberapa orang mungkin tidak terlalu memikirkan soal berapakah kode IMEI dari perangkat yang mereka gunakan.

Fungsi utama dari IMEi adalah untuk identify nomor telepon seluler yang digunakan oleh pengguna di dalam negeri. Pengguna harus memastikan bahwa perangkat yang dipakai itu IMEInya telah terdaftar agar bisa menggunakan kartu operator seluler dari Indonesia.

Untuk beberapa kasus mungkin ada yang IMEIny diblokir sehingga tidak bisa perangkatnya tidak bisa tersambung ke jaringan internet jika menggunakan data kuota. Selain itu, masih banyak fungsi dari IMEI yang akan sangat membantu kehidupan pengguna nantinya.

Dengan mengetahui berapa IMEI pada HP pun bisa memudahkan orang untuk melacak ponselnya jika hilang di suatu tempat. Kehilangan ponsel adalah salah satu tragedi yang paling sering dialami oleh orang-orang.

Entah itu karena diambil oleh orang lain ataupun terjatuh dijalan sehingga kamu tidak bisa mengetahui dimana lokasi pastinya HP tersebut. Pengguna bisa dengan mudah Melacak HP Dengan iMEI dan mengetahui dimanakah lokasi HP tersebut berada sekarang.

Umumnya, proses Melacak HP Dengan iMEI bisa dilakukan ketika ponsel yang hilang tadi masih dalam keadaan hidup. Lalu bagaimana jika HPnya ternyata mati? Proses pelacakan tetap bisa dilakukan, tetapi lokasi yang akan diidentifikasi adalah tempat terakhir HP tersebut berada sebelum mati.

Walaupun cara ini tidak 100% akan mengembalikan ponselmu yang hilang karena terjatuh dan alasan lainnya. Setidaknya bisa membantu orang-orang untuk mengetahui keberadaan terakhir HP mereka dan menjadi petunjuk untuk melakukan hal yang lainnya.

Namun, sebelum Melacak HP Dengan iMEI tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melacak HP Dengan iMEI

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melacak HP Dengan iMEI

Beberapa di antara pembaca saat ini mungkin sedang mengalami musibah kehilangan HP dan mencari cara untuk menemukan ponsel tersebut. Solusi yang bisa dilakukan untuk saat ini adalah mencari keberadaan HP menggunakan IMEI dari perangkat.

Cara melacak HP dengan IMEI bisa dibilang merupakan metode yang cukup akurat, tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan. Apabila kalau sebelumnya kamu tidak tahu apa itu IMEI.

Perlu diketahui bahwa setiap ponsel, baik itu Android dan juga iOS memiliki kode IMEI perangkatnya sendiri-sendiri. Inilah yang akan membantu orang lain untuk menemukan keberadaan HPmu ketika mencarinya menggunakan IMEI.

Pencarian HP hilang menggunakan kode tersebut tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hanya saja prosesnya lebih panjang ada ketentuan tertentu yang perlu dipahami dulu oleh para pengguna.

Untuk bisa melacak HP menggunakan kode IMEI, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah berapa IMEI perangkat tersebut. Itulah mengapa mencatat IMEI ketika pertama kali membeli ponsel adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Tetapi banyak orang yang tidak melakukannya sehingga begitu ponselnya tejatuh dan hilang cara ini tidak berlaku efektif. Mencatat IMEI ponsel adalah bentuk mitigasi diri sendiri agar ketika terjadi suatu musibah di luar dugaan, kamu sudah tahu cara untuk mengatasinya.

Namun, kode IMEI juga perlu dijaga dan jangan sampai diberikan ke sembarang orang. Kalau pembaca tahu berapa kode IMEInya maka proses pelacakan bisa tetap berjalan menggunakan berbagai cara.

Hal berikutnya yang harus menjadi perhatian adalah posisi perangkat yang hilang dalam keadaan mati atau hidup. Kalau terjatuh dijalan mungkin saja masih ada keadaan hidup. Tetapi hal ini akan berbeda jika ada seseorang yang mengambil ponselmu.

Orang tersebut tentu saja akan mematikan ponselnya sehingga informasi lokasi tidak akan terlacak. Meskipin begitu pengguna tidak perlu terlalu khawatir soal hal ini karena bisa diserahkan ke pihak yang berwenang.

Cara Cek Nomor iMEI Di Dalam Perangkat

Cara Cek Nomor iMEI Di Dalam Perangkat

Sesuai dengan pembahasan yang telah kami sampaikan di atas bahwa penting bagi masyarakat untuk mengetahui berapa IMEI ponselnya. Bagi yang membaca artikel saat ini diharapkan sudah mengetahui kode identitas dari perangkat yang digunakan.

Namun, bisa jadi ada yang belum tahu bagaimana cara untuk cek IMEi di perangkat. Apakah harus lihat di kotak HPNya atau ada cara lain yang bisa digunakan? Disini kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan kode IMEI.

Segera catat kode tersebut dan tulis di kertas atau simpan di tempat lain, selain perangkat yang digunakan. Hal ini merupakan bentuk jaga-jaga kalau terjadi hal buruk di kemudian hari. Kita tidak pernah tahu kapan musibah akan terjadi dan yang bisa dilakukan hanyalah melakukan proses pencegahan dan juga pencarian solusinya.

Walaupun di dunia ini tidak ada orang yang kehilangan HP, tetapi jika memang sudah takdirnya maka ada cara yang bisa dilakukan sebagai usaha menemukan HP tersebut. Berikuti ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui berapa kode IMEI HP masing-masing.

Mungkin setiap merk perangkat mobile phone memiliki perbedaan soal letak informasi IMEI di ponselnya. Tetapi itu bukan menjadi masalah karena masih ada cara lebih simpel yang bisa digunakan oleh pengguna.

Melalui Kode Panggilan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek IMEI d semua ponsel adalah dengan menggunakan kode panggilan. Ini merupakan cara paling umum yang bisa dilakukan oleh semua orang bila ingin mengecek kode identitas tersebut.

Sebelumnya, pengguna harus tahu kalau kode IMEI sebenarnya berlaku secara internasional. Hanya saja kalau di Indonesia kan ada aturan tersendiri sehingga tidak semua IMEI bisa lolos untuk menggunakan jaringan operator disini.

Tutorial yang satu ini bisa diikuti oleh semua pengguna ponsel Android dan juga iOS dengan memakai kode yang sama. Prosesnya pun sangatlah mudah dan hanya butuh beberapa menit saja untuk mengetahui IMEImu.

Jangan lupa siapkan kertas dan pena atau catat kode IME tersebut di tempat lain. Tidak perlu catat di ponsel sendiri karena kan fungsi mengetahui IMEI untuk jaga-jaga terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Pertama, buka ponsel masing-masing lalu masuk ke dalam menu Panggilan.
  • Ketik kode Dial Up berikut ini *#06#. Tidak perlu menekan tombol panggilan.
  • Nanti akan langsung muncul kode IMEI perangkatmu.
  • Kalau ponsel yang digunakan adalah dual SIM maka akan muncul dua kode dan sebaliknya.
  • Silahkan catat kode tersebut dan simpan di tempat yang paling aman.

Dial Up Code ini berlaku secara umum dan kalau penasaran langsung saja coba cara tersebut sekarang juga.

Cek Melalui Menu Pengaturan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui berapa kode IMEI di dalam ponsel adalah melalui menu pengaturan. Nah, kalau tutorial yang satu ini mungkin ada sedikit perbedaan di beberapa ponsel.

Namun, pada intinya cara melihat IMEinya itu sama saja, tetapi yang membedakan adalah fitur menu yang ada pada perangkatnya. Pada kesempatan ini, Vantage.id akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui kode IMEI secara umum di perangkat HP.

  • Buka ponsel masing-masing dan langsung masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Setelah itu cara menu Tentang Ponsel. Biasanya ada di bagian paling atas atau paling bawah.
  • Jika sudah masuk ke dalam fitur tersebut. Akan ada beberapa informasi terkait perangkat.
  • Disana pengguna bisa melihat nomor IMEI untuk slot SIM 1 dan IMEI slot SIM 2.
  • Jangan lupa untuk catat dan kalau gunakan saat ingin Melacak HP Dengan iMEI.

Kurang lebih cara yang perlu dilakukan sama saja, baik cek IMEI di perangkat Android maupun iOS. Apabila sudah mengetahui berapa nomor IMEI maka akan jauh lebih tenang jika mengalami musibah, seperti kehilangan HP.

Cara Melacak HP Dengan iMEI Dalam Keadaan Mati 99% Akurat

Cara Melacak HP Dengan iMEI Dalam Keadaan Mati 99 % Akurat

Apabila sewaktu-waktu kamu atau ada orang terdekatmu yang kehilangan ponsel. Maka jangan dulu panik karena bisa cek lokasi keberadaan HPnya secara akurat menggunakan nomor IMEI.

Kalau sudah tahu IMEI HP sebenarnya bisa lebih mudah untuk meminta bantuan pihak terkait untuk mengetahui keberadaan ponsel tersebut. Berikut ini adalah Melacak HP Dengan iMEI tanpa aplikasi dan bisa dilakukan di rumah saja.

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs pelacak IMEI internasional. Gunakan alamat situs berikut ini https://imei-tracker.com/.
  • Kalau sudah masuk ke dalam websitenya, klik bacaan Lacak IMEI. Tunggu hingga masuk ke halaman pencarian.
  • Masukkan salah satu nomor IMEI ponsel ke kolom yang telah disediakan.
  • Kemudian pilih Negara Indonesia karena kamu berada di Indonesia. Negara ini bisa disesuaikan darimana ponsel tersebut dibuat.
  • Setelah itu kembali tekan Lacak IMEI dan tunggu proses pencarian sampai selesai.
  • Nanti akan muncul segala informasi yang berkaitan dengan IMEI. Untuk mengetahui dimana posisinya bisa klik bacaan Dapatkan Posisi Anda.
  • Lakukan verifikasi identitas agar bisa melihat dimana lokasi keberadaan ponsel terkini.

Kalau ingin melacak HP pastikan perangkat yang digunakan sedang online begitu pula dengan HP yang dilacak. Jika tidak, situs ini hanya bisa melacak kapan terakhir kali HP tersebut masih hidup dan online.

Masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang dan silahkan cari tahu pembahasannya di Vantage.id.

Tutorial Terkait :


Posted

in

by

Tags: