Cara Mudah dan Praktis Cek Kesehatan HP Xiaomi, Dijamin 100_ Work!

4 Cara Cek Kesehatan HP Xiaomi (Battery Health) & Performanya

Saat ini HP sering digunakan dalam setiap aktivitas oleh penggunanya. Tidak heran jika beberapa orang memilih untuk membeli HP bekas karena harganya yang cukup murah. Namun sebelum Anda membeli HP bekas, salah satu hal yang perlu diketahui adalah dengan melakukan cara cek kesehatan HP Xiaomi.

Kesehatan HP sangatlah penting untuk di cek karena jika kondisi HP sudah tidak prima, maka performa HP akan menurun. Adapun kesehatan HP tidak dapat dihindari apapun merek atau modelnya. Namun hal tersebut sangat wajar mengingat penggunaan HP untuk kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, mengecek kesehatan HP sangatlah penting untuk dilakukan agar HP yang Anda miliki tetap awet. Meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut informasi lengkap mengenai cara mudah untuk mengecek kesehatan baterai pada Xiaomi, yaitu:

Tips Cara Cek Kesehatan HP Xiaomi

Tips Cara Cek Kesehatan HP Xiaomi

Untuk mengecek kesehatan baterai dapat Anda lakukan dengan mudah hanya menggunakan berbagai cara. Anda hanya perlu mencobanya satu persatu, namun disini Anda dapat memilih mana cara termudah untuk dilakukan. Adapun cara mengecek kesehatan HP Xiaomi yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan kode dial

.Cara pertama yang mudah dan praktis untuk Anda lakukan dalam mengecek kesehatan pada HP Xiaomi yaitu dengan menggunakan kode dial/kode telepon. Kode ini dapat Anda masukkan ke dalam menu Panggilan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Panggilan dan masukkan kode *#*#6485#*#* kemudian klik ikon Panggil
  • Jika sudah akan muncul menu Charging and Battery Info
  • Selanjutnya cek pada bagian MB_06 untuk melihat kesehatan
  • Selesai.

Pada bagian yang telah ditunjuk, menunjukkan kesehatan yang terdapat pada HP Xiaomi milik Anda. Jika keterangan dari kesehatan HP yaitu Good maka HP yang Anda miliki masih dalam keadaan yang baik. Jika keterangan menunjukkan hal yang lain, maka kesehatan HP tersebut sudah menurun.

Akan tetapi hal ini bukan menjadi patokan dasar karena informasi yang disajikan dalam menu ini kurang lengkap dan hanya menampilkan keterangannya saja. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

2. Menggunakan menu Pengaturan

Tidak hanya menggunakan kode dial saja, Anda juga dapat melakukan cara cek kesehatan HP Xiaomi dengan mudah melalui menu Pengaturan. Cara ini dapat memberikan informasi kesehatan HP Xiaomi lebih mendetail beserta langkahnya tidak sulit untuk dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan yang ada di HP Xiaomi milik Anda
  • Klik menu Tentang Telepon atau About Phone yang terdapat di bagian bawah
  • Pilih opsi menu Spesifikasi atau All Specs
  • Jika sudah, Anda dapat klik teks yang bertuliskan CPUhingga kurang lebih 5 kali
  • Anda dapat melanjutkan dengan mengklik Setuju atau Agree pada saat pop up persetujuan muncul
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  • Kemudian, Anda dapat membuka laporan yang muncul
  • Disini Anda harus mencari file Bugreport dan cari tanggal yang sesuai dengan laporan tersebut
  • Buka file yang telah dipilih dengan format ZIP
  • Selanjutnya cari file yang memiliki format TXT
  • Masukkan kata healthd pada kolom pencarian, selanjutnya klik opsi FC
  • Selesai.

3. Menggunakan aplikasi tambahan

Cek kesehatan Xiaomi juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan yang dapat digunakan adalah aplikasi AccuBattery. Aplikasi ini dapat Anda install secara gratis melalui Play Store. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Play Store, dan cari aplikasi AccuBattery pada kolom pencarian
  • Jika sudah, install aplikasi tersebut, sebelum menginstall pastikan ruang penyimpanan masih cukup
  • Kemudian, buka aplikasi tersebut jika sudah terpasang di perangkat HP Xiaomi milik Anda
  • Berikan izin permohonan akses pada saat menggunakan pertama kalinya yaitu dengan cara klik Izinkan
  • Buka tab Health yang ada di beranda utama
  • Selanjutnya, akan tampil informasi lengkap mengenai kesehatan perangkat HP Xiaomi Anda saat ini
  • Selesai.

4. Metode pengecekan lainnya

Masih terdapat metode lain untuk mengecek kesehatan HP Xiaomi. Cara ini dilakukan dengan menggunakan fitur Android Debugging. Namun dapat dikatakan bahwa cara ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.

Pada saat melakukan pengecekan dengan fitur ini, terdapat beberapa hal yang agak beresiko. Disisi lain, perangkat yang digunakan juga memerlukan komputer dan aplikasi LADB dari Play Store yang merupakan aplikasi berbayar. Jika ingin menggunakan cara ini, mintalah bantuan kepada orang berpengalaman.

Tips Menjaga Kesehatan Smartphone

Tips Menjaga Kesehatan Smartphone

Selain cara cek kesehatan HP Xiaomi, di sini kami juga akan bagikan beberapa tips yang berguna dan dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan HP secara keseluruhan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Rajin Memperbarui Sistem Operasi

Selalu pastikan perangkat Anda menjalankan versi sistem operasi terbaru. Pembaruan sistem operasi biasanya mengandung perbaikan keamanan dan perbaikan bug yang penting untuk menjaga kinerja dan keamanan perangkat.

Perangkat lunak ponsel, seperti sistem operasi, terus mengalami pembaruan untuk meningkatkan keamanan, kinerja, dan menambah fitur baru.

Pembaruan sistem operasi juga seringkali mencakup perbaikan bug yang dapat mempengaruhi stabilitas ponsel Anda. Pastikan untuk memeriksa pembaruan sistem operasi secara berkala dan menginstalnya sesegera mungkin.

2. Batasi Background Apps

Beberapa aplikasi di ponsel mungkin akan tetap berjalan di latar belakang bahkan setelah Anda menutupnya. Ini dapat mempengaruhi daya tahan baterai dan kinerja keseluruhan ponsel. Pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi dan batasi aplikasi yang diizinkan berjalan di latar belakang hanya pada yang memang diperlukan.

3. Hapus Aplikasi Tidak DIperlukan

HP seringkali menjadi tempat penyimpanan banyak aplikasi yang tidak lagi digunakan. Aplikasi yang tidak digunakan hanya memakan ruang penyimpanan dan sumber daya sistem yang berharga.

Penting untuk secara teratur memeriksa aplikasi yang terpasang di ponsel Anda dan menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan.

Semakin sedikit aplikasi yang diinstall pada sebuah perangkat, maka semakin sehat perangkat tersebut. Karena hal ini juga bisa meminimalisir aplikasi yang berjalan di latar belakang. Selain itu dengan sedikitnya aplikasi yang terpasang, maka memori tidak akan terbebani dengan beban proses yang besar.

4. Hapus Cache

Ketika Anda menggunakan aplikasi, ponsel Anda seringkali menyimpan data cache untuk mempercepat akses dan mengurangi penggunaan data. Namun, cache yang terlalu besar dapat memakan ruang penyimpanan yang berharga.

Pastikan untuk membersihkan cache aplikasi secara teratur melalui pengaturan ponsel Anda atau menggunakan aplikasi pembersih cache yang tersedia di Play Store.

Namun hanya karena menghapus cache bisa menyehatkan perangkat, bukan berarti Anda harus membersihkan cache sesering mungkin. Karena cache ini sendiri pada dasarnya juga bermanfaat untuk pengguna agar dapat mengakses sebuah fitur dalam aplikasi dengan lebih cepat.

Adapun penjelasan diatas merupakan cara cek kesehatan HP Xiaomi mulai dari yang termudah hingga tersulit. Beberapa cara yang telah disebutkan biasanya hanya berlaku pada HP Xiaomi dengan MIUI versi terbaru. Dengan begitu, Anda dapat mengecek kesehatan HP secara mandiri.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: