Penyebab Indihome Gangguan

Solusi Indihome Gangguan Massal Hari Ini 2023 (100% Work)

Indihome gangguan umumnya terjadi karena beberapa faktor. Bisa saja karena ada masalah yang terjadi di pusat atau karena faktor eksternal lainnya. Jika mengalami gangguan, para pengguna dapat langsung melaporkan ke Telkom agar segera diatasi.

Gangguan pada koneksi Indihome cukup sering terjadi dan diprotes oleh banyak penggunanya. Secara umum gangguan internet hanya terjadi sementara dan akan kembali normal setelah proses perbaikan. Terlebih jika penggunanya sering mengecek kondisi router dan melakukan pengaduan.

Penyebab Indihome Gangguan

Penyebab Indihome Gangguan

Para pengguna Indihome sering mengeluhkan berbagai masalah, mulai dari koneksi internet yang lambat hingga hilangnya jaringan. Masalah tersebut tidak terjadi begitu saja namun ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya.

1. Masalah pada Router

Router merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet dengan smartphone, laptop, atau komputer. Bentuknya kotak dengan antena, beberapa kabel, dan lampu sebagai penanda jaringan.

Kondisi router yang rusak akan menyebabkan koneksi internet jadi terganggu. Jika wifi tetap terhubung namun internet tidak bisa diakses, maka kemungkinan router sedang error. Tetapi ketika wifi tidak dapat tersambung sama sekali, artinya router mengalami kerusakan.

2. Pengaturan Wifi yang Salah

Selain masalah pada router, gangguan juga bisa terjadi karena kesalahan pengaturan. Gangguan tersebut biasanya menyebabkan perangkat tidak dapat mengakses internet walaupun sudah terhubung dengan wifi.

Maka dari itu, Anda perlu memastikan apakah wifi sudah diatur dengan benar supaya bisa digunakan. Jika kesulitan, sebaiknya minta petugas untuk melakukan pengaturan dan hindari asal mengubah fitur karena dapat mengakibatkan eror.

3. Gangguan Jaringan

Penyebab yang paling sering menimbulkan Indihome gangguan massal adalah masalah jaringan. Sering kali gangguan tersebut terjadi karena cuaca buruk yang menyebabkan adanya eror pada tower internet dan router.

Selain itu gangguan jaringan juga sering terjadi karena tingginya trafik pengguna internet. Pasalnya saat ini semakin banyak orang yang menggunakan jaringan dari Indihome. Sehingga tak heran jika terkadang jaringan jadi tidak stabil dan lemot pada jam tertentu.

4. Tagihan Belum Lunas

Salah satu penyebab gangguan pada jaringan Indihome yang sering diabaikan adalah ada tunggakan tagihan. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat koneksi internet jadi terganggu karena pihak pengelola melakukan pemutusan jaringan.

Meskipun sudah ada aturan tentang tenggat waktu pelunasan yang diberikan, namun jika tagihan tidak segera dibayar maka internet akan dicabut. Supaya tidak terlambat, Anda bisa memeriksa batas waktu pembayaran melalui aplikasi.

5. Melampaui Batas FUP

FUP atau Fair Usage Policy merupakan kebijakan yang mengatur penggunaan jaringan internet. Bagi pengguna yang melewati batas FUP, maka kecepatan internet akan menurun. Bahkan jaringan bisa melambat dua kali lipat apabila terlalu banyak melampaui batas.

Solusi untuk Mengatasi Gangguan Jaringan Indihome

Solusi untuk Mengatasi Gangguan Jaringan Indihome

Jaringan internet yang lemot membuat kita kesal karena bisa menghambat pekerjaan. Apalagi jika gangguan terjadi di siang hari ketika para penggunanya sedang membutuhkan internet. Tetapi jangan panik dulu karena ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.

1. Restart Router

Cara pertama yang dapat dilakukan ketika jaringan Indihome mulai melambat adalah dengan restart router. Coba matikan router dan tunggu kurang lebih selama 3 menit. Setelah itu nyalakan kembali dan biarkan seluruh lampunya nyala terlebih dahulu.

Apabila router sudah menyala dengan sempurna, Anda bisa mencoba untuk menghubungkannya dengan perangkat. Walaupun terkesan sepele, namun cara ini terbukti ampuh dan lebih hemat biaya karena tidak perlu memanggil teknisi.

2. Meminta Bantuan Teknisi

Jika ingin cepat mengatasi Indihome gangguan, Anda bisa meminta bantuan teknisi. Cara tersebut dianggap lebih efektif karena mungkin saja gangguan terjadi karena masalah yang cukup serius. Terutama masalah yang berkaitan dengan kerusakan kabel atau komponen pada router.

Indihome telah memberikan layanan untuk perbaikan teknisi yang bisa diakses oleh semua penggunanya. Langsung hubungi pihak Indihome, kemudian laporan masalah dan minta teknisi untuk segera datang.

Tetapi Anda harus bersabar karena biasanya teknisi tidak bisa langsung datang begitu saja. Ketika masalah jaringan terjadi secara massal, teknisi harus mampir ke tempat pengguna lain terlebih dahulu. Maka sebaiknya buat jadwal perbaikan agar masalah dapat ditangani lebih cepat.

3. Melakukan Pengaduan

Apabila sudah mencoba berbagai cara namun koneksi internet tetap bermasalah, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan pengaduan. Proses pengaduan dapat dilaporkan dengan menghubungi call center di 147 dan sampaikan masalah kepada petugas.

Selain itu ada juga berbagai cara lain yang dapat dilakukan untuk mengirim laporan. Bagi yang aktif menggunakan platform media sosial, coba kirimkan aduan melalui Twitter atau Facebook. Jika tidak berhasil, silakan download aplikasi myIndiHome dan tuliskan masalah beserta lokasi Anda.

Saat terjadi Indihome gangguan Anda tidak perlu khawatir karena biasanya masalah tersebut hanya terjadi dalam beberapa saat. Namun apabila masalah tidak kunjungi teratasi, langsung saja untuk melaporkan jenis gangguan kepada Indihome supaya bisa segera diatasi dan bisa digunakan lagi.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: