Alamat,-Rute,-Harga-Tiket,-dan-Daya-Tarik-Desa-Wisata-Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari: Lokasi, Harga Paket Wisata & Jam Buka

Daerah yang dinilai memiliki potensi wisata yang tinggi akan dikelola oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya. Desa Wisata Pentingsari masuk dalam salah satu kategori desa di Yogyakarta dengan kemampuan tersebut yang kemudian dikembangkan.

Desa ini mengusung tema Desa Wisata, Pertanian, dan Budaya yang Berwawasan Lingkungan. Berdasarkan tema tersebut, setiap wisatawan yang berkunjung dapat mendapatkan pengalaman yang sangat mengesankan karena berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.

Dengan latar belakang gunung Merapi membuat keindahan Desa Pentingsari sangat menakjubkan. Wisatawan akan melihat rumah-rumah tradisional masyarakat yang berbentuk joglo dan hamparan sawah yang membentang berwarna hijau.

Desa Wisata Pentingsari

Desa-Wisata-Pentingsari

Desa Pentingsari memiliki luas sekitar 103 hektar yang dihuni kurang lebih 1.255 kepala keluarga. Dulu, desa ini termasuk dalam desa-desa termiskin yang ada di sekitar lereng Gunung Merapi. Namun, masyarakat kemudian berusaha mencari keunikannya selain sebagai lokasi wisata.

Berkat kegigihan dan semangat semua masyarakat selama 13 tahun, akhirnya perekonomian mereka dapat meningkat. Bahkan, Desa Pentingsari banyak mendapatkan penghargaan bergengsi, diantaranya:

  • Green Bronze Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA) kategori ekonomi pada tahun 2017.
  • Juara II dalam Festival Desa Wisata Kabupaten Sleman Yogyakarta dalam kategori Mandiri di tahun 2018
  • Masuk dalam daftar 100 besar destinasi pariwisata berkelanjutan yang ada di dunia pada tahun 2019, menurut Global Green Destinations Days (GGDD)

Alamat dan Rute

Desa Pentingsari berlokasi di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi desa ini cukup strategis sehingga mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan. Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta dan menuju ke arah timur Jalan Panembahan Senopati.

Setelah itu, jalan lurus hingga menemukan perempatan, kemudian ke arah utara melalui Jalan Mayor Suryotomo. Jalan lurus kembali hingga Jalan Mataram. Pada area pertigaan, pilih kanan melewati Jalan Mas Suharto Jambu hingga menemukan perempatan kembali.

Selanjutnya, Anda dapat belok melewati Jalan Tukangan dan pada pertigaan belok kiri di Jalan Yos Sudarso. Jalan lurus melewati Jalan Suroto-Jalan Cik Di Tiro hingga Bundaran Universitas Gajah Mada. Belok kiri ke Jalan Terban dan pada perempatan pilih Jalan Persatuan hingga Jalan Kaliurang.

Di perempatan, belok ke arah kanan Jalan Pamungkas melewati Jalan Cangkringan. Ikuti jalan hingga menemukan Desa Wisata Pentingsari. Pada dasarnya, jarak desa tersebut dari kota tidak terlalu jauh, namun jalannya yang berbelok membuat wisatawan sering kebingungan.

Paket dan Harga

Hingga saat ini, untuk masuk ke Desa Pentingsari masih tidak terkena biaya apapun. Akan tetapi, terdapat pilihan paket wisata untuk menikmati wahana serta berbagai fasilitasnya. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan uang sesuai dengan rincian berikut ini.

AktivitasTarif per Orang
Atraksi tanam padi atau bajak sawahRp35.000
Menangkap ikanRp25.000
Tracking (Menelusuri sungai)Rp20.000
Sepak bola lumpurRp15.000
Field trip TK-SD/ OutboundRp75.000
Outbound SMP – MahasiswaRp100.000
Outbound DewasaRp150.000
Volcano tour MerapiRp150.000
Belajar gamelanRp25.000
Belajar tari tradisionalRp30.000
Belajar membatikRp45.000
Kreasi janurRp20.000
Atraksi ronda malamRp20.000
Kreasi wayang suketRp25.000
Bakti sosial45.000

Selain daftar tarif di atas, juga terdapat paket kegiatan yang bisa dipilih minimal 40 orang. Paket tersebut tergolong lengkap, mulai dari penyambutan pengunjung, pembagian homestay, eksplorasi alam desa, seni budaya, ekonomi kreatif, fun game, dan lain sebagainya.

Paket kegiatan 1 hari 1 malam   : Rp365.000/orang

Paket kegiatan 2 hari 2 malam   : Rp635.000/orang

Paket kegiatan 4 hari 3 malam   : Rp850.000/orang

Jam Operasional

Para wisatawan dapat berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari kapanpun karena terbuka selama 24 jam. Akan tetapi, beberapa atraksi tertentu hanya dapat dilakukan dari pagi hingga sore hari. Waktu yang paling bagus untuk berkunjung ke desa ini yaitu pagi hari sebelum matahari bersinar terik.

Daya Tarik Desa Wisata Pentingsari

Daya-Tarik-Desa-Wisata-Pentingsari

Sebagai desa wisata, Pentingsari memiliki daya tarik yang luar biasa untuk dinikmati oleh para wisatawan. Tempat ini menawarkan beragam keindahan alam, keaslian budaya dan sosial. Nah, berikut ini terdapat daftar daya tarik yang dimiliki Desa Pentingsari yang wajib Anda ketahui.

1. Panorama Alam

Berdasarkan peta, bentuk geografi dari Desa Pentingsari terlihat seperti semenanjung. Di sebelah utara, terdapat hamparan luas dengan latar gunung Merapi dan pemukiman warga. Di sebelah selatan terdapat lembah yang cukup curam yang dikenal dengan nama kali kuning.

Sementara itu, di sebelah timur terdapat lembah kali pawong dan sebelah selatan ada lembah gondoran dan ponten. Jarak desa wisata dengan puncak gunung Merapi adalah sekitar 11 km. Sementara itu, jika dari Malioboro berjarak sekitar 22,5 km.

Panorama alam yang dimiliki Desa Pentingsari berupa bukit, sawah, gunung, hingga sungai. Keasriannya yang masih terjaga akan memanjakan penglihatan bagi siapapun yang berkunjung. Apalagi dengan suara-suara alam yang bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks.

2. Sensasi Hidup di Desa

Berbeda dengan perkotaan yang identik dengan gedung-gedung bertingkat, padat kendaraan, dan ruang hijau yang  terbatas, maka desa menawarkan hal lain. Berkunjung ke Pentingsari membuat Anda dapat merasakan sensasi hidup di desa yang asri, indah, dan sejuk.

Masyarakat sekitar yang sangat ramah membuat wisatawan lebih mudah untuk berinteraksi. Bahkan, Anda dapat menyaksikan secara langsung kesenian serta budaya warga lokal. Jika ingin menikmati suasana malam hari, dapat menginap di homestay yang disediakan untuk disewa.

3. Kesenian Lokal

Saat menginjakkan kaki di Desa Pentingsari, wisatawan akan disambut menggunakan tarian-tarian tradisional, salah satunya tari punakawan. Seperti yang diketahui, punakawan merupakan pamomong Pandawa Lima. Mereka adalah Gareng, Petruk, Bagong, dan Semar.

Sepanjang penampilan kesenian, wisatawan tidak hanya bisa menonton namun juga bisa ikut menari bersama. Jadi, pengetahuan dan pengalaman wisatawan akan semakin bertambah saat berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari.

4. Bertani dan Beternak

Sebagian besar penduduk Desa Pentingsari memiliki mata pencaharian sebagai petani dan peternak. Hamparan sawah yang luas dan hasil panen yang melimpah membuat wisatawan menjadi tertarik untuk belajar. Jangan khawatir, Anda bisa bertanya bahkan mempraktekkan langsung cara bertani di sawah.

Mulai dari membajak sawah, menanam padi, cara merawat padi, hingga memanen. Untuk beternak, wisatawan bisa ikut memberi makan sapi dan hewan ternak lainnya. Jika tertarik, Anda juga dapat ikut mencoba memerah susu sapi secara langsung.

5. Outbound dan Tracking Sungai

Nah, jika ingin aktivitas yang cukup memacu adrenalin, jangan lupa untuk mencoba outbound atau treking sungai. Umumnya, outbound dilakukan secara berombongan di alam bebas, termasuk bermain bola lumpur sambil berpetualang bersama.

Bagi yang menyuakai wisata air, bisa mencoba treking sungai. Kegiatan ini mengharuskan wisatawan untuk menyusuri sungai dengan melewati berbagai rintangan. Jangan khawatir, akan ada pemandu profesional yang turut menemani Anda untuk memastikan kondisi aman hingga aktivitas selesai.

Penutup

Desa Wisata Pentingsari merupakan yang dulunya termasuk dalam salah satu desa termiskin di sekitar lereng gunung Merapi namun kini berkembang. Kegigihan masyarakatnya untuk mencari keunikan desa membuat perekonomian mereka menjadi meningkat dan dilirik banyak wisatawan.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: