Cara Pesan Obat di Gojek dengan Go-Med, Bisa Pakai Resep

Gojek menyediakan banyak layanan untuk memudahkan para penggunanya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan salah satu di antaranya adalah Go-Med. Go-Med adalah layanan kesehatan dari Gojek yang bekerja sama dengan HaloDoc. Lalu, bagaimana cara pesan obat di Gojek?

Keberadaan layanan ini sangat membantu banyak orang, karena mereka jadi tidak perlu datang langsung ke apotek untuk membeli maupun mengambil obat yang telah dipesannya. Hanya dengan menunggunya di rumah, obat akan langsung diantar oleh driver Gojek secara aman.

Layanan ini tidak hanya bisa dipakai di area perkotaan saja, tapi juga di beberapa daerah lainnya. Namun, untuk tarif ongkir yang berlaku akan disesuaikan dengan jarak antara apotek dengan alamat pengantarannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak cara pesannya berikut ini!

Cara Pesan Obat di Gojek dengan Mudah dan Lancar

Sama halnya seperti layanan lainnya yang ada di Gojek, Go-Med juga bisa digunakan secara mudah dengan metode pembayaran yang beragam. Umumnya, orang-orang memakai fitur ini untuk membeli maupun menebus obat di apotek terdekat yang sudah dipesan sebelumnya.

Gojek menciptakan fitur ini bersama HaloDoc untuk memudahkan banyak orang dalam mendapatkan obat yang dibutuhkannya. Maka dari itu, para pengguna Gojek harus tahu bagaimana cara memesan obat di Gojek. Berikut adalah syarat dan cara untuk menggunakan layanan Go-Med pada Gojek:

1. Syarat Menggunakan Layanan Go-Med

Syarat Menggunakan Layanan Go-Med

Sebelum membahas tentang cara pesan obat di Gojek yang lebih lengkap, kamu harus tahu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku selama menggunakan layanan pemesanan obat ini. Tidak semua pengguna Gojek dapat menggunakan fitur ini, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Meski syarat dan ketentuan dari layanan Go-Med ini tergolong sederhana, tapi pengguna harus memenuhinya dengan baik. Berikut ini 2 syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para pengguna Gojek untuk menggunakan layanan Go-Med:

  • Syarat yang pertama adalah kamu harus memastikan bahwa aplikasi yang dipakai sudah dalam versi yang terbaru. Jika belum, kamu harus melakukan update aplikasi terlebih dahulu.
  • Syarat yang kedua adalah kamu sudah memasang aplikasi HaloDoc di perangkat yang sama dan mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi kesehatan tersebut.

Jika kedua syarat ini tidak bisa dipenuhi dengan baik, maka kamu tidak bisa memakai layanan Go-Med dengan mudah dan lancar. Maka dari itu, pastikan untuk memenuhi kedua syarat itu terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan pemesanan obat ini.

2. Cara Pesan Obat Lewat Gojek

Cara Pesan Obat Lewat Gojek

Tak perlu khawatir caranya akan sulit untuk dilakukan, karena Gojek selalu memberikan kemudahan yang maksimal kepada para penggunanya. Namun, karena fitur ini merupakan hasil kerja sama antara Gojek dan HaloDoc, jadi kamu harus memastikan kedua aplikasi itu sudah terpasang di HP yang sama.

Sama halnya seperti aplikasi Gojek, aplikasi HaloDoc juga bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store. Jika Google Play Store untuk pengguna HP Android, sedangkan App Store untuk pengguna iPhone, iPad, dan produk Apple lainnya. Sementara untuk cara pesannya sendiri adalah:

  • Buka aplikasi Gojek dalam versi terbaru, lalu klik opsi “Lainnya” pada menu halaman utama.
  • Gulir layar ke arah bawah untuk mencari menu layanan “Go-Med”.
  • Klik menu “Go-Med” dan kamu akan langsung diarahkan ke aplikasi HaloDoc yang terpasang di perangkat yang sama.
  • Masuk ke menu “Toko Kesehatan”, kemudian cari obat yang sesuai kebutuhan. Pastikan membeli obat yang sesuai resep dokter.
  • Setelah menemukan obat yang sesuai kebutuhan, klik tombol “Tambah” dan masuk ke menu “Keranjang”.
  • Tunggu sampai proses pencarian apotek terdekat berhasil dilakukan, lalu masukkan alamat pengiriman yang lengkap.
  • Pilih opsi “Lanjutkan Pembayaran”, kemudian ikuti instruksi yang muncul di layar perangkat untuk menyelesaikan proses pembelian obat.
  • Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu sampai driver tiba dan mengantarkan obat yang sesuai pesanan.

Cara Mengatasi Masalah Tidak Dapat Mengakses Layanan Go-Med

Meskipun seseorang sudah tahu bagaimana cara pesan obat di Gojek yang benar, tapi kalau layanan itu tidak bisa diakses di aplikasinya, tentu mereka tidak akan bisa melakukan aktivitas itu dengan mudah. Maka dari itu, kamu juga perlu tahu cara mengatasi masalah Go-Med yang tidak bisa diakses.

Tak sedikit pengguna yang pernah mengeluh bahwa mereka tidak bisa mengakses layanan Go-Med yang ada di aplikasi Gojek. Untuk mengatasi masalah tersebut, pilih salah satu cara di bawah ini agar masalah bisa segera terselesaikan:

1. Pastikan Kedua Aplikasi Sudah Terpasang di Perangkat yang Sama

Penyebab yang paling sering terjadi dari masalah ini adalah pengguna lupa memasang salah satu aplikasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, kamu lupa tidak memasang aplikasi HaloDoc di perangkat yang sama, maka kamu tidak bisa mengakses layanan Go-Med yang ada di aplikasi Gojek.

Sebab, layanan ini hanya bisa dipakai oleh para pengguna Gojek yang terdaftar sebagai pengguna HaloDoc juga. Jadi, sebelum melakukan cara pesan obat di apotek lewat Gojek, kamu harus mengunduh dan memasang kedua aplikasinya terlebih dahulu.

2. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Masalah ini tidak hanya bisa muncul saat aplikasi HaloDoc belum terpasang di perangkat yang sama, tapi juga bisa terjadi ketika jaringan internet yang dipakai tidak stabil. Maka dari itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memastikan jaringan internetnya masih stabil.

3. Update Aplikasi Gojek dan HaloDoc

Layanan Go-Med hanya bisa digunakan pada aplikasi versi terbaru saja. Jadi, jika aplikasi Gojek dan HaloDoc yang ada di perangkatmu masih dalam kondisi versi yang lama, maka kamu harus melakukan update aplikasi terlebih dahulu.

Jika tidak, maka layanan Go-Med tidak bisa diakses dan kamu tidak bisa membeli obat lewat Gojek. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu selalu memperbarui aplikasi Gojek dan HaloDoc yang ada di perangkatmu.

4. Hapus Data Cache dari Kedua Aplikasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus data cache atau file sampah dari kedua aplikasi yang dibutuhkan. Bagi orang-orang yang belum tahu bagaimana cara menghapus data cache aplikasi dengan aman, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu “Settings” dan pilih opsi “Apps” untuk mencari aplikasi yang file sampahnya akan dihapus.
  • Kemudian, cari aplikasi “Gojek” atau “HaloDoc” dan klik simbol aplikasinya untuk masuk ke menu berikutnya.
  • Klik tombol “Hapus Data” atau “Clear Data”, agar semua file sampah dari aplikasi tersebut bisa segera dibersihkan.
  • Setelah itu, masuk kembali ke aplikasi Gojek dan lihat apakah layanan Go-Med sudah bisa dipakai atau belum.

Cara pesan obat di Gojek ini harus diketahui oleh banyak orang, agar mereka bisa lebih mudah membeli obat yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah. Keamanannya dapat terjamin dengan baik, karena Gojek dan HaloDoc bekerja sama untuk memberikan layanan yang terbaik.

Baca Juga: