8 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Pengirim

8 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Pengirim

Terkadang, sebuah pesan WhatsApp yang telah terhapus dapat menimbulkan rasa penasaran. Ternyata, kamu masih memiliki kesempatan untuk melihat pesan tersebut jika mengetahui cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim.

WhatsApp (WA) memungkinkan pengirim untuk menghapus pesan yang telah dikirimkan. Namun, pertanyaannya adalah, apakah penerima pesan masih dapat melihat pesan yang telah dihapus tersebut? Inilah hal yang akan kita bahas dalam artikel ini.

WhatsApp menyediakan fitur ‘Hapus untuk semua’ atau ‘Delete for everyone’ yang memungkinkan pengirim untuk mencabut pesan yang salah terkirim. Namun, ternyata fitur ini tidak sepenuhnya menjaga privasi seseorang, karena pesan yang dihapus tetap dapat dilihat oleh penerima.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim dengan Aplikasi

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim dengan Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim.

1. Aplikasi WAMR

Salah satu aplikasi cara melihat pesan WA yang sudah dihapus oleh pengirim adalah WAMR. Berikut langkah-langkah yang perlu untuk kamu ikuti.

  • Download WAMR yang ada di Google Play Store.
  • Lakukan pendaftaran dan buat akun sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Pastikan untuk menyetujui persyaratan penggunaan dengan mengklik ‘Terima‘.
  • Centang opsi WhatsApp “Select Apps to Monitor” dan klik tombol panah arah kanan.
  • Aktifkan fitur dengan memilih opsi ‘enable’ di bagian setting WAMR.

Dengan aplikasi WAMR yang telah diaktifkan, pesan yang telah dihapus akan aman tersimpan di dalamnya. Kamu pun bisa dengan leluasa mengakses kembali pesan-pesan yang pernah hilang tersebut.

2. WhatsRemoved+

Aplikasi yang lainnya yang dapat digunakan untuk melihat pesan yang sudah dihapus adalah WhatsRemoved+. Untuk mengunduhnya, kamu dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi WhatsRemoved+ dari Google Play Store.
  • Setelah selesai diinstal, pilih aplikasi mana saja yang akan diizinkan akses oleh WhatsRemoved+.
  • Pastikan untuk memilih aplikasi WhatsApp dan klik ‘Next‘.
  • Tunggu hingga proses pengaturan selesai, dan kamu akan masuk ke dalam tampilan WhatsRemoved+.
  • Dengan aplikasi WhatsRemoved+, kamu dapat melihat pesan yang telah dihapus, termasuk foto-foto yang sebelumnya telah terkirim.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kamu akan dapat melihat pesan WhatsApp yang sebelumnya telah dihapus oleh pengirim.

3. Notification History Log

Cara melihat pesan wa yang dihapus oleh pengirim selanjutnya adalah dengan aplikasi Notification History Log. Kamu dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi Notification History Log dari Google Play Store.
  • Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Notification History“.
  • Cari notifikasi WhatsApp di dalam daftar notifikasi yang tersedia.
  • Dengan aplikasi ini, kamu akan dapat membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus, dan semua informasi akan terlihat jelas di bawah teks notifikasi WhatsApp.

4. Recent Notification

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim lainnya adalah dengan mengunduh recent notification. Kamu dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi Recent Notification dari Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS).
  • Buka menu ‘Pengaturan‘ di ponsel kamu dan masuk ke dalam opsi ‘Aplikasi‘.
  • Cari pilihan ‘Recent Notification‘ dan berikan izin akses yang diminta oleh aplikasi.
  • Setelah selesai, aplikasi ini akan mulai menyimpan seluruh notifikasi yang masuk dari WhatsApp.
  • Termasuk pesan-pesan yang telah dihapus oleh pengirim, semua notifikasi akan terlihat di dalam aplikasi Recent Notification.

Beberapa aplikasi tersebut dapat kamu unduh untuk mengetahui pesan yang sudah dihapus oleh pengirim. Jika ponselmu tidak memiliki ruang untuk mengunduh aplikasi tambahan, kamu dapat menggunakan beberapa fitur WhatsApp yang bisa digunakan untuk membaca pesan yang dihapus.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Pengirim Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Pengirim Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga dapat melihat pesan WA yang sudah dihapus tanpa mengunduh aplikasi apapun. Berikut ini adalah beberapa langkah efektif yang dapat kamu lakukan.

1. Fitur Export Chat di WhatsApp

Fitur Export Chat yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp merupakan cara yang efektif untuk melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirim.

Dengan fitur ini, kamu dapat mengakses riwayat pesan yang tersimpan dalam format .txt, yang sangat berguna untuk melihat pesan-pesan yang telah terhapus. Prosesnya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu, lalu ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih ‘Pengaturan/Settings‘.
  • Pilih opsi ‘Chat‘, kemudian ketuk ‘Riwayat Chat/Chat history‘.
  • Ketuk ‘Export chat‘.
  • Pilih kontak WhatsApp yang ingin kamu lihat riwayat pesannya.
  • Jika kamu juga ingin melihat dokumen, foto, atau video yang terhapus, centang opsi ‘Sertakan media‘.
  • Proses backup akan dimulai, dan kamu hanya perlu menunggu hingga selesai.
  • Hasil backup dapat dilihat melalui email atau Google Drive.

2. Fitur Reinstall WhatsApp

Cara paling mudah untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus adalah dengan melakukan proses reinstall aplikasi WhatsApp. Sebelum melakukannya, pastikan untuk mengarsip atau membackup seluruh chat terlebih dahulu agar tidak kehilangan data penting.

Dengan melakukan reinstall, riwayat chat yang telah tersimpan sebelumnya akan kembali muncul meskipun aplikasi WhatsApp telah dihapus sebelumnya. Kamu dapat dengan mudah melihat kembali pesan yang telah dihapus oleh pengirim.

Dari berbagai cara yang ada untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus, metode ini merupakan solusi yang praktis dan efisien, karena tidak memerlukan penggunaan aplikasi tambahan yang mungkin membingungkan.

Dengan langkah sederhana ini, kamu dapat mengakses kembali pesan yang pernah terhapus dengan mudah dan cepat.

3. Fitur Riwayat Notifikasi di WhatsApp

Fitur WhatsApp selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah riwayat notifikasi. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka menu ‘Pengaturan‘ di dalam aplikasi WhatsApp dan cari opsi ‘Notifikasi/Notification‘.
  • Pilih ‘Advance Settings‘ dan cari ‘Notification History‘.
  • Aktifkan fitur tersebut, dan selanjutnya pengguna akan dapat melihat pesan WhatsApp yang telah masuk ke dalam ponsel, meskipun pesan tersebut sudah dihapus sebelumnya.

4. Fitur Tombol Reply

Menggunakan tombol “Reply” juga dapat menjadi alternatif dalam melihat pesan yang telah dihapus. Namun, perlu diperhatikan bahwa metode ini hanya berlaku dalam konteks grup WhatsApp saja.

Jika kamu ingin melihat pesan WA yang sudah dihapus oleh pengirim tanpa mengandalkan aplikasi tambahan, langkah-langkah berikut bisa kamu ikuti:

  • Tekan dan tahan pesan yang sudah terhapus di dalam grup WhatsApp selama beberapa saat.
  • Setelah itu, klik opsi ‘Reply‘ yang muncul, dan pesan yang telah dihapus akan muncul kembali di dalam kolom ‘Reply’.

Beberapa cara tersebut dapat kamu lakukan agar dapat mengetahui pesan di WhatsApp yang sudah dihapus. Namun, agar lebih mudah kamu dapat menanyakan langsung kepada pengirim pesan tentang pesan yang mereka hapus. Hal ini menjaga agar tidak adanya kesalahpahaman.

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim di atas dapat kamu coba. Kamu dapat mencoba menggunakan berbagai fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp sebelum mengunduh aplikasi lainnya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: